Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Dikendalikan untuk Menumbuhkan Kedewasaan 

Bersikap dewasa itu penting

Hidup tak selalu berjalan sesuai keinginan. Jatuh bangun selalu mewarnai prosesnya. Kita seringkali tidak siap saat ditempa masalah, sehingga kerap muncul perasaan bahwa dunia tak pernah berpihak pada kita.

Namun, sadarkah kita bahwa pada akhirnya akan selalu ada hal baik yang dapat dijadikan pelajaran? Pelajaran-pelajaran tersebut juga akan menuntun kita menjadi pribadi yang lebih dewasa. Berikut 5 hal yang perlu dikendalikan untuk menumbuhkan kedewasaan.

1. Rasa kecewa 

5 Hal yang Perlu Dikendalikan untuk Menumbuhkan Kedewasaan pexels.com/vera-arsic-304265

Kepercayaan kita terhadap seseorang atau sesuatu, tak jarang membuat harapan melambung terlalu tinggi. Hingga kita tak siap ketika kenyataan tak sejalan dengan apa yang diharapkan. 

Namun, dari kekecewaan inilah kita bisa belajar untuk tidak menaruh harapan berlebih terhadap hal-hal yang belum pasti. Selalu melakukan yang terbaik dan mengikhlaskan apa pun hasilnya akan membuat hati jauh lebih tenang.

2. Merasa selalu gagal 

5 Hal yang Perlu Dikendalikan untuk Menumbuhkan Kedewasaan pexels.com/pixabay

Merasa selalu gagal merupakan salah satu penyebab redupnya semangat. Padahal, dari kegagalan itu kita dapat mempelajari faktor-faktor yang membuat kita gagal sehingga tidak terulang di kemudian hari. 

Yakinlah, setiap orang memiliki jatah gagalnya masing-masing. Kita tidak pernah tahu pada usaha ke berapa kita akan berhasil. Jadi, anggap saja kegagalan itu sebagai langkah-langkah kecil yang kita lakukan dalam upaya menjemput keberhasilan. 

Baca Juga: 5 Alasan Miliki Kedewasaan dalam Diri, Penting Bagi Kualitas Hubungan

3. Merasa tak layak 

5 Hal yang Perlu Dikendalikan untuk Menumbuhkan Kedewasaan pexels.com/olly

Hal ini seringkali terjadi saat kita melihat orang lain lebih baik dari kita. Sulit mengidentifikasi kelebihan diri sendiri menjadi faktor yang menyebabkan kurangnya penerimaan diri.

Percayalah, setiap manusia memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing. Maka dari itu, penerimaan diri sangat dibutuhkan agar kita bisa lebih mencintai diri sendiri. 

4. Merasa sudah terlanjur buruk 

5 Hal yang Perlu Dikendalikan untuk Menumbuhkan Kedewasaan pexels.com/juanpphotoandvideo

Perasaan seperti ini membuat sebagian orang malas untuk memperbaiki diri. Padahal, perbaikan diri selalu jadi langkah awal untuk menemukan potensi-potensi dalam diri yang sebelumnya tersembunyi. 

Setiap manusia memiliki kesalahan dan manfaatkanlah kesempatan yang ada untuk memperbaikinya. Jangan pernah merasa terlalu buruk untuk melakukan hal-hal baik.

5. Terlambat untuk memulai 

5 Hal yang Perlu Dikendalikan untuk Menumbuhkan Kedewasaan pexels.com/marius-mann-772581

Perasaan ini sering muncul saat kita melihat orang lain sudah berhasil lebih dulu. Jalan hidup setiap orang berbeda. Bisa saja dia lebih dulu mencapai suatu hal, dan kita diberi jalan untuk lebih dulu menyelesaikan hal lainnya. 

Dengan mengendalikan kelima hal tersebut, kita akan terlatih menjadi pribadi yang lebih dewasa. Kedewasaan dapat mengubah pemikiran buruk kita terhadap masalah-masalah yang datang, sehingga kita dapat bersikap lebih bijak dalam menyelesaikannya. Jadi, apakah kamu sudah berhasil menjadi pribadi yang lebih dewasa dari sebelumnya?

Baca Juga: 5 Alasan Logis Mengapa Kunci Kedewasaan Adalah Bertanggung Jawab

Dhini Chalista Photo Writer Dhini Chalista

Perempuan biasa yang hobi diskusi dan menuangkan isi kepala dalam bentuk tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya