Comscore Tracker

7 Tradisi Unik yang Wajib Kamu Ketahui Saat Tahun Baru Imlek

Bikin perayaan Imlek makin seru nih

Menyambut perayaan Imlek, orang-orang Tionghoa biasanya sibuk menyiapkan pesta dan mendekor rumah serba merah. Angpau jelas gak boleh ketinggalan, amplop merah berisi uang ini adalah yang paling ditunggu.

Selain tradisi memberi angpau, berikut tujuh kebiasaan atau tradisi unik Imlek yang wajib kamu tahu saat perayaan Tahun Baru Imlek. Ada larangan membalik tubuh ikan saat sedang menyantapnya lho!

1. Pertunjukan barongsai

7 Tradisi Unik yang Wajib Kamu Ketahui Saat Tahun Baru Imlekkentonline.co.uk

Memang gak harus menunggu Imlek untuk menampilkan dan menyaksikan pertunjukan barongsai. Tapi ada kesan yang berbeda, pertunjukan barongsai lebih meriah saat momen Imlek.

Orang-orang biasanya menonton barongsai setelah memanjatkan doa di klenteng atau vihara. Perwujudan naga ini mengikuti tradisi Tionghoa kuno untuk menakut-nakuti roh jahat.

2. Dekorasi rumah serba merah

7 Tradisi Unik yang Wajib Kamu Ketahui Saat Tahun Baru ImlekUnsplash/Humphrey Muleba

Warna serba merah yang terlihat di rumah-rumah dan tempat ibadah menandakan kemakmuran di awal tahun yang baru. Selain itu, warna merah mencolok juga dipercaya bisa mengusir roh-roh jahat.

3. Berkunjung ke rumah kerabat

7 Tradisi Unik yang Wajib Kamu Ketahui Saat Tahun Baru ImlekUnsplash.com/Jaddy Liu

Setelah melakukan doa bersama atau ibadah, orang-orang saling mengunjungi kerabat untuk berbagi kebahagiaan. Tuan rumah pasti sudah menyediakan hidangan khas imlek, dan tamu yang datang juga tak lupa membawa bingkisan.

4. Menyiapkan 12 jenis makanan

7 Tradisi Unik yang Wajib Kamu Ketahui Saat Tahun Baru Imlekabc.net.au

Kudapan khas Imlek apa nih yang paling kamu suka? Kue keranjang, jeruk dan lapis legit adalah beberapa contoh makanan khas Imlek yang cukup populer.

Selain itu, tiap orang biasanya menyediakan 12 jenis makanan sesuai jumlah shio dalam penanggalan Tionghoa. Ada olahan ikan, mi, kacang-kacangan, hingga manisan dan permen.

Baca Juga: Ini Arti Ucapan "Gong Xi Fa Cai", Ternyata Bukan Selamat Tahun Baru

5. Menyajikan makanan dalam wadah khusus

7 Tradisi Unik yang Wajib Kamu Ketahui Saat Tahun Baru Imlek1870mag.com

Selain syarat jumlah, cara menyajikan makanan khas Imlek pun gak kalah unik. Diusahakan menggunakan wadah berbentuk bulat, segi enam, atau segi delapan. Ketiga bentuk ini dipercaya membawa keberuntungan dan limpahan rezeki yang lebih baik.

6. Dilarang membalik ikan saat menyantapnya

7 Tradisi Unik yang Wajib Kamu Ketahui Saat Tahun Baru Imlekrecipes.oregonlive.com

Jika tersaji olahan ikan di atas meja, orang-orang yang sedang merayakan Imlek dilarang membaliknya saat sedang menyantap. Ikan cukup dimakan sebelah sisinya saja. Sebagai simbol nilai surplus atau keberlimpahan berkah di tahun yang baru. Unik ya!

7. Menyantap Yu Sheng bersama kerabat

7 Tradisi Unik yang Wajib Kamu Ketahui Saat Tahun Baru Imlekcitysuper.com.tw

Tradisi yang satu ini baru populer di kawasan Asia Tenggara pada abad ke-19. Yu Sheng adalah kudapan sejenis salad berisi aneka sayuran yang diiris tipis memanjang, lalu ditambakan potongan ikan segar di atasnya.

Saat perayaan Imlek, orang-orang melingkar di meja makan lalu menyantapnya bersama. Mereka menggunakan sumpit lalu mengangkatnya tinggi-tinggi sambil mengucapkan ‘Lao Qi’ atau 'Lao Hei', yang berarti salam hormat.

Dari tujuh tradisi unik Tahun Baru Imlek di atas, mana nih yang masih mudah kamu temui di lingkungan sekitar tempat tinggal?

Baca Juga: Selain 'Gong Xi Fa Cai', 6 Ucapan Ini Bisa Disampaikan Saat Imlek

Topic:

  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya