Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Ingat Agar Terhindar dari Penilaian yang Keliru

Biar kamu tidak mudah terkecoh

Kadang sering kali kita menyimpulkan sesuatu terlalu cepat terhadap berbagai hal yang sedang kita lihat dan rasakan. Padahal bisa saja penilaian kita keliru pada akhirnya.

Ketika ingin menilai sesuatu, tentu kamu perlu kelonggaran waktu untuk dapat menganalisis dan mengenali sesuatu dengan lebih dalam. Hal ini dilakukan supaya kamu tidak terjebak pada penilaian yang keliru yang ujungnya bisa bikin kamu jadi kecewa sendiri.

Nah, dalam menjalani hidup ini, sebaiknya kamu jangan mudah menyimpulkan terlalu cepat pada lima hal ini agar kamu terhindar dari penilaian yang keliru. Apa saja?

1. Mudah menilai seseorang baik dan buruk diawal

5 Hal yang Harus Kamu Ingat Agar Terhindar dari Penilaian yang Keliruunsplash.com/Annie Spratt

Kadang kala kita mudah menilai orang lain terlalu cepat hanya berpatok dari kesan pertama yang ia tunjukkan padamu. Padahal kesan pertama gak bisa dijadikan patokan dalam menilai kepribadian seseorang secara menyeluruh.

Kamu bisa saja kemudian menjadi kaget dan kecewa bila ternyata penilaian kamu selama ini ternyata berbanding terbalik dari apa yang sudah kamu yakini.

Maka dari itu, sebaiknya jangan mudah menarik kesimpulan tentang pribadi seseorang terlalu cepat agar kamu gak terjebak pada penilaian yang keliru.

2. Menganggap bila setiap kebaikan yang kamu lakukan akan selalu terbalaskan

5 Hal yang Harus Kamu Ingat Agar Terhindar dari Penilaian yang KeliruUnsplash.com/Almos Bechtold

Dalam hidup ini gak semua kebaikan yang kamu lakukan pada sesama akan selalu mendapat feedback yang setimpal. Oleh karena itu, jangan mudah berekspektasi bila segala kontribusi yang telah kamu berikan pada sekitar akan selalu dibalas sama oleh orang lain. 

Sebaiknya, lakukan segala hal dengan ikhlas lalu lupakan apapun yang sudah kamu lakukan, karena hal ini dapat menjauhkanmu dari rasa kecewa atas sebuah pengharapan.

Baca Juga: 8 Hal Ini Digunakan Orang Lain dalam Menilai Kepribadianmu

3. Menganggap bila memiliki hubungan yang akrab dengan seseorang bisa menjamin kamu bahagia

5 Hal yang Harus Kamu Ingat Agar Terhindar dari Penilaian yang Keliruunsplash.com/Pricillia Du Preez

Gak sedikit orang mendambakan memiliki hubungan yang lebih dalam dari sekadar teman biasa, sehingga beberapa orang melakukan pencarian untuk mendapat sosok teman yang akrab atau sahabat yang bisa diajak berbagi dalam suka dan duka.

Namun, hal yang harus kamu ingat, sebaiknya jangan mudah membuat ikatan emosi yang kuat pada seseorang jika kamu belum benar-benar mengenal bagaimana kualitas dari orang tersebut. Karena gak sedikit pula hubungan yang terlalu dekat dan akrab ujungnya malah menyisakan kekecewaan mendalam di diri seseorang.

4. Postingan media sosial bukanlah tolak ukur atas kebahagiaan seseorang

5 Hal yang Harus Kamu Ingat Agar Terhindar dari Penilaian yang Keliruunsplash.com/Robin Woorall

Gak jarang kita sering menyaksikan orang-orang pada berlomba-lomba membagikan postingan media sosial dengan menampilkan sisi kehidupan yang terasa begitu sempurna dan bahagia. 

Padahal media sosial tidak bisa dijadikan tolak ukur atas kebahagiaan seseorang. Pada kenyataannya tidak semua yang ditampilkan seseorang di akun media sosialnya selalu sama persis dengan keadaan asli seseorang. 

5. Menganggap pernikahan bisa menjadi solusi untuk keluar dari permasalahan hidup yang sedang dialami

5 Hal yang Harus Kamu Ingat Agar Terhindar dari Penilaian yang Keliruunsplash.com/Tom The Photographer

Gak sedikit para muda mudi beranggapan dengan menikah dirinya dapat lepas dari masalah-masalah yang sedang dihadapi. Padahal pernikahan gak se sepele itu. Justru setelah menikah kamu akan dihadapkan pada tantangan dan rintangan baru yang harus kamu hadapi bersama dengan pasanganmu. Maka pernikahan bukanlah solusi atas segala permasalahan hidup yang kamu alami.

Nah, itu tadi lima hal yang harus kamu ingat agar kamu gak terjebak pada penilaian keliru terhadap hal-hal baru yang terjadi di sekitarmu. Dengan begini, kamu dapat lebih cermat lagi ketika akan menyikapi berbagai situasi yang terjadi di sekitarmu. 

Baca Juga: 8 Kebiasaan Hidup Minimalis yang Bisa Buat Hidup Kamu Lebih Nyaman

Dewi Ginan Photo Verified Writer Dewi Ginan

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You