Comscore Tracker

5 Sikap Ini Menunjukan Kamu Sudah Melukai Harga Diri Orang Lain

Jadilah manusia yang beretika!

Sebagai makhluk sosial yang setiap hari berbaur dengan banyak orang, sudah seharusnya kamu menjaga hubunganmu pada orang sekitar agar tetap harmonis.

Dalam hidup bersosial tentu ada etika-etika yang harus kamu jaga, salah satunya dengan menjaga sikap agar tidak melukai perasaan orang lain. Maka dari itu sebaiknya hindari 5 sifat ini, sebab melakukannya bisa melukai harga diri orang lain.

Apa saja?

1. Membentak seseorang di hadapan banyak orang

5 Sikap Ini Menunjukan Kamu Sudah Melukai Harga Diri Orang LainPixabay/ASSY

Membentak seseorang di hadapan orang lain sama saja kamu telah merendahkannya secara terbuka. Meski memang kesal, tapi bukan begitu caramu dalam bersikap. Selain tidak etis, hal tersebut dapat melukai harga diri orang lain dan juga bisa merusak citra dirimu di hadapan banyak orang.

Coba bayangkan bila kamu yang ada di posisi orang yang kamu bentak, tentu kamu pun tidak terima juga bila dipermalukan di depan banyak orang.

Maka dari itu, bersikap dewasalah dalam bertindak agar tidak mempermalukan orang lain dan diri sendiri. 

2. Memberikan barang-barang bekasmu pada seseorang di hadapan orang lain

5 Sikap Ini Menunjukan Kamu Sudah Melukai Harga Diri Orang Lainunsplash.com/Kevin Grieve

Mungkin maksudmu baik ingin berderma pada orang lain seperti memberikan baju-baju bekas atau perabotan yang sudah tak terpakai, namun sebaiknya kamu juga harus lihat situasi saat akan memberi.

Sebaiknya jangan sengaja memberikan barang-barang bekasmu di hadapan orang lain. Karena tanpa sadar sikap ini bisa mempermalukan orang yang akan kamu beri, seolah-olah orang tersebut tidak mampu membeli dan memilikinya. 

Demi kebaikan orang lain, sebaiknya lakukan itu tanpa harus dilihat dan diketahui orang lain.

Baca Juga: Jangan Lakukan Kebiasaan Ini Kalau Gak Mau Harga Dirimu Hancur!

3. Gemar memerintah orang lain sesuka hati kamu

5 Sikap Ini Menunjukan Kamu Sudah Melukai Harga Diri Orang Lainunsplash.com/Alexis Brown

Bertindak bagai bos bagi orang lain dengan gemar memerintah mereka untuk melakukan sesuatu untukmu sama saja kamu telah merendahkannya, seolah orang tersebut bisa kamu manfaatkan sesuka hati. Meski orang tersebut tipe yang gak enakan sama orang, namun tidak sepantasnya kamu memanfaatkan mereka untuk kepentingan pribadimu. Jangan karena merasa lebih dominan dan punya power kamu jadi bertindak sesuka hati pada orang lain. Itu sama saja kamu melukai harga dirinya.

4. Kamu lebih berfokus pada satu teman dan mengabaikan satu teman yang lain saat sedang kumpul bersama

5 Sikap Ini Menunjukan Kamu Sudah Melukai Harga Diri Orang Lainunsplash.com/Clem Onojeghuo

Saat sedang berkumpul dengan beberapa teman kamu cenderung fokus pada satu teman yang kamu anggap lebih asyik untuk diajak berbagi cerita. Namun, di satu sisi kamu mengabaikan satu teman yang kamu anggap kurang asyik diajak berbagi cerita.

Sikap mengabaikan satu teman saat kamu kumpul dengan beberapa teman sama halnya kamu tidak menghargai temanmu tersebut. Hal ini bisa melukai perasaannya.

5. Kamu gemar membandingkan seseorang di hadapan orang lain

5 Sikap Ini Menunjukan Kamu Sudah Melukai Harga Diri Orang Lainunsplash/Tim Gow

Dan juga jadilah orang yang tahu etika dengan tidak membandingkan seseorang di hadapan orang lain secara terang-terangan. Sebab itu bisa melukai harga diri orang tersebut. Pikirkan juga perasaan orang lain, tentu ia akan sangat kecewa atas perbuatanmu.

 

Demi hidup bersosialisasi yang lebih baik, sebaiknya hindari 5 perbuatan di atas ya.

Baca Juga: Lakukan 5 Cara Ini Supaya Kamu Tak Kikuk Lagi dalam Bersosialisasi

dewinner 93 Photo Verified Writer dewinner 93

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You