Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Ini akan Dialami Oleh Kamu yang Sensitif Akut

Kamu bisa belajar untuk mengendalikan diri 

Orang dengan hati sensitif cenderung suka memikirkan segala hal secara mendalam, itulah sebab mengapa mereka mudah merasa terbebani dengan perasaannya sendiri. Terbiasa suka tenggelam dan larut dalam pemikiran berlebihan kadang bisa menjadi beban mental tersendiri bagi mereka.

Lalu apa saja dampak buruk yang akan dirasakan oleh mereka yang punya hati sensitif? Simak berikut lima di antaranya.

1. Mudah terluka pada hal-hal kecil

5 Dampak Buruk Ini akan Dialami Oleh Kamu yang Sensitif Akutunsplash.com/Sasha Freemind

Seperti yang kita tahu bahwa orang sensitif cenderung mudah memasukan setiap perkataan maupun tindakan orang lain kedalam hati. Itulah sebab kenapa dirinya mudah sekali terluka pada hal-hal kecil bahkan sepele. Karena sifatnya yang lebih sensitif terhadap kritik gak jarang mereka sering merasa terbebani dan kewalahan sendiri dalam mengendalikan perasaannya. Hal ini jugalah yang membuat mereka akhirnya menjadi rentan mengalami masalah mental.

2. Overthinking setiap saat

5 Dampak Buruk Ini akan Dialami Oleh Kamu yang Sensitif Akutunsplash.com/Crishtoper Campbell

Biasanya orang dengan hati sensitif cenderung mudah overthinking dan bereaksi berlebihan ketika sedang menanggapi suatu persoalan. Bahkan dalam menanggapi sebuah kejadian, mereka akan terlebih dulu memikirkan kemungkinan buruk dibanding mencoba berpikir positif sebelum peristiwa tersebut terjadi. Itulah kenapa mereka mudah sekali merasa gelisah dan cemas, karena sifatnya yang suka berpikir berlebihan dalam menanggapi setiap momen yang terjadi dalam dirinya.

Baca Juga: Bukan Terlalu Sensitif, Malahan Wajar jika 5 Sikap Ini Membuatmu Marah

3. Kesulitan beradaptasi dengan orang-orang di lingkungan sekitarnya 

5 Dampak Buruk Ini akan Dialami Oleh Kamu yang Sensitif Akutunsplash.com/Priscilla Du Preez

Dan kendala lain yang kerap dialami oleh mereka yang punya hati sensitif adalah mudah mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan orang-orang disekitarnya. Karena sifatnya yang lebih sensitif dengan perkataan dan tindakan orang lain pada akhirnya mereka memilih untuk menjauh dari keramaian dan tak ingin banyak terlibat dalam interaksi sosial. 

4. Gampang merasa sedih dan kesepian 

5 Dampak Buruk Ini akan Dialami Oleh Kamu yang Sensitif Akutunsplash.com/Andrew Neel

Selalu merasa bila orang lain tidak benar-benar bisa memahami dan mengerti isi hatinya membuat mereka lebih senang menghabiskan waktu dengan menyendiri daripada memilih berkumpul dengan teman-temannya. Hal ini dilakukan karena mereka gak ingin mendapati hatinya terluka terus menerus, sehingga dampaknya mereka jadi sering merasa sedih dan kesepian.

5. Mudah mengalami kelelahan psikis 

5 Dampak Buruk Ini akan Dialami Oleh Kamu yang Sensitif Akutunsplash.com/Andrik Langfield

Dan juga beban mental yang kerap melanda mereka yang berhati sensitif adalah gampang mengalami kelelahan psikis. Hal ini disebabkan karena mereka mudah merasa cemas dan khawatir berlebihan pada sesuatu yang seharusnya gak perlu terlalu serius untuk dipikirkan. Sehingga dampak yang terjadi membuat energi mereka gampang terkuras sehingga mengalami kelelahan fisik, hati dan pikiran.

Itu lima dampak buruk yang bisa dirasakan oleh mereka yang memiliki hati sensitif. Demi kebaikan dan kenyamanan hidupmu sebaiknya latih dirimu untuk bisa mengendalikan emosi dalam diri. Dengan begitu kamu hati kamu akan terasa lebih ringan dan stabil secara emosional.

Baca Juga: Stop Overthinking! Ini 5 Alasan Kenapa Kita Perlu Bersikap Masa Bodoh

Dewi Ginan Photo Verified Writer Dewi Ginan

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya