Comscore Tracker

Macam-macam Zakat Harta dan Cara Mudah Menghitungnya

#RamadanMasaKini Wajib dibayarkan, lho

Selain berpuasa, ibadah wajib di bulan Ramadan yang gak boleh dilewatkan umat muslim adalah membayar zakat fitrah. Selain zakat fitrah atau zakat jiwa, dalam ajaran agama Islam juga ada zakat mal atau zakat harta.

Sama seperti zakat fitrah, zakat harta hukumnya wajib dibayarkan dengan ketentuan berbeda-beda sesuai jumlah dan sifat hartanya.

Bagaimana cara menghitung zakat harta dengan mudah? Kamu bisa mengakses fitur Kalkulator Zakat di IDN Times. Tinggal masukkan jumlah harta dan penghasilan, kalkulator ini akan menampilkan besarnya zakat yang perlu kamu bayar. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Zakat penghasilan

Macam-macam Zakat Harta dan Cara Mudah Menghitungnyafreepik/tascha1

Penghasilan yang kamu terima setiap bulan dari bekerja wajib dibayarkan zakatnya agar semakin berkah. Pembayaran zakat ini dilakukan setiap bulan, setelah kamu menerima gaji.

Nisab atau batas jumlah penghasilan yang wajib dibayarkan zakatnya setara dengan 85 gram emas per satu tahun gaji. Jika sudah mencapai atau melewati nisab, besarnya zakat yang dibayar adalah 2,5 persen. Bagaimana maksudnya?

Jika harga emas saat ini adalah Rp663 ribu, maka 85 gram emas setara dengan Rp56.355.000. Sekarang hitung pendapatanmu selama setahun, jika jumlah gaji dalam 12 bulan melebihi nisab maka kamu wajib membayar zakat penghasilan.

Menghitung zakat penghasilan dengan kalkulator zakat

Macam-macam Zakat Harta dan Cara Mudah MenghitungnyaKalkulator zakat IDN Times

Putri mendapat gaji bulanan sebesar Rp5 juta dari tempatnya bekerja. Jika dihitung total penghasilan selama setahun maka jumlahnya adalah Rp60 juta. Jumlah ini sudah melebihi nisab, maka Putri wajib membayar zakat sebesar Rp125 ribu per bulan.

Kamu juga bisa menghitung sendiri berapa besarnya zakat penghasilan yang harus dibayarkan. Tinggal buka kalkulator zakat lalu klik kolom “Zakat Penghasilan”. Masukkan nominal gaji lalu tunggu sampai muncul nilai zakatnya.

2. Zakat emas dan perak

Macam-macam Zakat Harta dan Cara Mudah Menghitungnyafreepik/Freepik

Zakat harta berikutnya adalah zakat emas dan perak, dihitung berdasarkan kepemilikan emas, perak atau logam mulia lainnya. Nisab zakat mal untuk emas adalah 85 gram, sementara perak 595 gram. Jika sudah mencapai nisab, nilai wajib zakatnya sebesar 2,5 persen.

Berbeda dengan zakat penghasilan, zakat mal dibayarkan setahun sekali. Jadi jumlah logam mulia yang kamu miliki dihitung totalnya selama setahun.

Menghitung zakat emas dan perak dengan kalkulator zakat

Macam-macam Zakat Harta dan Cara Mudah MenghitungnyaKalkulator zakat IDN Times

Total emas yang dimiliki Rully dalam setahun adalah 100 gram. Berat ini sudah melewati nisab sehingga wajib dikenakan zakatnya. Jika harga per gram emas Rp663 ribu, maka nilai 100 gram emas setara dengan Rp663 juta.

Besarnya zakat mal yang wajib dibayarkan Rully adalah 2,5 persen persen dari Rp663 juta yaitu sebesar Rp1.657.500 per tahun. Kamu juga bisa menghitung sendiri besar zakat mal yang wajib dibayarkan menggunakan kalkulator zakat.

Baca Juga: 5 Orang Ini Tidak Diwajibkan Berzakat, Siapa Saja ya?

3. Zakat saham

Macam-macam Zakat Harta dan Cara Mudah Menghitungnyafreepik/katemangostar

Harta yang dimiliki tiap orang gak harus selalu berupa uang dan logam mulia, ada beberapa yang berbentuk saham. Mengeluarkan zakat berdasarkan jumlah saham juga ada aturannya, lho.

Nisab zakat saham adalah 85 gram emas dengan besar zakat 2,5 persen dari nilai saham tersebut. Pembayarannya sama seperti zakat mal, dilakukan setiap setahun sekali.

Jumlah saham dinyatakan dalam satuan lot. Satu lot setara dengan 100 lembar surat saham. Untuk mengetahui apakah nilai saham yang kamu miliki sudah mencapai nisab, kalikan jumlah surat saham dengan harga per lembarnya.

Biar gak bingung, mari simak cara menghitungnya berikut ini.

Menghitung zakat saham dengan kalkulator zakat

Macam-macam Zakat Harta dan Cara Mudah MenghitungnyaKalkulator zakat IDN Times

Vita memiliki total aset sebesar Rp200 juta selama setahun. Jumlah ini sudah melebihi nisab 85 gram emas, sehingga wajib dibayarkan zakatnya sebesar 2,5 persen yaitu Rp5 juta.

Nah, untuk mengubah angka Rp5 juta ke dalam satuan lot, bagi dengan harga saham per lembar. Hasilnya adalah 77,52 lot atau bisa dibulatkan menjadi 78 lot. Berarti, jumlah zakat saham yang wajib dibayarkan Vita adalah 78 lot.

Daripada kamu pusing menghitung secara manual besaran zakat saham, langsung klik fitur kalkulator zakat biar lebih mudah.

4. Zakat perdagangan

Macam-macam Zakat Harta dan Cara Mudah Menghitungnyafreepik/Freepik

Bagi kamu yang saat ini mendapat penghasilan dari berdagang, harta yang kamu miliki juga wajib dibayarkan zakatnya. Nisab zakat perdagangan adalah 85 gram emas, dibayarkan setiap satu tahun sekali dengan besaran 2,5 persen.

Harta hasil perdagangan yang wajib dikenakan zakat adalah penghasilan bersih setelah dikurangi utang. Kamu juga bisa menghitungnya secara mudah menggunakan kalkulator zakat.

Menghitung zakat perdagangan dengan kalkulator zakat

Macam-macam Zakat Harta dan Cara Mudah MenghitungnyaKalkulator zakat IDN Times

Sebagai contoh, Arifina memiliki aset usaha sebesar Rp200 juta dengan utang jangka pendek senilai Rp70 juta. Maka zakat perdagangan yang wajib dibayarkan adalah 2,5 persen dari aset bersih sebesar Rp130 juta, yaitu sejumlah Rp3.250.000.

Menghitung besaran zakat harta dengan kalkulator zakat jadi lebih mudah, kan? Jangan lupa bayar zakat, ya biar harta yang kamu dapat makin berkah.

Baca Juga: Macam-macam Zakat dan Aturan Pembayarannya, Sudah Tahu?

Topic:

  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Just For You