Comscore Tracker

5 Alasan Positive Self-Talk Penting untuk Dilakukan

Sudah dilakukan mulai sekarang belum?

Ada banyak hal yang bisa kita rasakan ketika kita sering memberi sugesti positif kepada diri kita sendiri. Melalui dialog positif inilah bisa membantu kita mengenali diri kita lebih baik lagi. Selain itu, positive self-talk juga salah satu cara terbaik untuk membangkitkan motivasi dalam diri kita.

Lalu, kenapa penting sekali mulai melakukan positive self-talk kepada diri sendiri? 

1. Membantu meningkatkan kualitas diri

5 Alasan Positive Self-Talk Penting untuk DilakukanIlustrasi pria berselancar (pexels.com/Guy Kawasaki)

Sering melakukan positive self-talk tentu akan membuat kita senantiasa terhindar dari pikiran yang negatif. Hal ini tentu sangat baik untuk kita. Kita menjadi tidak merasa takut untuk memulai sesuatu yang baru, meskipun belum pernah mencobanya.

Positive self-talk juga bisa membantu kita untuk terus memotivasi diri untuk menjadi lebih bagi lagi. Dengan begitu, kualitas diri kita bisa terus meningkat.

2. Sarana mengurangi stres

5 Alasan Positive Self-Talk Penting untuk DilakukanIlustrasi menikmati sunset (pexels.com/Laura Stanley)

Banyaknya pekerjaan memang bisa membuat kita stres. Belum lagi harus mengatasi masalah hidup yang terus berdatangan. Oleh karena itu, positive self-talk bisa membantu kita untuk mengurangi tingkat stres yang kita alami. 

Apalagi saat stres mulai muncul, tidak ada salahnya mencoba berdialog yang positif dengan diri kita sendiri. Berdialog secara positif sangat bermanfaat memotivasi diri untuk tidak merasa sedih lagi.

Baca Juga: 5 Tips Membiasakan Self-Talk Positif, Bikin Hidup Bahagia

3. Baik untuk kesehatan

5 Alasan Positive Self-Talk Penting untuk DilakukanIlustrasi wanita berolahraga (pexels.com/pixabay)

Menurut penelitian, sering berdialog yang positif dengan diri sendiri rupanya baik untuk kesehatan. Positive self-talk tentu akan membawa kita kepada pribadi yang lebih positif.

Seseorang yang selalu berpikir positif cenderung jauh dari stres dan lebih mudah menjalani hidup sehat daripada yang tidak. Sehingga, hal inilah yang membuat kita jadi tidak rentan terkena penyakit. 

4. Menjadikan kita lebih percaya diri

5 Alasan Positive Self-Talk Penting untuk DilakukanIlustrasi wanita percaya diri (pexels.com/Keira Burton)

Tak dapat diragukan lagi, positive self-talk juga membantu kita untuk jadi pribadi yang lebih percaya diri. Kita menjadi semakin percaya diri ketika kita sudah sepenuhnya yakin kepada kemampuan yang kita miliki. 

Melalui positive self-talk kita terus mendorong pikiran kita untuk yakin pada kemampuan yang kita miliki. Keyakinan inilah yang membantu kita untuk tetap percaya diri dan tidak takut untuk gagal.

5. Menghindari dari sikap suka menyalahkan diri sendiri

5 Alasan Positive Self-Talk Penting untuk DilakukanIlustrasi wanita merenung (pexels.com/Keenan Constance)

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan dan sulit untuk dihindari adalah sering menyalahkan diri sendiri. Entah ketika kita salah, gagal, sedih maupun ketika kecewa, seringnya kita sibuk untuk mencari kesalahan dalam diri kita. Kebiasaan seperti ini tentu tidak baik jika terus kita lakukan.

Oleh karena itu, kita perlu membiasakan diri untuk melakukan positive self-talk agar bisa terhindar dari sikap ini. Kita juga bisa mulai membiasakan diri memberikan apresiasi terhadap hasil apa pun yang sudah didapatkan.

Dewasa ini, positive self-talk penting untuk dilakukan. Kita harus bisa menghargai diri sendiri dan lebih banyak mencintai diri sendiri. Untuk bisa ke tahap itu, kita perlu menanamkan positive self-talk dalam diri kita dan jangan pernah menghakimi diri sendiri, sekali pun kita gagal. So, sudah siap untuk positive self-talk mulai sekarang?

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Self Talk untuk Bangkitkan Motivasi dalam Dirimu

Puspita Diah Photo Verified Writer Puspita Diah

Trust your hunches. They're usually based on facts filed away just bellow the conscious level - DR. Joyce Brothers

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya