Comscore Tracker

Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk, Dapat Terhindar dari Siksa Kubur!

#RamadanDiRumah Bacalah menjelang tidur di malam hari!

Surat Al-Mulk merupakan salah satu surat yang terdapat di dalam kitab suci Al-Quran. Terdiri dari 30 ayat, surat ini ternyata juga memiliki keutamaan yang luar biasa. Berikut ini beberapa keutamaan di antaranya.

1. Diampuni segala dosa-dosanya

Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk, Dapat Terhindar dari Siksa Kubur!unsplash/Masjid Pogung Dalangan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu álaihi wa salam bersabda:

ـ(1) عن أبي هريرة، عن النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قال: سورة من القرأن، ثلاثون اية؛ تَشْفَعُ

لصاحبها حتى يُغْفَرَ له: تبارك الذي بيده الملك. (رواه أبو داود واللفظ له, والترمذي وغيرهما،

وصححه ابن حبان والحاكم والذهبي، وحسنه الترمذي والألباني)ـ

Artinya:

“Ada surat dari Alqur’an yang terdiri dari 30 ayat. Surat tersebut dapat memberikan syafa’at bagi ‘temannya’ (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk.“

2. Dihindarkan dari siksa kubur dan neraka

Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk, Dapat Terhindar dari Siksa Kubur!Unsplash.com/David Monje

Selain dapat diampuni segala dosa-dosanya, keutamaan lainnya adalah agar terhindar dari siksa kubur dan neraka. Seperti hadis riwayat An Nasa'i:

أخبرنا عبيد الله بن عبد الكريم وقال حدثنا محمد بن عبيد الله أبو ثابت المدني قال حدثنا بن أبي حازم عن سهيل بن أبي صالح عن عرفجة بن عبد الواحد عن عاصم بن أبي النجود عن زر عن عبد الله بن مسعود قال : من قرأ { تبارك الذي بيده الملك } كل ليلة منعه الله بها من عذاب القبر وكنا في عهد رسول الله صلى الله عليه و سلم نسميها المانعة وإنها في كتاب الله سورة من قرأ بها في كل ليلة فقد أكثر وأطاب

Artinya:

Telah menceritakan pada kami ‘Ubaidullah bin ‘Abdil Karim. Ia berkata, telah menceritakan pada kami Muhammad bin ‘Ubaidillah Abu Tsabit Al Madini, ia berkata, telah menceritakan pada kami Ibnu Abi Hazim, dari Suhail bin Abi Sholih, dari ‘Arfajah bin ‘Abdul Wahid, dari ‘Ashim bin Abin Nujud, dari Zarr, dari ‘Abdullah bin Mas’ud, Ia berkata, “Barangsiapa membaca “Tabarokalladzi bi yadihil mulk” (surat Al-Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut “al Mani’ah” (penghalang dari siksa kubur).  Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barang siapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (HR. An Nasa'i dalam Al Kabir 6/179 dan Al Hakim. Hakim mengatakan bahwa sanad hadits tersebut sahih)

Berdasarkan dari hadis di atas, sudah jelas bahwasanya memperbanyak membaca surat Al-Mulk dapat membantu kita untuk terhindar dari siksa kubur dan api neraka nantinya.

3. Menjauhkan diri dari maksiat

Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk, Dapat Terhindar dari Siksa Kubur!unsplash.com/Rumman Amin

Dalam surat Al-Mulk, Allah SWT berfirman:

Mereka itu takut pada Allah di kesunyian ketika mereka tidak tampak di hadapan manusia lainnya. Mereka pun taat pada Allah dalam keadaan sembunyi-sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang-terangan, mereka pun lebih taat lagi pada Allah." (QS Al-Mulk: 12)

Dalam hadis ini menjelaskan, bahwa orang-orang yang beriman itu akan selalu taat pada Allah SWT meski dalam kesunyian dan takut untuk berbuat maksiat kepadanya.

Baca Juga: Macam-macam Doa Berbuka Puasa Menurut Hadis Disertai Artinya

4. Menjadikan kita lebih bertawakal

Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk, Dapat Terhindar dari Siksa Kubur!unsplash.com/nega

Dalam surat Al-Mulk ayat 15, Allah SWT berfirman:

هُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ ذَلُولًا فَامْشُوا فِي مَنَاكِبِهَا وَكُلُوا مِنْ رِزْقِهِ

Artinya:

''Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya." 

Dalam ayat ini, Allah SWT menjelaskan bahwa tawakal bukan hanya bersandar dan berserah diri kepada-Nya, melainkan juga berusaha dan bekerja di jalan-Nya.

5. Surat Al-Mulk baik dibaca menjelang tidur malam

Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk, Dapat Terhindar dari Siksa Kubur!unsplash.com/ Masjid Pogung Dalangan

Beberapa keutamaan surat Al-Mulk yang sudah dijelaskan di atas, dapat kamu peroleh jika kamu tekun dan rajin membacanya. Meski dapat dibaca di segala waktu, Rasulullah SAW biasa membacanya menjelang tidur di malam hari karena keutamaannya yang luar biasa.

Itulah beberapa keutamaan luar biasa dari membaca surat Al-Mulk. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membuat kita semua selalu berada di dalam lindungan Allah SWT.

Baca Juga: Tata Cara Mandi Wajib Beserta Doa dan Niat Mandi Junub di Bulan Puasa

Topic:

  • Diana Ekawati
  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya