Comscore Tracker

5 Pelajaran yang Akan Kamu Terima di Umur 20an, Mendewasakan Diri!

Sudah waktunya mengembangkan karakter dan kualitas diri guys

Masa transisi yang paling krusial dalam kehidupan terjadi pada beberapa bagian. Bagian pertama yang cukup mendebarkan adalah pada usia 20an. Disaat seperti itu sewajarnya manusia bisa menemukan bagaimana jati diri mereka yang sesungguhnya dan juga tentang masa depan yang sudah terbentang nyata di depan mata.

Karena itu penting untuk bisa memahami diri sendiri, mengatur emosi dan berpikir panjang sebelum bertindak. Siap tidak siap, 5 pelajaran ini akan datang di umur 20an!

1. Orang tua adalah sosok terbaik yang pernah ada di dalam hidup ini

5 Pelajaran yang Akan Kamu Terima di Umur 20an, Mendewasakan Diri!unsplash.com/@elien_dumon

Jika kamu kerap kali kesal saat diberi nasihat atau dilarang melakukan banyak hal oleh orang tuamu, kini mungkin kamu baru menyadari bahwa mereka adalah yang terbaik. Tidak ada orang lain yang mampu menyayangimu setulus mereka.

Tidak peduli sekacau apapun dirimu disaat masa pencarian jati diri, mereka akan selalu ada untuk mengerti dan menerima dengan sepenuh hati. Yang dimana sosok seperti ini akan sangat sulit ditemukan di masa dewasa.

2. Tidak semua orang bisa terus bersama menemanimu

5 Pelajaran yang Akan Kamu Terima di Umur 20an, Mendewasakan Diri!unsplash.com/@matthew_t_rader

People come and go, merupakan sebuah pernyataan yang akan kamu sadari ketika sudah berada di usia 20 tahun. Perlahan kamu akan kehilangan orang yang dulu mungkin bisa menemanimu setiap saat, kini teman-temanmu sedang sibuk mengurusi kehidupannya di masa depan seperti halnya kita sendiri.

Tapi ingat bahwa ada yang selalu menghampiri kalian sekalipun kamu jarang berkomunikasi dengan mereka. Mereka adalah sosok sahabat yang setia menemani kalian di segala kondisi. Orang-orang yang seperti ini yang akan mengajarkan betapa indahnya teman sejati.

3. Kehidupan tidak seindah drama romantis yang dibayangkan

5 Pelajaran yang Akan Kamu Terima di Umur 20an, Mendewasakan Diri!unsplash.com/@danielspase

Kisah cinta yang membahagiakan selalu terputar indah dalam balutan drama kisah romantis di serial tv. Bahkan rasanya dunia ini hanya milik kamu dan dia saat jatuh cinta, sayangnya semua tidak semulus itu. Untuk memiliki cinta sejati dan hubungan yang indah kamu perlu berjuang dan melewati banyak cobaan.

Tidak ada pangeran tampan yang akan menemukan sepatu kaca atau peri baik hati yang akan menyulap penampilan dan nasib kalian layaknya cerita Cinderella. Ketika jatuh cinta kamu juga harus siap patah hati, saat mencoba kamu harus siap untuk gagal, seperti itulah perjalanan yang harus kamu lewati dalam kisah percintaan.

Baca Juga: 5 Alasan Boleh Mengubah Mimpi di Pertengahan Usia 20an

4. Menyadari betapa pentingnya kesehatan

5 Pelajaran yang Akan Kamu Terima di Umur 20an, Mendewasakan Diri!unsplash.com/@fezbot2000

Perkembangan zaman bukan hanya membawa kecanggihan teknologi yang ada namun kini banyak orang yang mengidap penyakit serius di usia muda. Kamu akan lebih was-was dan tersadar betapa pentingnya arti kesehatan, terlebih jika kini kamu merantau atau tinggal sendirian. Untuk bisa makan teratur dan mengurus diri sendiri saat sakit ternyata sangat sulit untuk dilakukan. Benar kan?

5. Kamu akan paham makna dari kata 'mandiri'

5 Pelajaran yang Akan Kamu Terima di Umur 20an, Mendewasakan Diri!unsplash.com/@stephanvancephoto

Bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan di dunia perkuliahan atau terjun langsung ke dunia pekerjaan, tidak ada lagi kata manja dalam kehidupanmu sekarang. Kamu tidak bisa mundur ketika sudah maju dan mengambil keputusan, sekalipun itu tidak mengenakkan tetap saja kamu harus mampu bertahan di sana.

Saat ini kamu akan belajar sekaligus mengerti apa itu kemandirian, kalian harus mampu berdiri di atas kaki sendiri untuk melewati semuanya.

Menyalahkan keadaan dan menyesalinya gak akan membuat keadaan jadi membaik, tapi dengan begitu akhirnya kamu bisa belajar untuk bertahan di kondisi yang tidak menyenangkan tersebut.

Jadi, persiapkan dirimu untuk bisa cepat beradaptasi dengan kehidupan nyata yang akan dimulai sejak masuk ke usia 20an guys!

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Belum Ketemu Jodoh di Usia 20an Itu Bukan Akhir Dunia

dewi Photo Community Writer dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You