Comscore Tracker

Gak Tahan Panas, 5 Fakta Tanaman Monstera Obliqua yang Berdaun Unik

Cocok dijadikan tanaman hias di dalam ruangan

Pernah mendengar tanaman bernama Monstera obliqua? Tanaman unik ini adalah salah satu jenis Monstera. Seiring merebaknya hobi berkebun di tengah pandemik, tanaman ini pun makin banyak dicari.

Bisa laku dijual sampai jutaan rupiah, yuk simak lima fakta tanaman Monstera Obliqua! Banyak dijadikan dekorasi kafe kekinian, lho!

1. Bentuk daunnya unik

Gak Tahan Panas, 5 Fakta Tanaman Monstera Obliqua yang Berdaun Unikshopee.co.id/budysugiarto76

Monstera obliqua punya daun yang unik. Bentuknya menyerupai hati. Sekilas mirip daun sirih, namun terkesan lebih lonjong. Daunnya berlubang dan motif lubangnya tersusun rapi mengikuti ruas tulang daun. 

2. Termasuk jenis Monstera yang banyak dicari

Gak Tahan Panas, 5 Fakta Tanaman Monstera Obliqua yang Berdaun UnikUnsplash/ZinahInsignia

Berkebun jadi hobi yang banyak digemari di tengah pandemik. Monstera termasuk tanaman yang banyak digemari dan dibudidayakan. Monstera obliqua termasuk jenis Monstera yang laris di pasaran selain jenis deliciosa yang bermotif robekan di sekujur daun.

3. Cara menanamnya mudah, bisa dari potongan batang

Gak Tahan Panas, 5 Fakta Tanaman Monstera Obliqua yang Berdaun UnikUnsplash/MikeMarquez

Cara menanam Monstera obliqua terbilang mudah untuk pemula. Perawatannya pun gak ribet, cocok buat yang baru coba-coba berkebun.

Untuk mengembangbiakkan Monstera obliqua, bisa dengan cara stek batang. Terdapat potongan akar di setiap ruas batang Monstera. Nah, bagian batang yang ada akarnya, ditanamkan ke dalam media tanam.

Harus sabar, ya merawat Monstera obliqua! Pertumbuhan tanaman ini terbilang lambat. Jika kamu telaten, pasti girang banget saat menyaksikan bakal daun pertama mulai tumbuh. Cobain, deh!

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Sayur dan Buah yang Estetik Jadi Tanaman Hias di Rumah

4. Tanaman hias yang gak tahan suhu panas

Gak Tahan Panas, 5 Fakta Tanaman Monstera Obliqua yang Berdaun UnikPinterest.com/Marye 77

Monstera obliqua harus diletakkan di tempat sejuk. Tanaman ini cocok dijadikan hiasan di dalam ruangan atau teras yang terlindung dari terik matahari.

Daunnya tumbuh subur dan sehat pada suhu di bawah 30 derajat Celcius. Untuk memenuhi kebutuhan asupan sinar matahari, jemur tanaman ini pada pagi hari saat belum terlalu terik.

5. Bikin ruangan jadi estetik, Monstera obliqua bisa laku dijual sampai jutaan rupiah

Gak Tahan Panas, 5 Fakta Tanaman Monstera Obliqua yang Berdaun Unikinstagram.com/houseofplantlovers

Daun Monstera obliqua memang bukan tipikal tanaman yang bisa tumbuh lebar seperti jenis deliciosa. Namun bentuknya yang unik dan cantik, juga punya nilai jual tinggi.

Percaya, gak kalau tanaman ini bisa laku jutaan rupiah? Selain jadi hobi yang asyik, kalau ditekuni bisa mendatangkan pemasukan, nih!

Ada yang sudah mencoba budidaya Monstera obliqua? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Mudah Dirawat, 7 Jenis Tanaman Herbal yang Cocok Dipilih oleh Pemula 

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya