Comscore Tracker

Ramadan di Tengah Pandemik Harus Tetap Disyukuri, Ini 5 Alasannya

Ada hikmah di balik #RamadanDiRumah

Pandemi COVID-19 yang muncul sejak awal 2020 ini cukup meresahkan. Bukan hanya berpengaruh terhadap aktivitas ekonomi, imbauan physical distancing pun membuat Ramadan kali ini terasa sangat berbeda. Namun, hal itu tidak boleh membuat kita jadi hilang semangat dan bermalas-malasan. 

Meski berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ini 5 alasan mengapa Ramadan kali ini harus tetap disyukuri.

1. Masih dipertemukan dengan Ramadan 

Ramadan di Tengah Pandemik Harus Tetap Disyukuri, Ini 5 Alasannyapexels.com/ekrulila

Di masa pandemi seperti ini, dipertemukan kembali dengan Ramadan dalam keadaan sehat merupakan nikmat yang harus disyukuri. Itu artinya kita masih diberi kesempatan untuk lebih banyak beribadah dan memperbaiki diri.

2. Memiliki lebih banyak waktu untuk ibadah

Ramadan di Tengah Pandemik Harus Tetap Disyukuri, Ini 5 Alasannyapexels.com/abdghat

Salah satu upaya yang dianjurkan untuk memutus rantai penyebaran virus yaitu dengan mematuhi imbauan physical distancing. Tetap di rumah selama Ramadan tak sepenuhnya buruk, sebab kita jadi memiliki lebih banyak waktu untuk fokus memaksimalkan ibadah selama Ramadan. Memaksimalkan ibadah juga merupakan wujud syukur kita atas nikmat sehat yang masih Allah berikan hingga saat ini.

Baca Juga: Inilah 5 Waktu Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadan, Yuk Pahami

3. Meminimalisir kegiatan yang sia-sia

Ramadan di Tengah Pandemik Harus Tetap Disyukuri, Ini 5 Alasannyapexels.com/thelazyartist

Tanpa disadari, kita sering melakukan kegiatan yang sia-sia saat berada di luar rumah. Padahal, saat-saat tersebut bisa kita manfaatkan dengan baik jika berada di rumah saja. Misalnya, agenda untuk jalan-jalan sambil ngabuburit, bisa kita ganti dengan tadarus sambil menunggu waktu buka puasa, kan? Begitu pun dengan kegiatan lainnya.

4. Jadi lebih banyak waktu untuk keluarga di rumah

Ramadan di Tengah Pandemik Harus Tetap Disyukuri, Ini 5 Alasannyapexels.com/mentatdgt-330508

Ramadan kali ini membuat kita memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga di rumah. Jika sebelumnya kita disibukkan dengan agenda di luar rumah, kali ini kita bisa sepuasnya menikmati Ramadan bersama keluarga. Hal ini akan membuat hubungan antar anggota keluarga jadi semakin hangat dan kompak. 

Untuk kamu yang merantau, jangan sedih! Saat ini sudah banyak teknologi yang bisa digunakan untuk komunikasi tatap muka meski dari jauh. Semoga pandemi ini segera berlalu dan dengan keluarga, bisa kembali bertemu. 

5. Akan lebih menghargai pertemuan dengan Ramadan selanjutnya

Ramadan di Tengah Pandemik Harus Tetap Disyukuri, Ini 5 Alasannyapexels.com/msyaifull

Kondisi seperti ini membuat kita mengingat betapa ibadah di Ramadan sebelumnya masih kurang maksimal. Sedangkan kita tidak pernah tahu apakah kita akan dipertemukan kembali dengan Ramadan selanjutnya. Itulah hal positifnya! Semakin kita menyadari bahwa pertemuan dengan Ramadan adalah hal yang sangat istimewa, kita akan lebih semangat dalam meningkatkan iman serta memaksimalkan ibadah saat dipertemukan kembali dengan Ramadan selanjutnya.

Itulah 5 hal yang perlu kita syukuri meski menjalani Ramadan di tengah pandemi. Tetap semangat, ya!

Baca Juga: Catat! 5 Tips Jitu Lancar Salat Tahajud Selama Bulan Ramadan

Dhini Chalista Photo Writer Dhini Chalista

Perempuan biasa yang hobi diskusi dan menuangkan isi kepala dalam bentuk tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya