Comscore Tracker

5 Adaptasi Diri yang Wajib Kamu Miliki saat Memasuki Usia Dewasa

Adaptasi adalah kunci survive menjalani kehidupan

Seiring waktu semua orang akan melewati masa remajanya dan berlanjut menjalani kehidupannya baru sebagai orang dewasa. Di fase tumbuh dewasa, tantangan hidup yang kamu hadapi akan semakin penuh gelombang dan tak jarang emosional kamu menjadi mudah terombang-ambing karenanya.

Di sini kuncinya ada di mental kamu. Kamu akan sulit untuk bertahan di dunia yang keras ini kalau mental kamu lemah. Maka dari itu, saat kamu sudah beranjak dewasa kamu harus benar-benar bisa beradaptasi dengan lima hal ini.

1. Menghadapi berbagai watak dan tempramen yang dimiliki orang lain

5 Adaptasi Diri yang Wajib Kamu Miliki saat Memasuki Usia Dewasaunsplash.com/Ashkan Forouzani

Seiring waktu kamu akan menyadari bahwa usia seseorang tidak bisa dijadikan ukuran dalam menentukan kedewasaan pada dirinya. Kelak kamu akan semakin sering berjumpa dengan orang-orang yang sulit dan kerap kali menguji kesabaranmu. Di sini, kamu butuh yang namanya kontrol diri yang baik. 

Dengan kontrol diri yang baik, kamu gak akan mudah gegabah, terpancing dan bertindak impulsif saat dihadapkan dengan masalah. Kamu akan mudah terselamatkan dari berbagai situasi rumit yang biasa terjadi di kehidupan sosial.

2. Berlatih menyukai aktivitas rutin yang kamu lakukan setiap hari

5 Adaptasi Diri yang Wajib Kamu Miliki saat Memasuki Usia Dewasaunsplash.com/Akson

Di fase tumbuh dewasa kamu akan mulai menyadari bila beban dan tanggung jawab yang kamu pikul juga semakin bertambah berat. Pada waktunya kamu akan memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhanmu sendiri sehingga sejenuh apa pun pekerjaanmu, kamu harus bisa beradaptasi dengannya.

Kamu akan mudah bertahan menjalani rutinitas sehari-hari kalau kamu bisa menyesuaikan diri dengan aktivitasmu kalau selalu membawa pikiran yang enjoy. Andaipun kamu ingin lepas dari rutinitas yang bagimu terasa membosankan, setidaknya kamu sudah punya opsi lain agar keputusanmu tersebut tidak menyisakan penyesalan di kemudian hari.

3. Membiasakan diri membaur dengan masyarakat luas dari berbagai latar belakang

5 Adaptasi Diri yang Wajib Kamu Miliki saat Memasuki Usia Dewasaunsplash.com/Ben Duchac

Kamu juga perlu membiasakan diri untuk membaur dengan masyarakat luas dari berbagai latar belakang karena menginjak usia dewasa peran sosialmu akan semakin terlihat. Dan ini bisa menjadi masalah bila kamu cenderung memilih bersikap cuek, individualis dan tak peduli sekitar.

Suatu saat kamu akan menyadari betapa sulitnya kamu bila tidak membiasakan diri untuk beradaptasi langsung dengan orang-orang di lingkungan sekitarmu. Karena bagaimanapun kamu memiliki peran yang sama seperti yang lain yaitu makhluk sosial yang akan saling membutuhkan satu sama lain. 

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Paling Dewasa dan Pandai Atasi Permasalahan Hidup

4. Siap menghadapi berbagai penolakan dan kegagalan

5 Adaptasi Diri yang Wajib Kamu Miliki saat Memasuki Usia Dewasaunsplash.com/Andrik Langfield

Dalam proses untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat, kamu harus siap bila nanti kedepannya akan sering mendapat berbagai macam penolakan dan kegagalan. Hal tersebut sudah menjadi risiko bagi mereka yang ingin mewujudkan segala impiannya.

Namun jangan jadikan penolakan dan kegagalan sebagai alasan untuk kamu berhenti berjuang. Sebab, semua pencapaian besar pasti pernah melalui beberapa kali kegagalan. Jadi, tetaplah optimis dalam menaklukan dunia yang keras ini.

5. Kuatkan hatimu agar gak mudah down menghadapi situasi yang gak mendukungmu

5 Adaptasi Diri yang Wajib Kamu Miliki saat Memasuki Usia Dewasaunsplash.com/Ihor Malytskyi

Kamu akan merasakan sendiri bila seiring waktu rintangan hidupmu akan semakin berat dan di saat itu kamu harus benar-benar bisa bertahan dalam situasi sulit tersebut. Seseorang cenderung susah untuk survive bila hatinya gampang rapuh saat menghadapi lika-liku kehidupan yang gak bisa di tebak alurnya ini.

Kamu perlu menguatkan hati kamu sendiri dengan tetap terus optimis pada diri sendiri. Sebab bila tidak dari diri sendiri, lalu siapa lagi yang akan menguatkan dirimu?

Nah, itu lima hal yang perlu kamu persiapkan saat memasuki usia dewasa. Di situasi apa pun kamu harus bisa membawa dan mengarahkan dirimu sendiri. Kalau kamu mampu beradaptasi di berbagai situasi dan kondisi kamu akan mudah untuk survive dalam menjalani hidup ini. Selalu semangat, ya! Ingat, kamu gak sendirian kok.

Baca Juga: 7 Beda Pandangan Perempuan Dewasa Vs Belum Dewasa tentang Cinta

Dewi Ginan Photo Verified Writer Dewi Ginan

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya