Comscore Tracker

5 Tanaman Hias Ini Bikin Mood Jadi Lebih Baik, Gak Cuma Enak Dilihat

Cocok jadi hiasan di dalam rumah

Menanam tanaman hias di dalam rumah gak cuma berfungsi untuk mempercantik ruangan. Beberapa jenis tanaman memiliki aktivitas biologis yang mampu membersihkan udara dan membuat mood jadi lebih baik. 

Mau tahu lima jenis tanaman yang bisa bikin relaks? Yuk, simak!

1. Lidah buaya

5 Tanaman Hias Ini Bikin Mood Jadi Lebih Baik, Gak Cuma Enak DilihatPexels/Cecilia Tommasini

Siapa yang gak kenal dengan lidah buaya? Tanaman yang mudah ditemukan di berbagai tempat ini, punya banyak sekali manfaat, mulai dari kecantikan kulit, perawatan rambut, hingga diolah menjadi minuman sehat.

Selain itu, tanaman lidah buaya ternyata bisa dimanfaatkan sebagai pembersih udara di dalam ruangan. Lidah buaya menyerap polutan di udara sehingga terasa lebih segar saat dihirup.

2. Lavender

5 Tanaman Hias Ini Bikin Mood Jadi Lebih Baik, Gak Cuma Enak DilihatPexels/Tobias Dziuba

Ada yang sering menggunakan aromaterapi untuk relaksasi atau pengharum ruangan? Kalau iya, pasti gak asing dengan tanaman yang satu ini. Lavender memang banyak digemari sebagai aromaterapi.

Warna ungu lembut dari bunga lavender gak cuma cantik dipandang. Wanginya yang menenangkan, bisa dijadikan pengharum ruangan alami sekaligus pengusir nyamuk dan serangga.

Baca Juga: Jangan Salah! 5 Jenis Tanaman Indah Ini Ternyata Beracun, Apa Saja?

3. Basil

5 Tanaman Hias Ini Bikin Mood Jadi Lebih Baik, Gak Cuma Enak DilihatPexels/Kaboompics.com

Jika kamu adalah penggemar masakan Italia, pasti gak asing dengan daun yang satu ini. Yup, basil! Selain dijadikan penyedap yang bikin piza dan olahan pasta jadi makin lezat, tanaman basil punya banyak manfaat lain.

Meletakkan tanaman basil di dalam ruangan, ampuh menyaring polutan dari udara. Daun basil juga punya kandungan senyawa antioksidan dan antibakteri di dalamnya.

4. English ivy

5 Tanaman Hias Ini Bikin Mood Jadi Lebih Baik, Gak Cuma Enak Dilihatourhoseplants.com

Tanaman English ivy atau yang sering disebut juga sebagai daun ivy, punya kemampuan membersihkan udara dan menyerap polutan. Daun ivy juga bisa meningkatkan kadar oksigen di dalam ruangan.

Tanaman ini punya bentuk daun yang unik dan cantik. Gak cuma sedap dipandang, ternyata bisa membuat penghuni rumah jadi lebih sehat.

Meski daun ivy bisa tetap tumbuh di dalam ruangan dengan cahaya minim. Usahakan untuk menjemurnya di bawah terik matahari 1-2 kali dalam seminggu.

5. Peace lily

5 Tanaman Hias Ini Bikin Mood Jadi Lebih Baik, Gak Cuma Enak DilihatUnsplash/Mitchel Lensink

Sesuai namanya, peace lily atau lili perdamaian, termasuk tanaman hias yang punya efek menenangkan bagi orang di sekitarnya. Di Indonesia, tanaman ini punya sebutan lain yaitu bunga selendang putih.

Peace lily mampu menurunkan kadar kelembapan udara di dalam ruangan dengan mengurangi spora jamur di udara. Hasilnya, udara jadi terasa lebih segar dan baik untuk merelaksasi pikiran.

Tanaman ini gak butuh banyak cahaya dan penyiraman rutin untuk bisa tumbuh sehat, sehingga sangat cocok diletakkan di dalam rumah. Ia bisa ditempatkan di ruangan agak lembap, seperti kamar mandi dan tempat cuci.

Tertarik menanam lima tanaman hias cantik nan bermanfaat di atas?

Baca Juga: 9 Tips Menata Koleksi Tanaman di Dalam dan Luar Rumah dengan Rak 

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Favo Perdana Hadiyanto Saputra

Berita Terkini Lainnya