Comscore Tracker

8 Hal Perlu Kamu Lakukan Saat Pasanganmu Seorang Overthinker!

Biar hubunganmu awet kamu wajib tahu ini

Bagaimana jadinya jika pasanganmu ternyata adalah seorang overthinker? Apalagi kalau kamu seorang yang gak suka ribet pasti merasa kurang nyaman dengan kebiasaan dia yang satu ini.

Tapi jangan khawatir sebenarnya punya pasangan overthinker bukan kesalahan yang bikin kamu harus menjauhi dia. Kamu hanya perlu tahu apa yang harus kamu lakukan untuknya. Nah, ini dia 8 hal yang perlu kamu lakukan saat pasanganmu sering banget overthinking.

1. Beri waktu untuk dia berpikir saat ada masalah

8 Hal Perlu Kamu Lakukan Saat Pasanganmu Seorang Overthinker!Pexels/Vera Arsic

Seorang overthinker memang memiliki waktu yang lebih lama untuk memikirkan penyelesaian suatu masalah. Ia akan mempertimbangkan masalah dengan sangat matang. Jadi jangan sampai kamu memaksa dia untuk berhenti terlalu memikirkan masalah yang dia hadapi itu justru bikin dia makin kepikiran.

Sesungguhnya dia sedang mencari jalan terbaik untuk memecahkan suatu masalah dan dia tidak suka asal mengambil jalan yang instan.

2. Temani dia saat sedang kesulitan

8 Hal Perlu Kamu Lakukan Saat Pasanganmu Seorang Overthinker!Pexels/Thomas Ward

Ketika dia kesulitan menghadapi masalah coba untuk sering menemaninya mengatasi setiap masalahnya. Keberadaanmu akan membuat dia merasa lebih tenang sehingga dia tidak terlalu khawatir menghadapi kesulitan yang sedang dialami. Dia juga akan berpikir lebih jernih kalau kamu selalu mendukungnya.

3. Beri tahu dia untuk lebih santai menjalani hidup ini

8 Hal Perlu Kamu Lakukan Saat Pasanganmu Seorang Overthinker!Pexels/Tirachard Kumtanom

Awalnya dia mungkin merasa kamu seolah menggampangkan setiap masalah sebenarnya kamu sedang membantu dia untuk berhenti terlalu keras memikirkan setiap masalahnya. Kamu harus bisa beri tahu untuk lebih banyak meluangkan pikirannya untuk hal - hal yang positif saja. Bantu dia untuk lebih tenang ketika menghadapi masalahnya. Lama-kelamaan dia akan mulai mengalihkan pikirannya ke hal-hal yang positif.

4. Bersikaplah dewasa ketika dia mulai panik dengan pikirannya

8 Hal Perlu Kamu Lakukan Saat Pasanganmu Seorang Overthinker!Pexels/mentatdgt

Mulai sekarang kamu perlu untuk bersikap lebih dewasa ketika menghadapi dia yang mulai panik dengan pikirannya sendiri. Jangan sampai kamu ikut memperparah situasi dengan egomu. Cobalah buat bersikap dewasa dan beri ketegasan padanya untuk tidak terlalu memikirkan risiko atas pilihanlah. Coba yakinkan dia untuk selalu siap menghadapi risiko dari pilihan yang akan diambilnya.

Baca Juga: 6 Tips Meluluhkan Hati Agar Gak Over Protektif Terus pada Pasangan

5. Selalu jujur padanya

8 Hal Perlu Kamu Lakukan Saat Pasanganmu Seorang Overthinker!Pexels/cottonbro

Kejujuran memang kunci dari setiap hubungan agar bisa awet. Oleh karena itu, selalu jujur padanya akan membuat dia percaya sepenuhnya padamu. Berusahalah untuk gak bohongin dia bahkan untuk hal - hal sekecil apa pun.

6. Gak perlu takut buat cerita apapun ke dia

8 Hal Perlu Kamu Lakukan Saat Pasanganmu Seorang Overthinker!Pexels/Burst

Meski pun dia sering overthinking tapi bukan berarti untuk takut ceritamu bikin dia kepikiran. Justru dia lebih suka jika kamu terbuka padanya. Itu akan membuat dia juga nyaman untuk terbuka padamu. Justru akan bikin dia gak keseringan memendam masalahnya sendiri.

7. Coba alihkan pikirannya pada hal yang dia sukai

8 Hal Perlu Kamu Lakukan Saat Pasanganmu Seorang Overthinker!Dramabeans

Ketika dia mulai menjadi overthinking cobalah untuk mengalihkan pikirannya pada hal yang dia sukai. Bisa dengan mengajaknya menikmati hobinya bersama. Me-refresh pikiran dengan hal - hal yang menyenangkan dipercaya dapat membantu mengurangi dari pikiran yang negatif.

8. Jadilah pendengar yang baik

8 Hal Perlu Kamu Lakukan Saat Pasanganmu Seorang Overthinker!Pexels/Anastasiya Lobanovskaya

Seorang overthinker memang sulit sekali mengendalikan pikirannya karena dia memiliki sifat yang sangat sensitif. Cobalah berperan menjadi pendengar yang baik, ajak dia untuk bercerita dan coba dengarkan apa yang sebenarnya dia pikirkan. Dengan begitu kamu bisa membantu memberikan saran untuknya.

Kebiasaan overthinking memang kebiasaan yang harus kita tinggalkan. Meski pun tidak semua orang bisa menyikapi suatu permasalahan dengan pikiran yang tenang tetapi kebiasaan overthinking itu gak baik buat diri kita sendiri lho.

Sebenarnya orang yang kebanyakan mikir karena ia merasa takut harus menghadapi risiko atas pilihan hidupnya nanti. Di sini lah peran seorang pasangan penting baginya. Bagi kamu yang punya pasangan yang sering overthinking coba untuk lebih memahami keadaannya dan buat keadaan itu menjadi mudah jika bersama.

Baca Juga: Girls, Ini 5 Tips Ampuh Agar Doi Bisa Lebih Memahami Perasaanmu

Puspita Diah Photo Writer Puspita Diah

Trust your hunches. They're usually based on facts filed away just bellow the conscious level - DR. Joyce Brothers

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya