Comscore Tracker

5 Tindakan Sederhana yang Membuatmu Berkontribusi Bagi Indonesia

#DearFutureIndonesia Semoga anak muda bisa membangun bangsa!

Banyak hal yang bisa kita lakukan demi membangun Indonesia. Meskipun tidak menjabat di bangku pemerintahan, generasi muda juga nyatanya bisa beraksi lewat cara yang sederhana. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini guys!

1. Serius menekuni hobi

5 Tindakan Sederhana yang Membuatmu Berkontribusi Bagi Indonesiaunsplash.com/@neonbrand

Kekuatan dari passion yang kita miliki itu gak main-main lho. Kamu bisa menciptakan sesuatu yang sangat berpengaruh bagi dirimu, orang sekitarmu, hingga Indonesia. Misalnya kalian yang suka berolahraga, maka tekunilah hobi kalian. Mengharumkan nama bangsa melalui ukiran prestasi sudah cukup membuktikan dirimu jadi millennial sesungguhnya. 

Selain itu bagi kamu yang hobi di dunia seni juga bukan gak mungkin jika bisa go-internasional seperti Agnez Monica, Rossa, atau Marion Jola yang baru-baru ini menorehkan prestasi bersama para idol KPop. Maka dari itu dengan serius menekuni hobi artinya kamu sudah berkontribusi membangun Indonesia yang lebih baik lagi guys!

2. Suka berbagi dan saling menolong

5 Tindakan Sederhana yang Membuatmu Berkontribusi Bagi Indonesiaunsplash.com/@dead____artist

Kebiasaan ini merupakan kunci kesatuan dari NKRI. Ya, tindakan mudah ini memang diam-diam memiliki dampak luar biasa bila setiap generasi muda menerapkannya. Kamu gak perlu bingung untuk menyalurkan tenaga dan bantuanmu untuk Indonesia, dengan mengikuti aksi sosial seperti menjadi pelopor donasi atau yang kini sedang marak berupa donasi online kalian sudah jelas berkontribusi untuk negara. 

Kalian yang menyumbangkan juga tentunya ikut ambil peran dalam aspek ini. Gak susah kan untuk ikut berkontribusi untuk Indonesia?

3. Berbicara lewat tulisan positif

5 Tindakan Sederhana yang Membuatmu Berkontribusi Bagi Indonesiaunsplash.com/@epicantus

Ketika mulut terlalu lelah untuk berbicara ada tulisan yang siap menyampaikan kata-kata. Generasi muda yang tidak menyebarkan ujaran kebencian tandanya termasuk orang yang sudah ikut membangun bangsa. Apalagi jika kamu menyalurkan perkataanmu lewat tulisan yang bisa memotivasi orang, seperti ikut komunitas menulis IDN Times Community.

Selain bisa menebarkan kebaikan kamu juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang lho. Kemandirian finansial di usia muda membuktikan kamu layak jadi sosok pemimpin dan penggerak di masa depan. Oke banget kan?

Baca Juga: 5 Hal yang WAJIB Dilakukan Millennial untuk Indonesia Lebih Baik

4. Mengutak-atik teknologi

5 Tindakan Sederhana yang Membuatmu Berkontribusi Bagi Indonesiaunsplash.com/@nesabymakers

Zaman modern kini sedang menguasai dunia, oleh karena itu kamu yang tertarik pada bidang ini berpeluang besar membangun Indonesia jadi lebih baik lagi. Mengutak-atik teknologi membuat anak muda mampu menciptakan inovasi baru yang canggih dan berdampak besar. 

Seperti Nadiem Makarim yang berawal meneruskan proyek tugas akhirnya semasa kuliah yang akhirnya berujung menjadi lahan pekerjaan bagi banyak orang, Go-Jek. Bukan cuma berhasil menorehkan prestasi hingga kancah dunia, tapi kamu juga bisa membantu perekonomian bangsa. 

5. Menjadi good influencer di sosial media

5 Tindakan Sederhana yang Membuatmu Berkontribusi Bagi Indonesiaunsplash.com/@oneshotespresso

Dan yang tidak ketinggalan dari budaya generasi zaman now ialah sosial media. Ya, untuk menjadi seorang anak muda yang berkontribusi untuk negara cukup jadikan dirimu good influencer di sosial media. Sebarkan kebaikan dan saling memotivasi merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan. 

Untuk urusan kuota kamu gak perlu khawatir, sebab ada #Super4GKuota dari Smartfren yang bikin kegiatan sosial media kamu jadi lancar tanpa internet yang lelet atau menguras kantong. Kamu bisa bebas internetan di segala aplikasi selama 24 jam non-stop.

Banyak juga pilihan yang menggiurkan seperti kuota 1GB seharga Rp2ribu, 10GB seharga Rp30ribu, 16GB Rp40ribu dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa dapat gratis nelpon ke sesama Smartfren dan semua operator. Jadi kamu bisa bebas bersosial media dan meng-#KuotakanSuaramu serta #KuotakanMaumu demi Indonesia yang lebih baik di masa depan.

Semoga millennial bisa semakin berjasa dan mewujudkan bentuk kontribusi nyata bersama pemerintah baru yang siap membawa Indonesia lebih maju ya!

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

dewi dewi Photo Verified Writer dewi dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya