Comscore Tracker

Demi Hidup Bahagia, Segera Buang Jauh 5 Sumber Kekecewaan Ini

Hidup cuma sekali, jangan dibikin rumit

Kekecewaan merupakan reaksi atas ketidaksesuaian antara harapan, keinginan, dan kenyataan.

Seiring bertambahnya usia, kamu akan semakin familiar dengan rasa kecewa. Oleh sebab itu, kamu harus punya kontrol diri yang baik agar kamu bisa mengarahkan diri kamu untuk tetap menjadi pribadi yang positif seperti menghindari hal berikut sebab bisa berpotensi mendatangkan kekecewaan mendalam pada dirimu.

Apa saja?

1. Mencintai seseorang yang tidak mencintaimu

Demi Hidup Bahagia, Segera Buang Jauh 5 Sumber Kekecewaan Iniunsplash.com/Daryn stumbaugh

Selain berpotensi menimbulkan kekecewaan di hati, mencintai orang yang tidak mencintaimu sama saja kamu sudah menyia-nyiakan waktu berhargamu.

Ya, pastinya akan sangat melelahkan mempertahankan seseorang yang tidak membalas cintamu, apalagi jika kamu sudah tenggelam pada rasa cinta yang terlalu dalam padanya.

Dan tahukah kamu bahwa kedalaman cintamu saat ini adalah kedalaman lukamu di kemudian hari? Sebaiknya, carilah pasangan yang juga memiliki kedalaman cinta yang sama denganmu agar kalian bisa saling mengisi dan melengkapi satu sama lain.

2. Menggantungkan harapan pada orang lain

Demi Hidup Bahagia, Segera Buang Jauh 5 Sumber Kekecewaan IniUnsplash.com/ToT

Kekecewaan juga mudah dialami seseorang yang terlalu menjadikan orang lain sebagai tumpuan harapannya. Ia lupa bahwa orang lain juga manusia biasa dan tidak punya tugas untuk memenuhi segala tuntutan atas segala pengharapanmu.

Maka dari itu, kamu harus berpikir realistis agar hidupmu lebih terarah. Sebaiknya jangan memasang ekspektasi tinggi pada orang lain agar kamu tidak mendapat kecewa saat harapanmu tidak menjadi kenyataan.

Menjadikan orang lain sebagai tempat bergantung dan berharap juga merupakan salah satu sumber penyebab kamu sulit merasa bahagia.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Berhenti Gantungkan Kebahagiaan di Tangan Pacar 

3. Mudah berprasangka buruk pada orang lain

Demi Hidup Bahagia, Segera Buang Jauh 5 Sumber Kekecewaan IniUnsplash.com/Rawpixel

Mudah berprasangka buruk pada orang lain sama halnya kamu sedang memelihara emosi negatif dalam dirimu. Kamu jadi mudah dihinggapi perasaan mudah curiga pada orang lain, meski kamu sendiri tidak bisa membuktikan prasangkamu tersebut benar atau salah.

Pikiran negatif yang tertanam di dirimu bisa membuat hatimu tidak tentram. Akan ada kekecewaan yang kamu rasakan akibat banyak menaruh prasangka negatif pada orang lain.

Demi hidup yang lebih baik, coba biasakan diri untuk menanamkan pikiran positif dalam dirimu!

4. Terlalu sensitif dalam menjalani hidup

Demi Hidup Bahagia, Segera Buang Jauh 5 Sumber Kekecewaan Iniunsplash.com/Kyle Broad

Seseorang dengan kepribadian sensitif biasanya lebih banyak menggunakan perasaannya dalam menjalani hidup. Oleh sebab itu, dirinya menjadi mudah rapuh dan terluka.

Orang dengan kepribadian ini tidak bisa menerima perbedaan pendapat, kritik, dan komentar negatif dari orang lain, semua akan dimasukkan dalam hati terlebih dulu sehingga mereka lebih mudah merasa kecewa dan stres karena sering kali larut memikirkan segala perlakuan dan pandangan orang lain terhadapnya.

5. Memandang hidup ini berat untuk dijalani

Demi Hidup Bahagia, Segera Buang Jauh 5 Sumber Kekecewaan IniUnsplash.com/Maksym Kaharlytskyi

Ketika kamu tidak bisa bersikap dewasa dengan mau menerima keadaan baik dan buruk dalam hidupmu, kamu akan mudah merasa galau dan kecewa dengan jalan hidup yang sudah Tuhan gariskan untukmu.

Seseorang tentu harus bisa bersikap realistis dalam melihat kehidupan. Salah satunya dengan mau menerima masalah sebagai bagian hidup yang harus ia hadapi dengan begitu hidup akan terasa ringan untuk dijalani.

Oleh karena itu, ubah cara pandangmu dalam melihat dunia agar kamu bisa menjadi seseorang yang lebih positif dalam melihat kehidupan. 

Demi hidup yang lebih bahagia, segera tinggalkanlah segala sumber yang dapat mendatangkan kekecewaan pada dirimu seperti contoh di atas.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Punya Barang Mahal Tak Lantas Bikin Kamu Bahagia

dewinner 93 Photo Verified Writer dewinner 93

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You