Comscore Tracker

5 Penyebab Seseorang Gampang Merasa Pesimis dalam Menjalani Hidupnya

Sifat pesimis dapat menghambat kesuksesan dan kebahagiaanmu

Dalam menjalani kehidupan yang penuh gelombang ini tentu semua orang pernah mengalami perasaan pesimis dalam dirinya. Hal itu wajar dan normal mengingat kita sebagai manusia juga memiliki keterbatasan.

Namun akan menjadi tidak wajar bila sikap pesimis yang kamu rasakan itu bersifat berlebihan hingga kamu kerap kali mudah berpikiran dan bereaksi negatif setiap kali berhadapan dengan situasi atau permasalahan baru. Tentunya ini juga akan memberi dampak kurang baik bagi keberlangsungan hidup kamu ke depannya.

Nah, untuk itu sebaiknya kita ketahui dulu penyebab seseorang mudah sekali merasa pesimis dalam menjalani hidupnya.

1. Kurangnya rasa percaya diri

5 Penyebab Seseorang Gampang Merasa Pesimis dalam Menjalani Hidupnyaunsplash.com/Harold Wijnholds

Seseorang yang kurang memiliki rasa percaya diri cenderung akan sulit untuk memotivasi dirinya sendiri, itulah sebab kenapa mereka mudah sekali merasa pesimis dalam menjalani hidupnya. Padahal kurangnya memiliki rasa percaya diri bisa menjadi penghambat bagi kamu dalam meraih kebebasan, kesuksesan dan kebahagiaan sejatimu.

2. Kurang mandiri

5 Penyebab Seseorang Gampang Merasa Pesimis dalam Menjalani Hidupnyaunsplash.com/Kleiton Silva

Jika seorang anak di masa kecilnya kurang dididik untuk mandiri dan bertanggungjawab pada dirinya sendiri, hal ini kelak dapat membentuk karakter si anak menjadi manja, mudah bergantung pada orang lain dan tidak optimis dalam menjalani hidupnya, sebab sejak dini si anak sudah terbiasa hidup dalam kemudahan.  

Dampaknya ketika si anak mulai beranjak remaja bahkan dewasa mereka akan cenderung menjadi sosok yang mudah takut dan tidak siap ketika berhadapan pada rintangan hidup yang mungkin akan menjadi bagian dari perjalanan hidupnya di masa depan. Dirinya cenderung akan sulit berjuang dalam menghadapi masalahnya.

Baca Juga: 7 Tanda Orang yang Sulit Berkembang & Sukses, Siapa yang Suka Pesimis?

3. Kurang terlibat dalam hubungan sosial dengan orang-orang sekitarnya

5 Penyebab Seseorang Gampang Merasa Pesimis dalam Menjalani Hidupnyaunsplash.com/Ben Duchac

Seseorang yang sejak kecil kurang terbiasa membaur dan terlibat komunikasi dengan orang lain, di masa depan mereka akan cenderung menjadi pribadi yang kurang memiliki kepekaan dan keantusiasan untuk membangun hubungan sosial dengan orang-orang sekitarnya. Hal ini terjadi karena dirinya sudah terlanjur terjebak pada zona nyamannya tersebut.  

Padahal ini dapat mempersulit dirinya sendiri di masa depan, sebab bagaimanapun tidak ada seorang pun yang bisa selalu mengandalkan diri sendiri terus menerus tanpa bantuan orang lain. Umumnya seseorang yang kurang bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya cenderung memiliki sifat yang gampang pesimis dalam menjalani hidupnya.  

4. Kurang mendapat dukungan moril dari orang-orang di sekitarnya

5 Penyebab Seseorang Gampang Merasa Pesimis dalam Menjalani Hidupnyaunsplash.com/Duy Pham

Tahukah kamu bahwa dukungan, pujian dan motivasi dari orang terdekat dan lingkungan sekitarmu merupakan suatu dorongan yang bisa memberi kekuatan bagi seseorang untuk melakukan hal-hal lebih dalam dirinya. Hal demikian juga dapat membantu seseorang untuk membangkitkan rasa optimis dalam dirinya kembali sehingga bisa menumbuhkan rasa percaya pada kemampuannya sendiri.

5. Kurang memiliki jiwa kompetisi dalam dirinya 

5 Penyebab Seseorang Gampang Merasa Pesimis dalam Menjalani Hidupnyaunsplash.com/Akson

Dan terakhir, alasan yang bikin orang mudah merasa pesimis karena ia kurang memiliki daya saing dalam dirinya. Belum mencoba saja sudah gampang dihantui perasaan ragu, cemas dan takut duluan. Tentu hal ini hanya akan menjadi penghalang bagi kamu untuk mendapat rasa optimismu kembali, terlebih untuk mengejar mimpi-mimpimu.

Itulah beberapa penyebab seseorang mudah merasa pesimis dalam menjalani hidupnya. Sifat pesimis juga dapat menghambat kenyamanan dan kebahagiaanmu. Maka dari itu, ubah mindset dan mulai biasakan untuk selalu berpikir lebih positif. Hal ini perlahan dapat membantumu untuk membangkitkan jiwa optimismu kembali.

Baca Juga: 5 Langkah Agar Bisa Berdamai dengan Kegagalan, Jangan Lekas Pesimis!

Dewi Ginan Photo Verified Writer Dewi Ginan

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya