Comscore Tracker

5 Cara Lepas dari Bayang-bayang Masa Lalu, Bikin Mood Jadi Stabil 

Ingat, dirimu berharga!

Sebagian orang dengan luka masa lalu yang dalam biasanya mudah terperangkap dengan gelapnya memori masa lalu sehingga hal tersebut bisa mengacaukan moodnya kapan saja meski keadaan sekarang sudah jauh lebih baik jika dibanding sebelumnya. 

Tentu bila ingin mendapat hidup yang lebih tenang dan bahagia kita perlu melepas bayang-bayang masa lalu itu. Sebab akan sangat melelahkan hati dan pikiran bilamana tidak segera kita lepaskan.

Berikut lima cara yang bisa kamu coba agar perlahan bisa lepas dari bayang-bayang masa lalu yang terus menghantuimu.  

1. Luangkan lebih banyak waktu untuk berkumpul dengan orang-orang yang tepat

5 Cara Lepas dari Bayang-bayang Masa Lalu, Bikin Mood Jadi Stabil rawpixel.com

Di kondisi psikologis yang mudah sekali terdistraksi dengan trauma masa lalu sebaiknya jangan biarkan dirimu menghabiskan banyak waktu untuk menyendiri karena hal ini hanya dapat memperburuk kondisi mentalmu.

Sebaiknya luangkan lebih banyak waktu untuk berkumpul dengan orang-orang yang tepat agar kamu dapat lebih dimengerti sehingga pikiran-pikiran kalutmu dapat teralihkan. Dengan memiliki teman bicara setiap harinya ini dapat membantu kamu merasa lebih baik secara emosi.

2. Belajarlah untuk memaafkan masa lalu

5 Cara Lepas dari Bayang-bayang Masa Lalu, Bikin Mood Jadi Stabil unsplash.com/Vladimir Fedotov

Bagaimanapun kejadian kelam yang sudah pernah kamu alami di masa lalu tidak bisa kamu ubah. Maka cara terbaik agar kamu dapat lepas darinya adalah dengan menerima dan memaafkan mereka.

Orang yang berjiwa besar akan lebih mudah mengikhlaskan keadaan sehingga ia tidak akan terus menerus terbelenggu dengan bayang-bayang masa lalu. Dengan begitu, hal ini dapat membantumu dalam berdamai dengan masa lalu. 

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Kenangan Masa Lalu Mudah Dilupakan

3. Ubah cara pandang

5 Cara Lepas dari Bayang-bayang Masa Lalu, Bikin Mood Jadi Stabil unsplash.com/Alexandru Zdrobau

Memang tidak mudah begitu saja untuk move on dari luka masa lalu tapi kamu bisa melepaskannya bila kamu punya kemauan yang kuat dari dalam dirimu sendiri. Kamu bisa belajar dari pengalaman orang lain yang sudah berdamai dengan trauma masa lalunya atau kamu juga bisa mengubah cara pandangmu dengan berpikir lebih logis bahwa kamu telah hidup di masa sekarang. Semakin kamu berlatih untuk fokus ke masa sekarang maka kecil kemungkinan memori kelam masa lalu itu datang menggerogoti pikiranmu.

4. Mencari kegiatan atau hobi baru 

5 Cara Lepas dari Bayang-bayang Masa Lalu, Bikin Mood Jadi Stabil pexels.com/Dominika Reseclay

Menekuni kegiatan baru atau menggeluti hobi baru juga merupakan salah satu cara untuk mengalihkan perasaan dan pikiranmu dari emosi negatif yang bisa timbul sewaktu-waktu. Melakukan banyak hal yang kamu suka dapat membentuk emosi yang lebih positif sehingga perlahan ini bisa membantumu dalam meringankan segala beban yang bersarang di hati dan pikiran kamu. 

5. Mencari penanganan yang tepat

5 Cara Lepas dari Bayang-bayang Masa Lalu, Bikin Mood Jadi Stabil Unsplash/Priscilla Du Preez

Bila kamu sudah tidak sanggup menangani semua masalahmu seorang diri jangan ragu untuk segera mencari penanganan yang tepat, seperti pergi ke seorang profesional yang mumpuni di bidangnya. Dengan begini kamu akan merasa terbantu dalam proses menyembuhkan trauma akan bayang-bayang masa lalu yang hingga kini terus menghantuimu.

Memang butuh proses yang tidak instan untuk bisa move on sepenuhnya dari memori kelam masa lalu. Tapi dengan kemauan yang kuat dari dalam dirimu, perlahan namun pasti kamu akan bisa lepas darinya.

So, belajarlah memaafkan, mengikhlaskan dan menerima segala hal yang sudah berlalu. Sebab hal ini akan sangat membantumu untuk lepas dari gelapnya memori masa lalu.

Baca Juga: Stop Lakukan 5 Hal Ini, Kamu akan Kesulitan Move On dari Masa Lalu

Dewi Ginan Photo Verified Writer Dewi Ginan

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya