Comscore Tracker

10 Cara Efektif Usir Rasa Suntuk dengan Rutinitasmu

Biar fresh dan gak suntuk melulu

Semua orang pasti pernah merasakan jenuh dalam hidupnya. Kerap kali melakoni rutinitas yang monoton dan berulang, bisa bikin seseorang jadi kehilangan gairah dan semangat.

Meski begitu, kebosanan merupakan kondisi emosional yang sifatnya hanya sementara, tentunya masih bisa kamu tanggulangi, salah satunya dengan melakukan kegiatan-kegiatan baru yang bisa bantu usir kejenuhanmu.

Nah, berikut 10 cara sederhana yang dapat bantu kamu mengusir kejenuhan yang sedang menderamu.

1. Mencari hobi baru

10 Cara Efektif Usir Rasa Suntuk dengan Rutinitasmupexels.com/Oliver Sjostrom

Cara ampuh untuk mengusir rasa suntuk salah satunya dengan melakukan hobi yang kamu sukai. Kalau kamu merasa bosan melakukan satu hobi, kamu bisa cari hobi baru yang bisa memicu semangatmu. Melakukan hobi yang disukai merupakan trik jitu untuk menghilangkan kebosanan seseorang.

2. Menghabiskan waktu di alam bebas

10 Cara Efektif Usir Rasa Suntuk dengan Rutinitasmupexels.com/Mike Andrei

Menghabiskan waktu di alam bebas sangat efektif untuk membuat dirimu menjadi lebih relaks dan tenang. Selain itu menjelajahi alam bebas juga dapat mengurangi tingkat stres dan depresi sehingga kegiatan ini dapat meningkatkan kesehatan mental kamu.

3. Menghabiskan waktu bersama orang yang tepat

10 Cara Efektif Usir Rasa Suntuk dengan Rutinitasmuunsplash.com/Priscilla Du Preez

Menghabiskan waktu bersama orang yang tepat merupakan bentuk charge energi yang mampu mengusir rasa suntuk yang sedang mendera dirimu. Jadi saat bosan melanda, coba luangkan waktumu untuk berbagi kisah dengan orang-orang terdekatmu. 

4. Tidur

10 Cara Efektif Usir Rasa Suntuk dengan Rutinitasmuunsplash.com/Wes Hicks

Meskipun hanya berlaku sejenak, nyatanya tidur juga mampu mengusir rasa bosan yang sedang melanda seseorang. Setidaknya dengan tidur, bisa memberikan suasana hati yang lebih baik di diri seseorang setelahnya.

5. Membuat dan menyusun planning hidup ke depan

10 Cara Efektif Usir Rasa Suntuk dengan Rutinitasmuunsplash.com/Raw Pixel

Membuat dan menyusun rencana hidup ke depan juga merupakan salah satu kegiatan yang dapat menghilangkan rasa bosan seseorang. Ketika kamu memfokuskan diri untuk merencanakan planning dan kamu menikmati setiap prosesnya, ini mampu mengusir kejenuhanmu.

Baca Juga: 5 Film Komedi Rowan Atkinson yang Wajib Ditonton Saat Suntuk

6. Menonton

10 Cara Efektif Usir Rasa Suntuk dengan Rutinitasmuunsplash.com/Rhett Noonan

Menghabiskan waktu untuk menonton acara favorit tanpa sadar dapat menghilangkan kebosanan yang sedang menderamu. Menonton acara kesukaan merupakan salah satu hiburan murah yang sangat ampuh dalam mengusir kebosanan seseorang.

7. Membaca

10 Cara Efektif Usir Rasa Suntuk dengan Rutinitasmupexels.com/Vincenzo Malagoli

Meski pun sebagian orang ada yang menganggap membaca adalah kegiatan yang membosankan, namun bagi sebagian yang lain, justru ada yang sangat menikmati aktivitas ini. Maka gak heran bila sebagian mereka bisa menghabiskan waktu yang lama karena ia begitu menikmati bacaan mereka.

Selain dapat memperkaya wawasan yang dimilikinya. Membaca juga sangat efisien dalam mengusir kebosanan seseorang.

8. Mendengarkan musik

10 Cara Efektif Usir Rasa Suntuk dengan Rutinitasmupexels.com/Marcelo Chagas

Mendengarkan musik merupakan hiburan yang murah dan ringan dan pastinya disukai oleh semua orang. Mendengarkan musik favorit juga dapat meningkatkan suasana hati sekaligus memperbaiki mood seseorang. Sehingga mereka bisa menikmati waktunya dengan baik.

9. Lakukan meditasi

10 Cara Efektif Usir Rasa Suntuk dengan Rutinitasmupexels.com/Rui Dias

Meditasi dapat memberikan ketenangan  sekaligus memberi kestabilan emosi di diri seseorang. Bila kamu merasa jenuh dengan segala rutinitas yang ada, kamu bisa coba lakukan meditasi untuk mengendalikan kebosanan yang sedang melandamu.

10. Bermain dengan hewan peliharaan

10 Cara Efektif Usir Rasa Suntuk dengan Rutinitasmupexels.com/Dominika Reseclay

Sebuah penelitian mengatakan bahwa bermain dengan hewan peliharaan efektif meredam stres dan tekanan di diri seseorang. Menghabiskan waktu untuk merawat dan bermain dengan hewan peliharaan dapat menghibur suasana hati seseorang sekaligus mampu menghilangkan kebosanan yang menderanya.

Sekarang kalau kamu sedang suntuk, jangan buru-buru bad mood, ya. Pilih untuk melakukan hal-hal positif yang bisa membuatmu tenang dan lebih bersemangat. Suntuk juga sebuah tanda kamu perlu beristirahat sejenak dari rutinitasmu.

Baca Juga: Suntuk Kerja? Mainin Deh 5 Game Gampang Nan Seru Ini

dewinner 93 Photo Verified Writer dewinner 93

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You