Comscore Tracker

5 Cara Mudah untuk Mengatasi Rasa Gengsi, Jangan Terus Dibiarkan!

Kenapa harus gengsi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, gengsi bisa juga diartikan sebagai kehormatan dan pengaruh, harga diri, dan juga martabat. Rasa gengsi yang timbul pada seseorang, biasanya diakibatkan oleh rasa ketidakpercayaan diri, juga rasa malu untuk mengakui kelemahan diri sendiri. 

Orang-orang yang memiliki rasa gengsi yang tinggi, biasanya akan melakukan berbagai macam cara untuk bisa terlihat sama dan sejajar dengan orang lain. Mereka tidak ingin dipandang rendah, dan tidak ingin menunjukkan kelemahannya pada orang lain.

Jika terus dibiarkan, rasa gengsi yang semakin tinggi juga bisa membuat seseorang mulai berani berbohong demi menjaga harga dirinya di hadapan orang lain. Berpura-pura memiliki segalanya, padahal aslinya tidak memiliki apa-apa. Oleh sebab itu, agar kamu tidak semakin terjerumus ke dalam rasa gengsi yang semakin tinggi, berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa membantumu untuk mengatasi rasa gengsimu itu!

1. Jadilah dirimu sendiri

5 Cara Mudah untuk Mengatasi Rasa Gengsi, Jangan Terus Dibiarkan!unsplash.com/frxgui

Kunci paling penting untuk bisa mengatasi rasa gengsi yang dirasakan adalah dengan menjadi dirimu sendiri. Kamu tidak perlu mengikuti orang lain dan menjadi orang lain untuk bisa dihargai dan dipandang tinggi oleh banyak orang. Kamu seharusnya bangga dan bersyukur dengan apa yang sudah kamu miliki saat ini.

Meski rasa gengsi terkadang bisa membuatmu menjadi lebih termotivasi untuk melakukan segala sesuatu yang terbaik. Namun, kamu juga harus bisa mengontrol rasa gengsimu agar tidak terlalu berlebihan dan tidak merugikan dirimu sendiri.

Baca Juga: Sahabat Andalan, 5 Zodiak Ini Dikenal Paling Jago Memberikan Saran

2. Belajar untuk mengatakan kata ''tolong, maaf, dan terima kasih''

5 Cara Mudah untuk Mengatasi Rasa Gengsi, Jangan Terus Dibiarkan!unsplash.com/morvanic

Simpel dan sederhana, namun sulit untuk dikatakan. Ya, biasanya orang-orang dengan rasa gengsi yang tinggi akan sangat sulit untuk mengatakan ketiga kata ini pada orang lain. Padahal sebenarnya tanpa kamu sadari, membiasakan diri untuk mengatakan kata ''tolong, maaf, dan terima kasih'' lama-kelamaan akan membuatmu menjadi seseorang yang lebih rendah hati. Kebiasaan ini juga yang perlahan-lahan akan menjauhkanmu dari rasa gengsi yang sangat menyiksa itu.

3. Perhatikan lingkungan tempatmu bergaul

5 Cara Mudah untuk Mengatasi Rasa Gengsi, Jangan Terus Dibiarkan!unsplash.com/fallontravels

Lingkungan bergaul juga biasanya menjadi salah satu faktor yang dapat membuat orang perlahan-lahan memiliki rasa gengsi di dalam dirinya. Melihat orang lain berada di ''kelas'' yang lebih tinggi, membuat banyak orang sering kali ingin berada di level kelas yang sama pula. Oleh sebab itu, kamu harus pandai-pandai dalam mencari teman bergaul yang sesuai dengan dirimu dan mampu membuatmu merasa nyaman untuk menjadi dirimu sendiri. 

4. Jangan suka ikut-ikutan orang lain

5 Cara Mudah untuk Mengatasi Rasa Gengsi, Jangan Terus Dibiarkan!nypost.com

Kebiasaan latah untuk memiliki apa yang dimiliki oleh orang lain bukanlah kebiasaan yang bagus untuk dilakukan. Selain sebuah pemborosan, di umurmu yang sudah cukup dewasa ini juga seharusnya kamu tahu sampai di mana batas dan kemampuan yang kamu miliki. Kamu tidak perlu mengikuti dan memiliki semua hal yang dimiliki oleh orang lain jika kamu memang tidak benar-benar membutuhkannya.

5. Jangan terus menjadi orang yang keras kepala

5 Cara Mudah untuk Mengatasi Rasa Gengsi, Jangan Terus Dibiarkan!unsplash.com/iamsherise

Gengsi tidak selamanya selalu berkaitan dengan harta dan benda. Banyak orang yang terkadang merasa gengsi untuk menyapa duluan, mengirim pesan duluan, atau bahkan untuk meminta maaf duluan, benar tidak? Meski menjadi salah satu hal yang cukup menyiksa, namun karena harga diri dan rasa keras kepala yang begitu tinggi, mereka enggan untuk melakukannya.

Padahal, mengirim pesan duluan atau bahkan meminta maaf duluan itu bukanlah sesuatu yang harus ditahan-tahan. Dengan melakukannya, bukan berarti juga kamu kalah dan memiliki harga diri yang jauh lebih rendah dari orang lain. Justru sebaliknya, kamu malah akan dianggap sebagai sosok yang berjiwa besar oleh banyak orang, lho.

Itu dia beberapa hal yang bisa menjadi salah satu cara agar kamu dapat terlepas dari rasa gengsi yang sangat menyiksa. Semoga bisa membantu, ya!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Face Primer Drugstore buat Semua Jenis Kulit

Topic:

  • Diana Ekawati
  • Elfida

Just For You