Comscore Tracker

6 Jenis Monstera untuk Dekorasi Ruangan, dari Daun Kecil hingga Lebar

Tanaman ini punya nama lain Janda Bolong, lho!

Pencinta tanaman hias pasti gak asing dengan monstera. Tanaman jenis philodendron ini masuk dalam keluarga talas-talasan (Araceae), sama seperti aglonema yang juga populer sebagai tanaman hias.

Uniknya, di Indonesia monstera juga dikenal dengan nama tanaman janda bolong. Julukan ini terinspirasi dari bentuk daunnya yang berlubang. Berikut ini enam jenis monstera yang cocok dijadikan dekorasi ruangan, mulai dari yang berdaun kecil hingga lebar.

1. Monstera deliciosa

6 Jenis Monstera untuk Dekorasi Ruangan, dari Daun Kecil hingga LebarPexels.com/Huy Phan

Tanaman monstera memiliki lebih dari 50 jenis dengan bentuk daun yang berbeda-beda. Jenis yang paling populer dan banyak dicari adalah monstera deliciosa. Monstera jenis ini bisa tumbuh subur di temperatur 20-30 derajat celcius, sehingga cocok diletakkan di dalam ruangan.

Monstera deliciosa punya daun berukuran lebar, dengan motif sobekan yang memanjang dari tulang daun dan menganga hingga tepi. Makin tua usia tanaman, makin tua pula warna hijau pada daunnya.

2. Monstera borsigiana

6 Jenis Monstera untuk Dekorasi Ruangan, dari Daun Kecil hingga LebarPexels.com/Samuel Crosland

Jenis monstera lainnya yang banyak dijadikan hiasan ruangan adalah monstera borsigiana. Sekilas bentuk daunnya mirip jenis deliciosa, namun ukurannya lebih kecil dan cenderung oval atau bulat.

Motif sobekan pada daunnya lebih jarang. Selain itu, daun monstera borsigiana cenderung menjuntai. Jika dibiarkan tumbuh tinggi, tanaman ini akan memberi kesan teduh di dalam ruangan.

3. Monstera varigeata

6 Jenis Monstera untuk Dekorasi Ruangan, dari Daun Kecil hingga LebarShopee.co.id/yuliana.smile

Monstera varigeata wajar memiliki harga jauh lebih tinggi dibanding jenis lainnya. Warna daunnya unik, perpaduan hijau dan putihnya menghasilkan kontras yang apik.

Bentuk daun dan motif sobekannya mirip jenis deliciosa, namun ukurannya lebih kecil. Pucuk daunnya pun cenderung tumpul, seperti jenis borsigiana.

Baca Juga: 11 Jenis Aglonema yang Apik Buat Dekorasi Ruangan, Coraknya Cantik!

4. Monstera adansonii

6 Jenis Monstera untuk Dekorasi Ruangan, dari Daun Kecil hingga LebarPinterest.com/Marye 77

Motif pada daun monstera gak selalu berbentuk sobekan, ada juga yang berlubang seperti jenis adansonii. Sekilas bentuk daunnya seperti tanaman sirih, dengan motif lubang-lubang yang ramping dari tulang daun menuju tepi.

Monstera adansonii juga banyak digemari sebagai tanaman dekorasi ruangan. Bentuknya estetik, warna daunnya pun gak polos. Ada bercak gradasi hijau tua dan muda di seluruh permukaan daunnya.

5. Monstera obliqua

6 Jenis Monstera untuk Dekorasi Ruangan, dari Daun Kecil hingga Lebarshopee.co.id/budysugiarto76

Terlihat sangat mirip dengan jenis adansonii, monstera obliqua juga memiliki motif lubang pada daun. Bedanya, motif lubang pada jenis obliqua lebih lebar ketimbang adansonii. Tekstur daunnya lebih tipis dan lembut.

Monstera jenis ini harus diletakkan di tempat yang aman, agar daunnya gak mudah sobek. Ukurannya juga relatif kecil, cocok dijadikan hiasan meja atau rak.

6. Monstera dubia

6 Jenis Monstera untuk Dekorasi Ruangan, dari Daun Kecil hingga LebarInstagram.com/chlorofolium via pinterest.com/Natalie Drti

Ternyata, daun tanaman monstera gak selalu bermotif sobekan atau lubang. Ada beberapa jenis monstera dengan daun utuh, salah satunya monstera dubia.

Bentuk daunnya seperti sirih, ada yang oval dan ada juga yang memanjang. Motif daunnya cantik, gradasi hijau dan putih dengan tulang daun bercorak hijau tegas.

Nah, enam jenis monstera di atas cocok dijadikan hiasan ruangan dan terbilang mudah perawatannya. Kalau disuruh memilih, jenis mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga: Selain Monstera, Ini 5 Tanaman yang Cocok untuk Interior Minimalis

Topic:

  • Pinka Wima
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya