Comscore Tracker

6 Pikiran Ini Bikin Kamu Selalu Terjebak Perasaan Gak Bahagia

Berdamailah dengan diri sendiri agar hidupmu lebih tenang

Sumber utama yang bikin seseorang mudah dihinggapi pikiran tidak bahagia adalah karena dalamnya perasaan insecure yang ada pada dirinya. Perasaan insecure itu sendiri bisa datang dari peristiwa traumatis di masa lalu dan juga bisa karena ekspektasi tinggi yang kamu ciptakan sendiri.

Coba cek, kalau enam hal di bawah ini kerap kamu rasakan, tandanya kamu benar sedang terjebak perasaan tidak bahagia.

1. Masih hidup dalam bayang-bayang masa lalu

6 Pikiran Ini Bikin Kamu Selalu Terjebak Perasaan Gak Bahagiaunsplash.com/Harold Wijnholds

Memori kelam masa lalu kerap kali menyisakan traumatik tersendiri bagi si penderitanya sehingga banyak di antara mereka hidup dengan membawa bayang-bayang masa lalu di kehidupannya sekarang. Meski masalah sudah lama berlalu namun pikiranmu masih susah lepas darinya dan ini sewaktu-waktu bisa menyerang moodmu kapan saja.

Kalau kamu sedang berada di situasi ini lebih baik segera lepaskan dan cobalah tuk maafkan segala hal yang sudah berlalu. Hal itu dapat membantumu untuk mendapatkan jiwa yang lebih tenang sehingga kamu dapat melanjutkan hidupmu dengan perasaan yang lebih nyaman.

2. Mudah merasa overthinking bahkan setiap saat

6 Pikiran Ini Bikin Kamu Selalu Terjebak Perasaan Gak Bahagiaunsplash.com/Danielle MacInnes

Pikiran seseorang yang mudah sekali merasa overthinking bahkan setiap saat tentunya hanya akan menguras energi serta kebahagiaanmu. Pikiran berlebih yang terus kamu ciptakan pada kenyataannya belum tentu akan related dengan keadaan sesungguhnya.

Jadi sebaiknya buang jauh-jauh kebiasaan overthinking ini agar kamu tidak terus menerus terbebani dengan pikiran negatif yang kamu ciptakan sendiri. Mulailah berlatih diri untuk membangun pola pikir yang positif. Cara ini efektif untuk membantu kamu mendapatkan hati dan pikiran yang jauh lebih damai untuk kembali rileks.

3. Terlalu banyak mengeluh

6 Pikiran Ini Bikin Kamu Selalu Terjebak Perasaan Gak Bahagiaunsplash.com/Presscilla

Terlalu larut meratapi keadaan dengan banyak mengeluh di setiap kondisi yang sedang kamu alami tentu hanya bikin kamu jauh dari perasaan bahagia. Mengeluh pun gak serta merta bikin keadaanmu menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Maka dari itu, sebaiknya sikapilah hidupmu dengan lebih bijaksana dan perbanyaklah rasa syukur agar kamu masih dapat merasakan segala nikmat yang sudah Tuhan beri untukmu. Kamu cenderung akan sulit bergerak maju bila masih saja memelihara kebiasaan negatif satu ini dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 7 Ekspresi Sederhana Bisa Digunakan untuk Membaca Pikiran Orang Lain!

4. Suka khawatir berlebihan

6 Pikiran Ini Bikin Kamu Selalu Terjebak Perasaan Gak Bahagiaunsplash.com/Verne Ho

Suka mengkhawatikan banyak hal termasuk hal-hal kecil sekalipun hanya akan bikin kamu sulit untuk bisa merasa santai dan berpikir lebih jernih. Khawatir memang salah satu bentuk emosi yang biasa dirasakan oleh setiap orang, namun akan menjadi tidak wajar bila rasa khawatir yang kamu ciptakan cenderung berlebihan.

Kamu cenderung akan mudah larut mencemaskan hidupmu, masa depanmu dan merasa takut akan kegagalan sehingga kamu akan sulit untuk dapat merasa bahagia. 

5. Menetapkan standar tinggi pada diri sendiri dan orang lain

6 Pikiran Ini Bikin Kamu Selalu Terjebak Perasaan Gak Bahagiaunsplash.com/Hannah Skelly

Terlalu menetapkan standar yang tinggi pada diri sendiri maupun orang-orang disekitarmu sudah tentu bikin kamu sulit untuk merasa bahagia. Sebab, pada kenyataannya hidup ini gak selalu berjalan sesuai dengan harapan yang kamu inginkan.

Jadi, sebaiknya jalani hidupmu realistisnya saja dan jangan pernah menaruh ekspektasi tinggi pada hal-hal apapun agar kamu tidak mudah terjebak pada perasaan kecewa yang mendalam. 

6. Melihat banyak hal dari sisi negatifnya 

6 Pikiran Ini Bikin Kamu Selalu Terjebak Perasaan Gak Bahagiaunsplash.com/Danielle MacInnes

Jika pikiranmu lebih banyak diisi dengan hal-hal negatif maka kamu akan sulit merasakan kebahagiaan dan kedamaian hidup. Namun sebaliknya bila pikiranmu diisi dengan banyak hal-hal positif sudah pasti kebahagiaan dan ketenangan semakin mudah untuk kamu dapatkan. Jadi, pilihan ada di tanganmu. Dirimulah penentu atas bahagia dan tidaknya kamu.

Demi hidup yang lebih baik, sebaiknya hindari segala hal yang bisa menguras energi serta perasaan bahagiamu. Kadang kehidupan ini keras dan sulit diprediksi, bila kamu masih memelihara enam pikiran negatif di atas, dikhawatirkan ini juga dapat membawa pengaruh buruk bagi kondisi kesehatan fisik dan mental kamu. 

Baca Juga: Menjalani Hidup dengan Konsep Hidup ala Orang Jepang, Ikigai

Dewi Ginan Photo Verified Writer Dewi Ginan

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya