Comscore Tracker

Inilah 5 Standar Kehidupan yang Membuatmu Kehilangan Percaya Diri

Tak apa, kamu berharga sebagaimana adanya dirimu

Tak jarang rencana, impian, serta harapan yang sudah kita peraiapkan untuk masa depan lenyap begitu saja karena bertentangan dengan pandangan banyak orang. Banyak hal di kepala kita yang sebenarnya berpotensi mengantarkan kita pada keberhasilan. Namun, standar kehidupan sekitarmu seolah tak memberi restu dan pada akhirnya kamu memutuskan untuk menyerah.

Hati-hati, inilah lima standar kehidupan masyarakat yang dapat membuatmu kehilangan kepercayaan diri.

1. Prestasi akademik harus baik

Inilah 5 Standar Kehidupan yang Membuatmu Kehilangan Percaya Diripexels.com/giftpundits-com-551816

Sejak kecil, nilai akademik seringkali jadi bahan perbandingan. Yang nilainya lebih kecil dianggap kurang pintar. Padahal kita semua tahu bahwa manusia diciptakan berbeda dengan keunggulan masing-masing.

Bukan berarti nilai akademik tak perlu baik, namun berhenti menyalahkan diri sendiri atas kurangnya pencapaian akademik yang kamu miliki. Tak perlu berkecil hati, tunjukkan bahwa kamu mampu unggul di bidang lain yang sesuai dengan minat dan bakatmu.

2. Gak ngantor berarti gak kerja

Inilah 5 Standar Kehidupan yang Membuatmu Kehilangan Percaya Diriunsplash.com/huntersrace

Ketika berbicara soal kerja, yang ada dalam pikiran sebagian besar orang biasanya tak jauh dari ngantor. Pergi pagi pulang sore, tunjangan, jaminan, dan sebagainya. Padahal, menghasilkan uang tak mesti menjadi karyawan di suatu perusahaan.

Banyak jalan yang bisa ditempuh untuk memperoleh pundi-pundi rupiah. Jika memang rejekimu datang melalui berjualan atau usaha positif apa pun yang bisa dilakukan, kenapa tidak?

Tetap semangat! Abaikan omongan yang membuatmu merasa kehilangan percaya diri. Kita semua punya hak untuk memilih jalan mana yang akan diambil sebagai sumber penghasilan. 

Baca Juga: 5 Pengaruh Rasa Percaya Diri pada Perkembangan Pribadi Seseorang

3. Penampilan sederhana dipandang sebelah mata

Inilah 5 Standar Kehidupan yang Membuatmu Kehilangan Percaya Diripexels.com/roseleon

Setiap orang memiliki selera yang berbeda dalam berbusana. Ada yang suka memakai aksesoris lengkap, ada yang sudah terbiasa dengan jenis pakaian tertentu, misal sehari-hari pakai kemeja, celana jeans, atau yang lainnya. Namun ada juga yang merasa lebih nyaman dengan berpakaian sederhana.

Tak ada yang salah dengan selera berpakaian masing-masing individu selama tetap rapih. Sayangnya, tak jarang kita dipandang sebelah mata jika berpenampilan sederhana. Untukmu yang sering merasa demikian, fokus saja dengan hal-hal positif yang mengelilingimu.

Tak ada yang salah dengan penampilanmu, tak masalah juga jika karena hal tersebut kamu dipandang sebelah mata. Yang penting kamu harus menyadari bahwa dirimu berharga terlepas dari bagaimana penilaian orang lain terhadapmu. 

4. Kondisi fisik harus sempurna

Inilah 5 Standar Kehidupan yang Membuatmu Kehilangan Percaya Diripexels.com/minan1398

Gendut, kurus, kulit kering, berjerawat, berminyak, tinggi, pendek, atau kondisi fisik lainnya seringkali membuat kita kurang percaya diri. Terlebih jika mendengar kalimat tidak menyenangkan dari kanan kiri mengenai hal tersebut.

Untukmu yang merasa tidak bahagia dengan kondisi fisiknya, ingat bahwa kamu adalah salah satu mahakarya Tuhan dan jika kamu menyesalinya, itu berarti secara tidak langsung kamu tidak menghargai ciptaan-Nya. Banyak kok yang berhasil melejitkan prestasinya di tengah keterbatasan fisik, lantas masihkah kita punya alasan untuk tidak bersyukur dengan apa yang kita miliki?

Jika memang kamu merasa fisikmu tak bisa jadi modal untuk meningkatkan rasa percaya diri, silakan cari potensi yang bisa kamu kembangkan dalam dirimu. Selain itu, kamu juga akan jadi lebih banyak memanfaatkan waktu untuk hal-hal yang lebih bermanfaat dibanding harus memikirkan pandangan orang lain terhadap kondisi fisikmu.

5. Pilihan orangtua merupakan yang terbaik

Inilah 5 Standar Kehidupan yang Membuatmu Kehilangan Percaya Diripexels.com/julia-m-cameron

Saat kecil, kita terbiasa meminta pendapat orangtua tehadap apa saja yang ingin dibeli. Kebiasaan itu terbawa hingga dewasa padahal kita merasa sudah memiliki kapabilitas untuk memilih segala sesuatunya sendiri. Orangtua memang memiliki lebih banyak pengalaman dan lebih tahu mengenai banyak hal.

Namun, tak ada salahnya kamu memiliki pilihan dalam hidupmu sendiri. Jika pilihanmu bertentangan dengan keinginan kedua orang tuamu, silakan bicarakan baik-baik karena pada dasarnya orangtua hanya menginginkan yang terbaik untuk anaknya.

Itulah lima standar kehidupan yang sudah terbentuk di tengah masyarakat dan dapat membuatmu kehilangan percaya diri. Tak perlu berkecil hati, yakinlah bahwa dirimu berharga terlepas dari pandangan orang lain terhadapmu. 

Baca Juga: 5 Trik Jitu agar Kamu Percaya Diri Setiap Saat, Gak Lagi Minder deh!

Dhini Chalista Photo Writer Dhini Chalista

Perempuan biasa yang hobi diskusi dan menuangkan isi kepala dalam bentuk tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya