Comscore Tracker

5 Kebaikan yang Akan Kamu Dapat setelah Melalui Pengalaman Pahit 

Jangan hanya dilihat dari sisi negatifnya saja!

Sebagaimana yang kamu tahu bahwa kehidupan ini akan selalu memberi pelajaran dan pengalaman berharga di dalamnya. Setiap orang pasti pernah merasakan pengalaman pahit dalam menjalani kehidupan ini. Meski begitu, berbagai pengalaman suka duka yang pernah kamu lalui tentunya akan selalu menyisakan hikmah dan kebaikan di dalamnya.

Dan berikut lima kebaikan yang akan kamu dapat setelah kamu sudah berhasil melalui fase pahit dalam menjalani kehidupan ini. Apa saja?

1. Kamu dapat lebih cermat dalam membuat keputusan hidup

5 Kebaikan yang Akan Kamu Dapat setelah Melalui Pengalaman Pahit unsplash.com/Alev Chuklanov

Seolah tidak ingin mengulang kesalahan yang sama untuk kesekian kalinya, berbagai pengalaman pahit yang pernah kamu lalui tentunya akan mengajarkanmu untuk dapat lebih berhati-hati setiap kali akan bertindak maupun saat hendak mengambil keputusan hidup.

Ke depannya kamu akan menjadi lebih teliti dalam mempertimbangkan sesuatu sebelum akhirnya memutuskan pilihan yang tepat dalam mengambil langkah hidup untuk masa depan.

2. Kamu dapat lebih menghargai orang lain

5 Kebaikan yang Akan Kamu Dapat setelah Melalui Pengalaman Pahit unsplash.com/Square

Suka duka yang sudah pernah kamu alami dan rasakan dalam menjalani kehidupan ini membuatmu bisa lebih menghargai orang lain.

Ketika kamu sudah kenyang merasakan asam garam kehidupan, maka kamu dapat lebih bisa memahami dan bersimpati pada kondisi yang juga orang lain rasakan sebab kamu pun juga pernah berada di situasi serupa.

Baca Juga: Gak Hanya Sehat, 6 Jenis Olahraga Ini Bisa Memberimu Pelajaran Hidup

3. Kamu lebih bisa mengendalikan ego dalam diri

5 Kebaikan yang Akan Kamu Dapat setelah Melalui Pengalaman Pahit unsplash.com/Warren Wong

Berbagai pengalaman suka duka yang pernah kamu lalui juga melatih kamu untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa dalam menyikapi suatu persoalan hidup ke depannya. Salah satunya, kamu dapat lebih bisa mengendalikan ego dalam dirimu.

Dengan begini kamu menjadi tahu kapan saat yang tepat untuk bertindak dan diam. Seolah kamu tidak ingin gegabah lagi dalam bersikap, kamu lebih punya kontrol diri yang baik ketika sedang berhadapan pada berbagai situasi tertentu.

4. Melatih mentalmu menjadi lebih tangguh dari sebelumnya

5 Kebaikan yang Akan Kamu Dapat setelah Melalui Pengalaman Pahit unsplash.com/Hannah Skelly

Setiap ujian kehidupan yang sudah berhasil kamu lalui merupakan latihan mental untuk menjadikanmu pribadi yang lebih tangguh dari sebelumnya. Sehingga nantinya kamu gak akan kaget lagi bila di kemudian hari kamu akan dihadapkan pada permasalahan hidup yang serupa. Sebab, kamu jauh lebih memiliki kematangan emosional dan kesiapan diri yang baik.

5. Menjadikanmu pribadi yang lebih baik dari sebelumnya

5 Kebaikan yang Akan Kamu Dapat setelah Melalui Pengalaman Pahit pexels.com/Bruce Mars

Pengalaman pahit sekalipun juga akan memberi pelajaran berharga agar kamu mau untuk introspeksi diri. Dengan mau berbenah diri dan terus mengevaluasi diri, kamu akan menjadi pribadi yang jauh lebih matang dan bijak dalam bertindak maupun bersikap.

Setiap orang tidak ada yang bisa lari dari masalah kehidupan. Namun percayalah, setiap ujian hidup yang kamu alami selalu terkandung hikmah dan pelajaran berharga di dalamnya. Maka selalu ambil pelajaran positif sekalipun kamu sedang berada di situasi yang kurang menguntungkan sekalipun.

Baca Juga: Tutup Usia, 5 Pelajaran Hidup dari Ir. Ciputra tentang Kesuksesan

dewinner 93 Photo Verified Writer dewinner 93

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You