Comscore Tracker

5 Cara Unik untuk Membantumu Hadapi Fase Quarter Life Crisis

Gak ada salahnya untuk kamu terapkan!

Tak sedikit orang yang mulai memasuki usia dewasa akan mengalami fase quarter life crisis dalam hidupnya. Di fase ini seseorang cenderung rentan mengalami kecemasan dan ketakutan terhadap kualitas hidup dan masa depannya. Hal ini tentu bisa memberi dampak kurang baik bagi kondisi emosional seseorang. 

Nah, agar hidupmu menjadi lebih terarah dalam melalui masa quarter life crisis ini, ada beberapa cara yang mungkin bisa membantumu menghadapi fase ini. Simak berikut lima di antaranya!

1. Mulai kenali dirimu

5 Cara Unik untuk Membantumu Hadapi Fase Quarter Life Crisisunsplash.com/Crishtoper Campbell

Hal pertama dan paling penting adalah kamu harus mengetahui dirimu sendiri. Kenali apa kelebihan dan kekuranganmu lalu lakukan evaluasi diri. Saat kamu sudah bisa mengenal dirimu, kamu akan tahu apa yang harus kamu lakukan ke depannya sehingga hidupmu akan jauh lebih terarah karena kamu sudah mengerti apa tujuan hidupmu.

2. Jangan menyimpan masalahmu sendiri

5 Cara Unik untuk Membantumu Hadapi Fase Quarter Life Crisismommiesdaily.com

Memendam seluruh masalahmu sendiri hanya akan menimbun konflik batin di dirimu sehingga kamu mudah dihinggapi stres dan depresi. Cobalah bagikan ceritamu kepada orang yang tepat agar beban yang bersarang di hati dan pikiranmu bisa jadi lebih enteng.

Andai kamu tak memiliki satu pun orang yang bisa diajak berbagi, kamu bisa coba tuk berkonsultasi pada psikolog agar kamu mendapatkan jalan keluar dari setiap permasalahan yang kamu hadapi.

Baca Juga: 5 Langkah Mencari Tujuan Hidup Sebenarnya di Masa Quarter Life Crisis

3. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain

5 Cara Unik untuk Membantumu Hadapi Fase Quarter Life Crisisunsplash.com/Kevin Grieve

Salah satu penyakit yang paling gampang bikin kamu terserang krisis kepercayaan diri adalah saat kamu senang membandingkan dirimu dengan orang lain.

Di sini kamu harus bisa mengendalikan pikiranmu. Daripada melihat ke atas, coba bayangkan bahwa di luar sana banyak orang yang gak seberuntung dirimu sekarang.

Fokuskan dirimu untuk berkembang ke arah yang lebih baik bukan malah terfokus dengan selalu membandingkan peruntunganmu dengan orang lain. 

4. Membuat perencanaan hidup yang akan diraih di masa depan

5 Cara Unik untuk Membantumu Hadapi Fase Quarter Life Crisisunsplash.com/Raw Pixel

Dengan membuat planning yang akan kamu raih di masa depan maka fokus hidupmu akan menjadi lebih terarah dan gak monoton. Kamu memiliki goals yang ingin kamu capai sehingga pikiranmu gak mudah terganggu pada hal-hal yang kurang penting. Hal ini akan membuat hidupmu menjadi lebih tertata dan produktif.

5. Mencari hobi baru

5 Cara Unik untuk Membantumu Hadapi Fase Quarter Life Crisisunsplash.com/Jakob Owens

Agar hidupmu tidak terasa menjenuhkan dan hanya stuck di situ saja, coba deh kamu cari hobi baru yang bisa bikin kamu jadi lebih semangat dan kembali produktif. Melakukan hal-hal yang disukai dapat membuat keadaan hati dan pikiranmu menjadi jauh lebih baik, lho.

Nah, itu tadi lima hal yang bisa membantumu dalam melalui fase quarter life crisis. Gak ada salahnya untuk coba kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 10 Kutipan Kalimat Bill Gates yang Akan Menginspirasi Hidupmu

dewinner 93 Photo Verified Writer dewinner 93

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You