Comscore Tracker

Tanpa Disadari, 7 Perbuatan Ini Bisa Merusak Citra Positif pada Dirimu

Perhatikan dan hindari kebiasaan ini!

Setiap orang membangun citra dirinya lewat perilaku dan perbuatan. Sudah selayaknya kamu senantiasa menjaga image dirimu untuk tetap menjadi seorang yang positif bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitarmu. Selain itu, hindari 7 perbuatan yang kerap gak disadari berikut ini, sebab hal ini bisa merusak citra dirimu sendiri, lho. Apa saja?

1. Berbicara dengan nada tinggi dan tidak memperhatikan tata bahasa yang tepat saat bicara

Tanpa Disadari, 7 Perbuatan Ini Bisa Merusak Citra Positif pada DirimuPixabay/ASSY

Berkomunikasi dengan siapapun, sebaiknya selalu gunakan tata bahasa yang baik dan benar. Dan juga selalu perhatikan nada suara kamu saat sedang berbicara pada orang lain. Jangan sampai apa yang keluar dari mulutmu dapat menyinggung perasaan orang lain.

Tahu gak, bila cara bicara kamu pada orang lain bisa menentukah apakah seseorang kedepannya akan tetap respek padamu atau tidak. Jangan sampai orang lain menilaimu negatif hanya karena kamu tidak bisa menjaga etika saat bicara. Kebiasaan ini tanpa sadar bisa merusak citra dirimu sendiri lho.

2. Terlalu banyak menguasai obrolan dan tidak bisa menjadi pendengar yang baik bagi orang lain

Tanpa Disadari, 7 Perbuatan Ini Bisa Merusak Citra Positif pada Dirimuunsplash/Tim Gow

Saat kamu terlalu banyak mendominasi obrolan, kamu bakal gak sadar bila tidak memberi kesempatan bagi yang lain untuk turut bicara. Bahkan saat sedang bertukar posisi sebagai lawan bicarapun, kamu juga tidak bisa menjadi pendengar yang baik bagi orang lain.

Tahu gak, bila sikapmu ini tanpa sadar telah menunjukan bahwa kamu seorang yang egois karena tidak bisa menghargai orang yang ada disampingmu saat itu. Tentu hal ini bisa mempengaruhi persepsi orang lain terhadapmu.

3. Pelit senyum saat sedang berpapasan dengan orang lain

Tanpa Disadari, 7 Perbuatan Ini Bisa Merusak Citra Positif pada Dirimuunsplash/Cristian Newman

Seseorang yang pelit senyum saat sedang berpapasan dengan orang lain biasanya akan dianggap sebagai sosok yang dingin dan tidak ramah. Meski tersenyum sekilas terlihat seperti kebiasaan yang sepele, tapi siapa sangka jika bisa memberi dampak positif bagi dirimu dan orang lain.

Dengan tersenyum orang akan melihat bahwa kamu adalah sosok yang ramah dan hangat. Maka dari itu, agar tidak mendapat persepsi negatif dari orang lain, biasakan selalu tersenyum pada setiap orang yang kamu jumpai. Selain bernilai ibadah, kamu juga akan mendapat penilaian positif di mata mereka.

Baca Juga: Tak Perlu Ambil Hati, Ini 5 Sikap Bijak Menanggapi Cemoohan Orang Lain

4. Gemar memposting keluh kesah di media sosial

Tanpa Disadari, 7 Perbuatan Ini Bisa Merusak Citra Positif pada DirimuUnsplash.com/rawpixel

Memang diakui, peran media sosial saat ini selalu dapat menyedot perhatian banyak orang. Maka dari itu, demi menjaga image diri, jadilah pengguna media sosial yang bijak. Ingat, tidak semua hal harus kamu bagikan didunia maya untuk diketahui semua orang.

Tahu gak, apa yang kamu tunjukan dan perlihatkan baik pada orang lain didunia nyata dan maya dapat menunjukan kualitas dirimu.

Jadi, tidak semua keluh kesahmu harus menjadi konsumsi publik. Sebaiknya lebih bijak dan dewasalah dalam menyikapi keadaanmu sendiri.

5. Kamu lebih mengutamakan kebutuhan orang lain dibanding orang terdekat

Tanpa Disadari, 7 Perbuatan Ini Bisa Merusak Citra Positif pada DirimuUnsplash/Remi Walle

Banyak orang cenderung menunjukan sisi baik mereka di hadapan orang lain, bahkan ada yang rela mengorbankan waktu dan tenaga untuk orang yang begitu asing baginya. Namun sayangnya, ia bahkan mengabaikan orang-orang terdekatnya.

Ibarat buah yang bagus ia beri pada orang lain, namun buah yang agak busuk ia beri pada orang terdekat.

Seolah pengakuan dan penilaian orang lain itu penting baginya dibanding memfokuskan diri untuk lebih banyak menyenangkan orang-orang terdekatnya.

Padahal saat kamu jatuh dan terpuruk, pastinya kamu akan terlebih dulu lari pada orang terdekatmu. Maka dari itu, sangat tak bijak bila kamu tidak tahu mana orang-orang yang harus kamu prioritaskan dalam hidupmu. 

6. Merasa lebih berwawasan dari orang lain

Tanpa Disadari, 7 Perbuatan Ini Bisa Merusak Citra Positif pada DirimuUnsplash.com/Katie Treadway

Demi menjaga citra dirimu, sebaiknya hindari sikap merasa sok paling tahu dan mengerti banyak hal. Jangan karena ingin merasa diakui hebat dan berwawasan kamu jadi seorang yang tinggi hati dan menganggap lawan bicaramu tidak ada apa-apanya dibanding kamu.

Bukannya mendapat pujian dari orang lain, kamu malah akan dianggap sebagai orang yang sombong dan tinggi hati. Oleh karena itu, sebaiknya segera intropeksi diri deh! 

7. Kamu terlalu cuek dengan keadaan yang terjadi di sekitarmu

Tanpa Disadari, 7 Perbuatan Ini Bisa Merusak Citra Positif pada Dirimuunsplash.com/Aricka Lewis

Meski kamu memang merasa nyaman hidup secara individualis, namun tetap jangan lupakan kodratmu sebagai makhluk sosial. Jangan bersikap cuek atau apatis pada keadaan yang terjadi disekitarmu, tunjukanlah kepedulian dan empatimu pada lingkungan dan keadaan sekitarmu.

Orang tentu akan jauh lebih respek bila kamu bisa membaur dengan baik dengan orang-orang di sekitarmu. Sikap kepedulianmu pada sekitar akan menjadikanmu seorang yang lebih bersimpatik, sekaligus dapat menghindarkanmu dari stigma anti sosial dari orang lain.

Demi hidup yang lebih baik, sebaiknya selalu jaga citra dirimu. Dan hindari 7 perbuatan di atas agar kamu bisa menjadi seorang yang lebih positif dalam menjalani hidup. 

Baca Juga: Meski Menyebalkan, 7 Hal Ini Menandakan Kamu Telah Bersikap Dewasa

Dewi Ginan Photo Verified Writer Dewi Ginan

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya