Menyedihkan, 6 Hal Ini Akan Kamu Sadari Saat Dewasa

Bener gak nih?

Beberapa dari kita, dulu waktu kecil pernah bermimpi untuk segera menjadi dewasa agar bisa bebas dan mencari uang sendiri. Siapa bilang jadi orang dewasa itu enak? Ternyata ini lho yang akan kamu sadari saat jadi dewasa.

1. Susahnya mencari uang

Menyedihkan, 6 Hal Ini Akan Kamu Sadari Saat DewasaPixabay.com/1388843

Beberapa dari kita mulai menyadari bahwa mencari uang itu ternyata susah sekali. Tidak seperti dahulu yang masih diberi support finansial orang tua, kini kita sudah mulai memikirkan cara untuk bertahan hidup sendiri. Namun, ini tidak selalu negatif, kesadaran akan susahnya mencari uang membuat kita lebih menghargai kerja keras orang tua kita dahulu dalam menghidupi keluarga.

2. Kehidupan setelah menikah jauh berbeda dengan yang dibayangkan sewaktu pacaran

Menyedihkan, 6 Hal Ini Akan Kamu Sadari Saat Dewasapixabay.com/Takmeomeo

Bagi sebagian orang, menikah adalah salah satu impian. Apalagi ketika sudah berpacaran selama bertahun-tahun, maka tidak ada tujuan lain selain berakhir dipelaminan.

Akan tetapi, hal yang harus kamu tahu adalah kehidupan pernikahan tidak seindah dan semulus yang dibayangkan waktu pacaran. Akan ada banyak sekali rintangan dari dalam diri maupun dari lingkungan.

3. Cenderung merasa tidak pernah puas

Menyedihkan, 6 Hal Ini Akan Kamu Sadari Saat DewasaPixabay.com/TheDigitalArtist

Manusia ditakdirkan memiliki hawa nafsu. Oleh karena itu, manusia akan terus memburu nafsunya tanpa pernah merasa puas. Hal itu akan semakin dirasakan saat menjadi dewasa.

Misalnya Seberapapun rezeki yang kita peroleh, kita akan merasa kurang dan terus kurang. Oleh karena itu, kita harus menanamkan rasa syukur di dalan diri agar tidak menjadi manusia tamak.

Baca Juga: 7 Cara Putus Khas Orang Dewasa, yang Kekanakan Gak Bakal Paham!

4. Ternyata kita kurang cukup bagus dibanding orang lain

Menyedihkan, 6 Hal Ini Akan Kamu Sadari Saat Dewasapixabay.com/Grehawk

Jika kita terbiasa di sekolah atau di universitas merasa memiliki kemampuan lebih daripada yang lain, maka hal itu akan berbeda saat kita sudah benar-benar terjun di dunia nyata. Ibarat di sekolah kamu juara satu, maka di dunia kerja banyak sekali juara-juara satu yang siap berkompetisi denganmu. Kita yang dulu merasa sudah cukup pandai ternyata masih banyak yang lebih pandai dari kita. Jadi, jangan jumawa. 

5. Semakin susah bahagia melihat kebahagiaan orang lain

Menyedihkan, 6 Hal Ini Akan Kamu Sadari Saat Dewasapixabay.com/free-photos

Saat kecil maupun remaja kita biasa tertawa bersama teman maupun sahabat. Kita terbiasa mengucapkan selamat atas pencapaian teman kita.

Namun, saat dewasa semua itu begitu sulit dilakukan. Walaupun begitu, sifat tersebut harus cepat disingkirkan karena orang lain juga berhak bahagia sebagaimana kamu juga berhak bahagia.

6. Dunia penuh dengan tipu muslihat

Menyedihkan, 6 Hal Ini Akan Kamu Sadari Saat Dewasapixabay.com/Gellinger

Kepolosan kanak-kanak, akan semakin terkikis oleh kenyataan yang kita hadapi saat dewasa. Banyak sekali kita temukan teman yang mencurangi temannya sendiri, kekasih mencurangi kekasihnya sendiri, bahkan anggota keluarga yang saling mencurangi.

Dunia yang kita lihat sebenarnya penuh dengan tipu muslihat. Oleh karena itu, kita harus memiliki benteng keyakinan agar tidak terjerumus lebih jauh.

Bagaimana menurutmu apakah ulasan di atas benar adanya? 

Baca Juga: 6 Perubahan yang Kamu Rasakan Saat Jatuh Cinta di Usia Dewasa

Dian Nita Photo Community Writer Dian Nita

Don't be trapped in someone else dream

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You