Comscore Tracker

5 Fase Peralihan Hidup yang Akan Terjadi Menginjak Usia 20an

Tantangan sesungguhnya dimulai dari sini

Seiring berjalannya waktu, semua orang akan melalui fase transisi untuk menuju tahap kedewasaan. Di fase peralihan ini akan ada banyak hal yang berubah di diri seseorang. Di antaranya melingkupi emosional dalam diri, pola hidup, cara hidup dan peran sosial dimasyarakat.

Nah, lalu apa saja fase transisi yang umumnya dirasakan seseorang menginjak usia 20an? Menurut pengalaman penulis ada lima tahapan, berikut di antaranya!

1. Kamu akan lebih banyak membaur dengan banyak orang dari berbagai lintas usia

5 Fase Peralihan Hidup yang Akan Terjadi Menginjak Usia 20anunsplash.com/Brooke Calge

Saat kecil hingga remaja atau dimulai masuk sekolah dasar sampai lulus kuliah, pasti kamu lebih banyak menghabiskan waktumu untuk berkumpul dengan anak-anak seusiamu. Lepas dari masa itu, akan ada saat di mana kehidupan membawamu berada di zona baru yaitu berkumpul dengan orang-orang yang random dari berbagai lintas usia.

Dari segi kenyamanan pasti akan ada yang berbeda antara berkumpul dengan orang yang sepantaran, lebih senior, maupun yang lebih junior darimu. Di sini kamu dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan beragam perbedaan usia yang dimiliki masing-masing orang.

2. Kamu memiliki peran sosial yang sama di masyarakat

5 Fase Peralihan Hidup yang Akan Terjadi Menginjak Usia 20anunsplash.com/Omar Lopez

Di usia 20an, maka orang lain tidak akan lagi memandang kamu sebagai anak kecil, yang di mana segala halnya akan selalu mendapat toleransi dari orang sekitar. Di usia tersebut, orang sekitar akan melihatmu sebagai pribadi dewasa yang memiliki peran yang sama di masyarakat. 

Oleh karena itu, kamu harus memiliki kesadaran akan hal ini. Mengabaikan peranmu sebagai makhluk sosial hanya akan mendatangkan masalah dan persepsi negatif dari orang sekelilingmu. Di usia ini kamu dituntut untuk dapat membaur dengan orang sekitar sekaligus memberi kontribusi pada kehidupan masyarakat sekitar di tempat kamu tinggal. 

Baca Juga: Meski Berat, 5 Hal Ini Harus Mulai Kita Terima Saat Masuk Usia 20-an

3. Kamu akan merasa tuntutan hidupmu semakin bertambah

5 Fase Peralihan Hidup yang Akan Terjadi Menginjak Usia 20anunsplash.com/Carles Koh

Menginjak usia 20an, kamu baru akan mulai menyadari bahwa kehidupan ini gak selalu memberimu kemudahan. Kamu akan mulai menjejaki tantangan-tantangan baru yang harus kamu eksekusi sendiri tanpa harus melibatkan orang lain di dalamnya. Di usia ini kamu akan menyadari bila tanggung jawab yang kamu pikul juga semakin kompleks dan beragam. 

Di sini kamu dilatih untuk menjadi mandiri dan tanggung jawab pada diri sendiri. Jika di masa remaja kamu tidak memiliki tuntutan yang berarti memasuki fase dewasa kamu akan mulai terbiasa menghadapi hal-hal semacam ini.

4. Di fase peralihan ini kamu rentan mengalami quarter life crisis

5 Fase Peralihan Hidup yang Akan Terjadi Menginjak Usia 20anunsplash.com/Ravi Roshan

Bukan hal langka seseorang yang memasuki usia 20an akan mengalami quarter life crisis dalam dirinya. Kepribadian yang belum benar-benar matang secara emosional kerap memunculkan konflik batin di dalam diri.

Bukan hal mengherankan di usia ini seseorang akan mulai menghadapi tantangan kehidupan yang sesungguhnya. Masalah yang datang dari luar gak jarang bisa mengikis emosional di diri seseorang.

Namun seiring waktu, kamu akan paham bila semua orang akan melalui proses yang sama meski dengan jalan cerita yang berbeda-beda. Kamu hanya perlu mengikuti proses kehidupan ini sebagaimana mestinya. 

Akan selalu ada banyak pelajaran yang kamu dapatkan. Dan di saat kamu mulai bisa beradaptasi dengan keadaan yang ada dan mampu berdamai dengan dirimu sendiri. Kamu akan lebih bijak menyikapi setiap keadaan yang ada.

5. Pola pikir dan cara bersikap kamu berubah seiring banyaknya pengalaman bersosial yang kamu dapatkan

5 Fase Peralihan Hidup yang Akan Terjadi Menginjak Usia 20anunsplash.com/Square

Memasuki usia 20an, kamu akan semakin menyadari bahwa terlalu membawa ego dalam menjalani hidup bersosial justru malah akan mendatangkan banyak masalah dan konflik baru di dirimu. Maka dari pengalaman hidup bersosial itulah kamu akan mulai mengevaluasi diri dari cara kamu bersikap dan bertindak.

Pengalaman akan mengajarkanmu banyak hal di dalamnya. Dari cara kamu membawa diri dan mengelola emosi akan menentukan bagaimana citra diri kamu di mata orang lain. Dan pengendalian diri ini juga dapat mempengaruhi kenyamanan kamu dalam menjalani hidup. 

Nah, itu tadi lima fase peralihan yang umumnya akan dialami semua orang memasuki usia dewasa. Jangan pernah lari atau menghindar. Karena di fase ini akan memberimu banyak pengalaman dan pelajaran berharga. Mau belajar dari pelajaran dan mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan mutu dan kualitas hidupmu. 

Baca Juga: 5 Pertanyaan Sensitif yang Sering Diajukan Pada Usia 20-an!

dewinner 93 Photo Verified Writer dewinner 93

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You