Comscore Tracker

Ingat 5 Hal Ini Sebelum Memutuskan untuk Menyerah

Jangan sampai ada yang disesali di kemudian hari!

Lelah dan jenuh terhadap sesuatu merupakan perasaan yang wajar ditemui saat harus berhadapan dengan banyak hal dalam satu waktu. Perasaan seperti itu seringkali menimbulkan rasa ingin menyerah karena usaha yang dilakukan seolah tidak mengubah apa pun. Jangan terlalu cepat memutuskan untuk menyerah! Beri waktu pada dirimu untuk istirahat sejenak, lalu ingat-ingat beberapa hal di bawah ini!

1. Pastikan usahamu sudah benar-benar maksimal

Ingat 5 Hal Ini Sebelum Memutuskan untuk MenyerahIlustrasi daftar kegiatan (by Ivan Samkov on Pexels)

Terkadang kita merasa lelah justru bukan karena usaha maksimal yang kita keluarkan, namun karena terlalu banyak memikirkan bagaimana cara mendapatkan hasil paling sempurna dalam waktu singkat. Tanpa disadari, terlalu banyak memikirkan hal tersebutlah yang membuatmu cepat lelah hingga merasa kehabisan energi. 

Coba dipastikan lagi, benarkah ini usaha terbaikmu atau kamu hanya lelah karena hal yang diinginkan ternyata tidak semulus yang kamu bayangkan?

2. Tanya pada dirimu: Sebesar apa keinginan untuk mencapai hal tersebut?

Ingat 5 Hal Ini Sebelum Memutuskan untuk MenyerahIlustrasi berpikir (by Thirdman on Pexels)

Jika kamu sangat menginginkan hal tersebut, tentunya menyerah bukan keputusan yang mudah. Coba diingat lagi tujuan awalmu mengusahakan hal tersebut, sebesar apa keinginanmu untuk mencapai titik tersebut, dan apa saja yang telah kamu korbankan demi mencapai hal tersebut.

Jika kamu memutuskan untuk menyerah, berarti semua hal itu akan dilepas begitu saja. Yakin?

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini saat Kamu Ingin Menyerah dari Kondisi Terberat

3. Masih ada kemungkinan berhasil jika dicoba lagi 

Ingat 5 Hal Ini Sebelum Memutuskan untuk MenyerahIlustrasi belajar (by Giftpundits.com on pexels.com)

Masihkah kamu ingin menyerah jika mengetahui bahwa kamu akan berhasil di percobaan berikutnya? Kita tidak pernah tahu pada percobaan ke berapa kita akan berhasil, atau usaha mana yang akan mengantarkan kita menuju titik yang diinginkan.

Ada yang langsung berhasil pada percobaan pertama, ada juga yang perlu waktu bertahun-tahun untuk mencapai keberhasilan tersebut. Namun, ingatlah bahwa selalu ada kemungkinan untuk berhasil selama kita tidak menyerah.

4. Apa yang akan dilakukan selanjutnya jika memutuskan untuk menyerah?

Ingat 5 Hal Ini Sebelum Memutuskan untuk MenyerahIlustrasi khawatir (by MART PRODUCTION on Pexels)

Sudahkah kamu memikirkan rencana selanjutnya jika memutuskan untuk menyerah? Jangan sampai malah merasa hampa setelahnya. Setidaknya temukan hal lain yang membuat hidupmu jadi lebih bersemangat.

Mengganti tujuan di tengah jalan merupakan hal yang wajar kok! Lakukan saja selama kamu merasa hal tersebut membuat dirimu menjadi lebih baik.

5. Pastikan tidak menyesalinya di kemudian hari

Ingat 5 Hal Ini Sebelum Memutuskan untuk MenyerahIlustrasi bahagia (by Andre Furtado on Pexels)

Melepas hal yang telah diusahakan bukan hal mudah. Terlebih jika banyak yang telah dikorbankan demi mencapai hal tersebut.

Namun, keputusan tetap ada di tanganmu. Tidak apa-apa jika kamu benar-benar ingin berhenti mengusahakannya, namun pastikan tidak akan ada yang kamu sesali di kemudian hari. 

Jadi, kamu benar-benar ingin menyerah atau hanya butuh jeda karena lelah? Apa pun keputusanmu, jangan lupa berterima kasih pada diri sendiri karena telah bertahan sejauh ini. Kamu hebat!

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Cowok Lebih Pilih Menyerah dalam Memperjuangkan Cinta

Dhini Chalista Photo Verified Writer Dhini Chalista

Dinilai sebagai pendiam oleh banyak orang, namun sebenarnya memiliki isi kepala yang cukup berisik.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya