Comscore Tracker

5 Langkah Meredakan Kecemasan yang Muncul Saat Social Distancing

Membatasi diri ternyata sangat penting

Ada banyak tantangan saat melakukan social distancing sebagai upaya memutus rantai penularan COVID-19. Mulai dari rasa bosan hingga kecemasan, bisa muncul akibat situasi ini. Berikut lima langkah meredakan kecemasan yang muncul saat social distancing.

1. Istirahat sejenak dari aktivitas

5 Langkah Meredakan Kecemasan yang Muncul Saat Social DistancingIDN Times/Rizka Yulita

Anjuran #dirumahaja bukan berarti membebaskan orang-orang dari tanggung jawabnya. Mereka tetap bekerja, meeting, bahkan mengikuti kuliah secara online. Nah, kegiatan ini bakal terasa berat pada awalnya karena belum terbiasa.

Untuk meminimalisasi stres dan rasa cemas yang muncul akibat situasi gak biasa ini, cobalah untuk lebih mendengarkan kebutuhan diri sendiri! Jika sudah merasa penat atau lelah, luangkan waktu untuk beristirahat sejenak.

2. Seimbangkan kebutuhan pribadi dengan orang lain

5 Langkah Meredakan Kecemasan yang Muncul Saat Social DistancingIDN Times/Anjani Eka Lestari

Menyeimbangkan kebutuhan diri sendiri dan orang lain, juga ampuh meredakan kecemasan yang mungkin muncul selama #dirumahaja.

Sembari mengerjakan tugas dari atasan atau mungkin membantu menenangkan kerabat dari jarak jauh, kamu juga wajib memperhatikan kebutuhan pribadi. Penuhi asupan gizi dan jaga kondisi pikiran.

3. Tetap terhubung dengan keluarga dan teman dekat

5 Langkah Meredakan Kecemasan yang Muncul Saat Social DistancingIlustrasi saat menghubungi anggota keluarga. IDN Times/Hana Adi Perdana

Selama melakukan social distancing, kita akan terpisah sementara waktu dengan dunia luar, termasuk orang-orang terdekat. Berterima kasihlah pada teknologi yang membuat kita bisa tetap terhubung via chat hingga panggilan video.

Jangan ragu bercerita atau mengeluh pada keluarga dan teman dekat agar kita gak merasa makin kesepian saat #dirumahaja.

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Baca Juga: 10 Curhatan Kocak Introvert Soal Social Distancing, Wes Biyasa!

4. Batasi asupan informasi

5 Langkah Meredakan Kecemasan yang Muncul Saat Social DistancingIDN Times/Rizka Yulita

Poin paling penting, kamu, harus berani dan tegas membatasi asupan informasi untuk diri sendiri. Di linimasa dan media sosial, setiap harinya terus bertebaran informasi seputar COVID-19.

Bahkan gak jarang, teman-teman di media sosial membagikan berita yang belum jelas kebenarannya sehingga menimbulkan kecemasan. Pastikan info yang kamu terima berasal dari sumber terpercaya! 

Jangan ragu membatasi akses jika sudah dirasa mengganggu! Kurangilah aktivitas bermedia sosial dan alihkan dengan kegiatan menyenangkan lainnya!

5. Tekuni hobi baru

5 Langkah Meredakan Kecemasan yang Muncul Saat Social DistancingIDN Times/Rizka Yulita

Menekuni hobi baru bisa menjadi alternatif untuk mengurangi rasa cemas dalam diri. Banyak pilihannya, mulai dari berkebun hingga menjajal resep-resep masakan yang belum pernah kamu buat sebelumnya.

Itulah langkah meredakan kecemasan yang muncul saat social distancing. Stay safeguys! Jangan cuma jaga kesehatan tubuh, tapi pastikan juga kondisi mentalmu dalam keadaan yang baik. 

Baca Juga: Efek Social Distancing, Jasa Kurir Pengiriman di Tulungagung Diminati

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya