Comscore Tracker

Gak Cuma Pedas, 7 Jenis Tanaman Cabai Ini Bisa Menghias Pekarangan

Ada yang warna-warni sampai berbentuk bulat

Indonesia termasuk negara yang masyarakatnya doyan makan pedas. Tanaman cabai jadi komoditas penting di negara kita.

Ternyata, cabai gak cuma bisa dibikin sambal dan bikin cita rasa masakan jadi makin sedap. Ada beberapa jenis tanaman cabai yang cocok dijadikan penghias pekarangan. Yuk, simak tujuh jenis tanaman cabai hias yang unik bentuk dan warnanya!

1. Cabai carolina reaper

Gak Cuma Pedas, 7 Jenis Tanaman Cabai Ini Bisa Menghias Pekaranganbukalapak.com/Puput Indah Saputri

Carolina reaper disebut-sebut sebagai cabai terpedas di dunia. Bahkan mengonsumsinya dalam jumlah tertentu bisa menyebabkan thunderclap headache, sakit kepala hebat yang bisa berujung stroke.

Daripada ngeri membayangkan cita rasa pedasnya, jenis cabai yang satu ini lebih baik dijadikan tanaman hias di pekarangan. Bentuknya unik, bagian atasnya menggembung mirip paprika. Sementara di bagian ada bagian runcing yang sekilas terlihat seperti ekor.

2. Cabai podzilla chocolate

Gak Cuma Pedas, 7 Jenis Tanaman Cabai Ini Bisa Menghias Pekarangancroatianseeds-store.com

Jika cabai biasanya berwarna merah, hijau, atau oranye, jenis cabai yang satu ini bercorak cokelat. Sesuai namanya, cabai hasil persilangan ini diberi nama podzilla chocolate.

Cabai jenis ini berukuran cukup besar dibandingkan cabai pada umumnya. Bentuknya seperti cabai rawit merah yang banyak ditemukan di Indonesia, namun permukaannya keriput. 

3. Cabai bishop crown

Gak Cuma Pedas, 7 Jenis Tanaman Cabai Ini Bisa Menghias Pekaranganchilipeppermadness.com

Pernah melihat cabai berbentuk menyerupai jambu air? Ini dia cabai jenis bishop crown yang gak cuma bisa dikonsumsi, tapi juga banyak dijadikan sebagai tanaman hias.

Dari atas dan samping, bentuk cabai ini seperti jambu monyet. Namun coba melihatnya dari bawah, maka wujudnya seperti mahkota atau kelopak bunga yang sedang mekar. Mungkin ini alasannya jenis cabai ini dinamai bishop crown.

4. Cabai bolivian rainbow

Gak Cuma Pedas, 7 Jenis Tanaman Cabai Ini Bisa Menghias Pekaranganchilipeppermadness.com

Pernah melihat tanaman cabai dengan buah warna-warni? Cabai jenis bolivian rainbow memiliki corak beragam dalam satu pohon, yaitu merah, hijau, oranye, kuning, dan ungu. Di Indonesia, bolivian rainbow dikenal dengan sebutan cabai pelangi.

Warna pelangi pada jenis cabai ini ternyata gak bertahan lama, lho. Kelak ketika sudah tua, semua buahnya akan berwarna merah. Ketika corak warna-warninya masih nampak, pasti bikin pekarangan rumah makin cantik, nih!

Baca Juga: Pas untuk Anak Kost, 13 Tanaman Indoor Ini Gak Perlu Perawatan Ribet

5. Cabai dorset naga

Gak Cuma Pedas, 7 Jenis Tanaman Cabai Ini Bisa Menghias PekaranganTokopedia.com/uniquestore22

Cabai lainnya yang bisa dijadikan tanaman hias adalah jenis dorset naga. bentuknya memang mirip dengan cabai rawit merah pada umumnya. Namun ukurannya lebih kecil dan pendek.

Cabai dorset naga awalnya berwarna hijau, coraknya berangsur-angsur menjadi oranye kemerahan saat usia buahnya tua. Cocok ditanam di tengah pekarangan yang hijau. Warna buahnya jadi pemanis di antara dedaunan.

6. Cabai purple candle

Gak Cuma Pedas, 7 Jenis Tanaman Cabai Ini Bisa Menghias PekaranganTokopedia.com/faqihgemilang567

Warnanya menyerupai terong ungu, dengan buah berukuran kecil dan pendek. Inilah cabai purple candle, yang merupakan hasil persilangan dari jenis candle light dengan bolivian rainbow.

Beberapa buahnya ada yang tetap berwarna oranye atau kemerahan, namun didominasi corak ungu. Unik, ya dijadikan penghias pekarangan!

7. Cabai black pearl

Gak Cuma Pedas, 7 Jenis Tanaman Cabai Ini Bisa Menghias Pekaranganveseys.com

Pernah melihat cabai berbentuk bulat? Ternyata ada, lho jenis cabai yang bentuk buahnya bulat dan warnanya hitam pekat. Unik banget, nih!

Cabai jenis black pearl sekilas terlihat seperti buah beri hitam. Bahkan warna daunnya pun menghitam seiring bertambahnya usia pohon. 

Nah, itu tadi tujuh jenis tanaman cabai unik yang menarik dijadikan tanaman hias. Tertarik menanam yang mana, nih untuk mempercantik pekarangan rumah?

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Sayur dan Buah yang Estetik Jadi Tanaman Hias di Rumah

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya