Comscore Tracker

Cuma Orang Cerdas yang Menangani Toxic People dengan 5 Cara Bijak Ini 

Kamu termasuk tipe seperti ini bukan?

Istilah toxic people kini semakin banyak ditemukan dalam lingkaran pertemanan atau antar rekan kerja. Setiap orang pun menanggapinya dengan cara yang berbeda-beda, mulai dari ikut tersulut emosi, menanggapi segala drama yang diciptakan atau memilih untuk diam mengabaikan. 

Kalau diperhatikan secara seksama, respon atau cara menanggapi toxic people ini bisa menjadi penilaian tersendiri lho bagi karakter manusia. Kalau kamu menanggapinya dengan lima cara ini, selamat tandanya kamu termasuk orang yang cerdas!

1. Tidak menanggapi argumen yang gak penting

Cuma Orang Cerdas yang Menangani Toxic People dengan 5 Cara Bijak Ini unsplash.com/@priscilladupreez

Orang dengan kecenderungan menjadi toxic people akan memulai segala topik perbincangan dengan arah diskusi yang agresif. Maksudnya, ketika mulai berbicara mereka akan menggaris bawahi hal-hal tidak penting dan berusaha berdebat keras tentang hal tersebut. Saat dihadapkan dengan kondisi seperti ini orang cerdas gak akan ambil pusing, yang ada dalam pilihan mereka cuma dua, antara mengabaikannya dan diam seribu bahasa. 

2. Tidak mudah terhasut dengan drama yang tercipta

Cuma Orang Cerdas yang Menangani Toxic People dengan 5 Cara Bijak Ini unsplash.com/@siora18

Toxic people hobi meramaikan suasana dengan drama yang mereka ciptakan. Entah itu tentang dirinya sendiri atau orang lain, selalu ada masalah yang diperbesar hingga menyita perhatian banyak orang. Kalau kamu gak tertarik dengan cerita gak jelas dari drama yang menghebohkan itu dan cederung bersikap biasa saja meresponnya, artinya kamu termasuk orang cerdas yang telah bersikap bijak menanggapi toxic people.

Baca Juga: 7 Tanda Sebenarnya Pasangan Kamu Suka Mengontrol dan Toxic

3. Tidak melupakan kebahagiaan yang dimiliki

Cuma Orang Cerdas yang Menangani Toxic People dengan 5 Cara Bijak Ini unsplash.com/@lordmaui

Berhadapan langsung dengan toxic people membuat apa saja yang ada dalam hidup kita berpeluang untuk diganggu ketenangannya. Tetapi itu bisa menjadi pelajaran yang mendewasakan diri dalam bertindak. Meskipun dirusak oleh toxic people namun mereka tidak akan melupakan kebahagiaan yang dimiliki. Orang cerdas tidak akan terpengaruh dengan kebiasaan toxic people yang kerap mengusik hidupnya, justru mereka tetap santai dan menikmati kebahagiaan yang dipunya. 

4. Menetapkan batas interaksi kepada toxic people

Cuma Orang Cerdas yang Menangani Toxic People dengan 5 Cara Bijak Ini unsplash.com/@priscilladupreez

Tindakan bijaksana selanjutnya yang mengindikasikan kamu termasuk orang cerdas dalam menangani toxic people adalah menetapkan batas interaksi kepada mereka. Karena itu bukan sesuatu yang baik untuk dipertahankan atau dijaga intensitas hubungannya. Dengan begitu gangguan yang masuk kedalam keseharian bisa dicegah. Cara yang pintar bukan?

5. Tetap fokus pada hal yang dilakukan tanpa terpengaruh

Cuma Orang Cerdas yang Menangani Toxic People dengan 5 Cara Bijak Ini unsplash.com/@brucemars

Yang terakhir adalah bersikap tetap fokus pada hal yang dilakukan tanpa terpengaruh. Yap, kamu bisa tetap berakitvitas mengerjakan berbagai hal tanpa terpengaruh omongan negatif dari toxic people. Mengabaikan hal yang membuatmu merasa kecil hati atau tidak percaya diri adalah sebuah tindakan yang bijak, karena jika terpengaruh artinya kamu sudah terkena 'racun' yang toxic people sebarkan. 

Nah, mulai sekarang kamu bisa contek cara bijak menghadapi toxic people seperti di atas tadi guys. Jangan sampai kamu terpengaruh dan ikut terkena toxic ya!

Baca Juga: Tanpa Sadar, Ini 5 Tanda yang Siratkan Kamu Meladeni Orang-orang Toxic

dewi dewi Photo Verified Writer dewi dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya