Comscore Tracker

7 Perbuatan Sia-sia yang Cuma Bikin Kamu Terpuruk dan Gak Bahagia

Buang jauh deh segala pemicu kamu gak bahagia

Kehidupan ini selalu menyajikan beraneka ragam kisah-kisah unik didalamnya. Dan untuk mendapat kehidupan yang berkualitas, semua itu ada dalam kendali penuh dirimu. Karena kamu dibekali Tuhan akal dan fikiran untuk menimbang mana yang baik dan mana yang tidak untuk dilakukan. Bukan itu saja, kamu juga harus bisa menyeimbangkan antara perasaan dan logika agar kamu bisa memandang sesuatu dengan lebih rasional. Sehingga kamu tidak terjebak dalam kelabilan dan kecerobohan. Jadi, agar gak salah langkah sebaiknya jangan pernah lakukan 5 perbuatan sia-sia ini.

1. Mencintai orang yang tidak mencintaimu

7 Perbuatan Sia-sia yang Cuma Bikin Kamu Terpuruk dan Gak Bahagiaunsplash.com/Kinga Chicewich

Pasti rasanya sangat menyakitkan mencintai seseorang yang tidak mencintaimu balik. Apalagi kalau kamu sudah banyak mengorbankan materi, waktu dan tenaga untuk memprioritaskan dirinya namun dia tidak membalasmu dengan cara yang sama.

Sungguh, Itu hanya perbuatan sia-sia yang cuma bikin hati kamu jadi capek dan gak bahagia. Bagaimanapun cinta juga tetap butuh logika agar kamu bisa masih dapat rasional dalam melihat dan menyikapi suatu keadaanmu.

Sayangi dirimu, masa depanmu juga masih panjang. Dan kelak kamu masih akan bertemu dengan orang-orang baru yang mungkin bisa jauh lebih baik lagi dari sebelumnya, tentunya yang bisa menghargai keberadaanmu.

2. Terlalu mudah baper dan larut dalam prasangka buruk

7 Perbuatan Sia-sia yang Cuma Bikin Kamu Terpuruk dan Gak Bahagiaunsplash/Andrew Le

Gak enak lho, hidup jadi orang yang gampang baperan. Karena itu hanya akan menyulitkanmu dibanyak hal. Termasuk membuatmu jadi sosok yang membatasi diri dalam pergaulan hanya karena gak ingin hatimu terluka karenanya.

Sifat gampang baper ini juga bisa membawamu larut dalam pemikiran-pemikiran negatif terhadap orang lain. Sehingga kamu jadi mudah menaruh prasangka buruk pada mereka.

Tentu hal ini bisa mengganggu keharmonisan hubunganmu dengan orang-orang disekitarmu. Sebab orang bisa merasa gak nyaman, jika harus berteman dengan seorang yang gampang baper dan mudah menaruh curiga pada mereka meski semua itu hanya kesalahpahaman semata.

3. Selalu menjadikan omongan orang lain sebagai landasan hidup meski hati kamu sendiri bertolak belakang

7 Perbuatan Sia-sia yang Cuma Bikin Kamu Terpuruk dan Gak Bahagiaunsplash.com/Allef Vinicius

Kamu yang menjalani hidup maka kamu yang berhak menentukan segala keputusan yang terbaik bagimu. Jangan karena takut akan pandangan orang lain terhadapmu, kamu jadi selalu mengindahkan apa kata mereka sehingga kamu gak bisa hidup dengan menjadi diri sendiri.

Selama yang kamu lakukan itu masih dilajur yang benar, ikutilah kata hatimu. Jangan berpatok pada keputusan orang lain. Karena mereka tak punya hak atas itu. Buatlah dirimu nyaman terlebih dahulu. Ingat, tolak ukur kebahagiaanmu gak dilihat dari perspektif orang lain.

Baca Juga: Sering Tak Disadari, Ini 5 Hal yang Membuat Hidup Kamu Tidak Bahagia

4. Menghabiskan waktu untuk berkumpul dengan orang-orang yang gak satu frekuensi sama kamu

7 Perbuatan Sia-sia yang Cuma Bikin Kamu Terpuruk dan Gak Bahagiaunsplash.com/Levi Guzman

Seseorang bisa terlihat fake tergantung dengan siapa dia berkumpul saat itu. Kadang agar bisa dianggap gaul dan mendapat pengakuan dari lingkup pergaulan mereka, seseorang bahkan rela hidup dengan memakai topeng serta rela mengimbangi semua karakter orang-orang didalam lingkaran pergaulan mereka agar hadirnya bisa diterima.

Jika terus dijalani, lama-lama hati kamu akan lelah sendiri. Meski diluar kamu terlihat nampak ceria dan antusias tapi didalam hati kamu sebaliknya. Maka jangan paksakan dirimu hidup dilingkaran dimana kamu gak merasa nyaman dan gak bisa jadi diri sendiri.

Tapi berkumpulah dengan orang-orang yang memiliki satu frekuensi yang sama denganmu biar kamu bisa merasa nyaman dan tetap menjadi diri sendiri. Buang jauh semua rasa gengsi yang masih mengakar pada dirimu. Jangan buang waktu berhargamu untuk berkumpul dengan orang-orang yang tak satu cerminan diri sama kamu.

5. Suka membandingkan diri sendiri dengan orang lain

7 Perbuatan Sia-sia yang Cuma Bikin Kamu Terpuruk dan Gak Bahagiaunsplash.com/Alex Ivashenko

Semua orang punya alur cerita kehidupan yang berbeda-beda. Dan tiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi jangan pernah bandingkan dirimu dengan orang lain. Nantinya kamu akan menjadi gak bersyukur dan selalu merasa rendah diri. Disamping sisi terlalu membandingkan diri dengan orang lain hanya akan bikin kamu diliputi perasaan iri dan gak bahagia.

6. Terlalu berlebihan dalam menyukai sesuatu sampai terjebak dalam fanatisme buta

7 Perbuatan Sia-sia yang Cuma Bikin Kamu Terpuruk dan Gak Bahagiaunsplash.com/rawpixel

Gak ada yang salah jika kamu mengidolakan artis atau tokoh terkenal asal jangan sampai berlebihan sampai terjebak dalam fanatisme buta agar kamu masih bisa rasional dalam memandang sesuatu.

Seperti, siap bertengkar pada siapa saja yang berani mengusik idolamu, baik itu didunia nyata atau pun didunia maya karena kamu mudah terbawa baper dan amarah pada sesuatu yang sebenarnya gak ada sangkut pautnya dengan dirimu sendiri.

Disamping itu kamu bisa saja berbalik mendapat kecewa berat saat mengetahui idolamu membuat suatu keputusan diluar dari kehendak dan ekspektasi kamu.

Jadi jangan terlalu berlebihan dalam menyukai sesuatu ya guys. Idolakan mereka secukupnya saja. Jangan buang waktu berhargamu untuk melakukan perbuatan sia-sia yang hanya dapat mencoreng nama baik dirimu.

7. Suka melarutkan diri memikirkan hal-hal yang gak penting

7 Perbuatan Sia-sia yang Cuma Bikin Kamu Terpuruk dan Gak BahagiaUnsplash.com/Almos Bechtold

Banyak hal penting yang harusnya bisa lebih kamu prioritaskan dalam hidup ini. Tapi anehnya banyak orang yang suka melarutkan diri memikirkan hal-hal yang gak penting serta gak memberi pengaruh apa-apa bagi hidupnya. Jadi daripada kamu hanya membuang waktu untuk memikirkan hal-hal yang sia-sia. Sebaiknya kamu coba lebih fokuskan diri untuk memikirkan hal-hal penting agar hidupmu lebih terarah dan berkualitas.

Maka dari itu, demi mendapat hidup yang lebih baik segera buang jauh-jauh perbuatan sia-sia yang menjadi penyumbang ketidakbahagiaanmu dalam menjalani hidup.

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Sudah Tidak Bahagia Lagi dengan Pasanganmu

dewinner93 Photo Community Writer dewinner93

Hanya seorang wanita yang hidup seperti bayangan, nampak tapi tak terlihat. Instagram: @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You