Comscore Tracker

10 Cara Jalani Isolasi Mandiri Sebagai ODP COVID-19 Agar Segera Pulih

Berdasarkan pengalaman dua ODP di DKI Jakarta

Dalam situasi merebaknya COVID-19, ODP (Orang Dalam Pemantauan) termasuk golongan yang dimonitori oleh tenaga medis dan wajib melakukan isolasi mandiri di rumah.

ODP adalah sebutan untuk orang yang mengalami salah satu gejala virus corona seperti demam, batuk pilek, sakit tenggorokan, atau sesak napas saja. Jadi, ia tidak perlu dirawat di rumah sakit namun harus tertib melakukan isolasi mandiri dan terus melaporkan perkembangannya.

Nah, berikut adalah sepuluh cara jalani isolasi mandiri sebagai ODP COVID-19 agar segera pulih secara fisik dan kondisi mental tetap stabil. Jangan panik, ya!

1. Membersihkan atau membereskan tempat tinggal

10 Cara Jalani Isolasi Mandiri Sebagai ODP COVID-19 Agar Segera PulihIDN Times/Anjani Eka Lestari

Selain untuk meminimalisir adanya kuman, virus, dan bakteri, membersihkan lingkungan tempat tinggal bisa membantu meredam stres bagi ODP. Kegiatan ini juga termasuk aktivitas fisik yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh.

2. Menonton film

10 Cara Jalani Isolasi Mandiri Sebagai ODP COVID-19 Agar Segera Pulihunsplash/Glenn Carstens-Peters

Menonton film lebih disarankan ketimbang memutar siaran televisi atau berselancar di media sosial. Banyaknya informasi seputar COVID-19 di televisi dan media sosial berpotensi menambah beban pikiran bagi ODP.

Cari referensi judul-judul film seru sesuai genre favoritmu. Atau, tonton ulang film dan serial lama yang masih terasa menarik bagimu.

3. Membaca buku

10 Cara Jalani Isolasi Mandiri Sebagai ODP COVID-19 Agar Segera PulihIDN Times/Anjani Eka Lestari

Membaca juga termasuk aktivitas menyenangkan yang banyak manfaatnya. Kamu bisa membaca buku pengetahuan atau novel favorit sebagai hiburan.

4. Melakukan hobi terpendam

10 Cara Jalani Isolasi Mandiri Sebagai ODP COVID-19 Agar Segera PulihIDN Times/Rizka Yulita

Jika sebelumnya jarang punya waktu untuk melakukan hobi, manfaatkan isolasi mandiri ini untuk menyalurkan minat dan bakatmu. Pastinya pilih aktivitas yang bisa dilakukan di dalam rumah dan gak perlu berinteraksi dengan orang lain.

5. Berdoa dan melakukan meditasi

10 Cara Jalani Isolasi Mandiri Sebagai ODP COVID-19 Agar Segera PulihPexels/Andrea Piacquadio

Berdoa atau melakukan meditasi bisa dijadikan metode relaksasi. Aktivitas ini baik untuk menjaga kondisi mentalmu agar tetap stabil. Jadikan sebagai penenang dari kepanikan dan beban pikiran yang muncul dari situasi sulit ini.

Baca Juga: 5 Langkah Cerdas Menangkal Hoax Seputar COVID-19 di Grup WhatsApp

6. Tetap menyempatkan waktu untuk berolahraga

10 Cara Jalani Isolasi Mandiri Sebagai ODP COVID-19 Agar Segera Pulihpixabay/burst

Menjaga tubuh tetap aktif bergerak, termasuk upaya yang baik untuk mempercepat pemulihan. Olahraga ringan seperti peregangan otot atau senam, bisa membuat tubuh tetap bugar selama jalani isolasi mandiri.

7. Berpartisipasi dalam diskusi online

10 Cara Jalani Isolasi Mandiri Sebagai ODP COVID-19 Agar Segera PulihIDN Times/Anjani Eka Lestari

Berstatus sebagai ODP bukanlah sebuah aib. Kamu belum tentu positif terinfeksi COVID-19. Perlu diingat bahwa gejala yang muncul di tubuhmu, masih terbilang ringan. Peluang untuk pulih dan kembali bugar terbuka sangat lebar.

Tetaplah aktif berpartisipasi dalam diskusi online bersama teman. Misalnya, di grup pekerjaan atau kuliah. Posisikan diri seperti kamu biasanya, saat belum dinyatakan sebagai ODP. Namun, tanpa mengurangi kewaspadaanmu.

8. Sempatkan membantu sesama sekecil apa pun bentuknya

10 Cara Jalani Isolasi Mandiri Sebagai ODP COVID-19 Agar Segera PulihPexels/cottonbro

Meskipun tengah menjalani isolasi mandiri, bukan berarti kamu gak bisa ikut berpartisipasi membantu penanganan COVID-19. Kamu bisa mendonasikan sedikit rezeki pada pihak-pihak terpercaya yang mengelola dana bantuan.

9. Jaga asupan gizi

10 Cara Jalani Isolasi Mandiri Sebagai ODP COVID-19 Agar Segera PulihIDN Times/Rizka Yulita

Pastikan kamu menjaga asupan gizimu supaya tetap seimbang demi proses pemulihan yang berjalan lebih cepat. Pilih atau olah sendiri makanan sesuai seleramu agar nyaman dan senang saat menyantapnya.

10. Pantau perkembangan gejala fisik

10 Cara Jalani Isolasi Mandiri Sebagai ODP COVID-19 Agar Segera PulihPexels/Polina Tankilevich

Paling penting nih, selalu pantau perkembangan kondisi fisikmu! ODP akan dipantau oleh tenaga medis melalui formulir yang diberikan setelah pemeriksaan. Laporkan semua gejala yang kamu rasakan secara rinci dan jujur untuk memudahkan penanganan.

Ukur suhu tubuhmu tiga kali sehari! Laporkan apakah gejala yang muncul pada tenggorokan dan pernapasan mengalami perubahan, dan lain-lain.

Itu dia sepuluh cara jalani isolasi mandiri sebagai ODP. Tetap semangat dan semoga segera pulih, ya!

Baca Juga: Per Hari Senin, Jumlah ODP di Solo Mencapai 2.795 Orang

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya