Comscore Tracker

Terapkan 5 Prinsip Ini Agar Hidupmu Jauh Lebih Tenang dan Damai

Hidup sudah rumit jangan dibikin rumit lagi

Seperti yang kita tahu bahwa kehidupan ini banyak sekali ragam cerita di dalamnya. Gak melulu hanya diisi dengan kesenangan semata namun kamu juga harus beradaptasi dengan berbagai ujian hidup yang sudah Tuhan sediakan untukmu.

Meski begitu, dalam praktiknya, ada yang bisa menyesuaikan diri dengan ujian tersebut dan ada pula yang tidak, sehingga yang tidak bisa menyesuaikan diri dengan ujian hidup, mereka akan lebih mudah larut dalam perasaan sedih dan kecewa. Namun kamu perlu tahu, untuk mendapatkan hidup yang lebih tenang dan damai semua tergantung dari pola pikir kamu sendiri.

Sebaiknya coba deh terapkan 5 prinsip di bawah ini agar kamu bisa mendapatkan kehidupan yang lebih tentram.

1. Realistislah dalam melihat kehidupan

Terapkan 5 Prinsip Ini Agar Hidupmu Jauh Lebih Tenang dan DamaiUnsplash/Micah

Pertama-tama kamu harus realistis dalam melihat kehidupan, sebab hidup ini gak selalu diisi dengan kesenangan semata. Selama hidup, kamu juga akan sering bertemu dengan masalah dan itu gak bisa dihindari. 

Maka dari itu jangan terlalu menaruh ekspektasi besar pada kehidupan, sebab bila ekspektasi itu ternyata gagal terpenuhi yang ada kamu hanya akan dirundung rasa kecewa yang amat dalam.

Belajarlah untuk menerima keadaan diri sendiri. Sebab bila kamu bisa ikhlas menerima keadaan diri sendiri, kamu bisa menjalani hidup ini dengan lebih santai dan tenang.

2. Selalu tanamkan prasangka baik pada siapapun

Terapkan 5 Prinsip Ini Agar Hidupmu Jauh Lebih Tenang dan DamaiUnsplash/Priscilla Du Prezz

Selalu tanamkan prasangka baik pada siapapun, gak peduli apakah prasangkamu pada orang tersebut benar atau tidak. Karena dengan berprasangka baik tandanya kamu sudah menanamkan pikiran positif dalam dirimu maka hidupmu akan jauh lebih tentram.

Sebaliknya jika kamu mudah menaruh prasangka buruk pada orang lain, hidupmu akan selalu dihantui perasaan cemas dan gelisah. Hal ini tentu akan mengganggu ketenangan dan ketentraman hidup kamu.

Baca Juga: Menghindari 6 Keinginan Ini Bisa Bikin Hidupmu Makin Bahagia, Percaya?

3. Jadilah diri sendiri di manapun kamu berada

Terapkan 5 Prinsip Ini Agar Hidupmu Jauh Lebih Tenang dan Damaiunsplash.com/Aleni Stoakes

Jadilah dirimu yang jujur apa adanya di mana pun kamu berada. Jangan paksa diri kamu untuk hidup dengan memakai topeng agar kamu disukai dan diterima oleh banyak orang. Sebab akan melelahkan jika kamu selalu mengimbangi karakter semua orang dalam hidupmu.

Jadilah diri sendiri, jangan pedulikan pandangan orang lain terhadapmu. Mereka mau suka padamu atau tidak, biarlah, sebab kamu hidup bukan untuk membuat orang lain terkesan.

Dengan menjadi diri sendiri kamu akan melihat sendiri mana sosok teman yang bisa menerima apa adanya kamu. Dan juga kamu bisa lebih nyaman dalam menjalani hidup sebab kamu tidak punya tuntutan untuk menyenangkan siapapun.

4. Perbanyak bersyukur

Terapkan 5 Prinsip Ini Agar Hidupmu Jauh Lebih Tenang dan Damaiunsplash/Ben White

Dan juga salah satu kunci untuk mendapatkan kehidupan yang tenang dan damai adalah perbanyak rasa syukur kepada Tuhan atas segala rezeki dan nasib baik yang masih kamu miliki. Dengan senantiasa bersyukur sama halnya kamu menjauhkan hati dan pikiran kamu dari sifat tamak, sehingga kamu bisa menjalani hidup ini dengan lebih bahagia. Dengan bersyukur, kamu akan selalu merasa cukup dan puas dengan segala yang kamu miliki.

5. Perbanyak sabar

Terapkan 5 Prinsip Ini Agar Hidupmu Jauh Lebih Tenang dan Damaiunsplash/Ben White

Hidupmu akan jauh lebih nyaman jika kamu memiliki kontrol diri yang baik. Memang dalam hidup ini tak semua orang akan selalu memperlakukan kamu dengan baik. Namun dengan kendali diri yang baik, hal itu bisa menjauhkanmu dari masalah yang lebih besar lagi.

Yang perlu kamu tahu, sabar bukanlah simbol kekalahan atau kelemahan. Justru sabar adalah bukti bahwa kamu kuat dalam mengendalikan hawa nafsu. Dengan sabar hidupmu akan jauh lebih legawa.

Hidup sudah rumit jangan dibuat rumit lagi ya, guys. Jadi buatlah hari-harimu positif dengan coba praktikan 5 hal di atas.

Baca Juga: 5 Kebaikan yang Kita Dapatkan Saat Menahan Iri Terhadap Orang Lain

Dewi Ginan Photo Verified Writer Dewi Ginan

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya