Comscore Tracker

Merintis Karier di Usia 20an? 5 Tantangan Ini Akan Menguji Hidupmu

Meski berat, nikmati aja prosesnya. Semoga jadi wanita karier yang sukses

Setelah lulus kuliah dan mendapatkan gelar sarjana, seorang wanita akan mulai merintis kariernya di usia 20an. Kamu akan segera mencari pekerjaan atau tak segan-segan akan merintis sebuah usaha. Merintis karier ataupun usaha bukan hal yang mudah.

Karena akan banyak sekali rintangan dan tantangan yang akan kamu hadapi. Untuk mencapai kesuksesan, banyak hal yang harus kamu perjuangkan. Nah, di usia 20an, setidaknya kamu akan menghadapi beberapa tantangan yang baru saja mulai membangun kariernya.

1. Penghasilan masih minim, tapi tagihan ,enumpuk

Merintis Karier di Usia 20an? 5 Tantangan Ini Akan Menguji Hidupmufloattucson.com

Di usia 20an, kamu memiliki tantangan untuk bisa hidup mandiri tanpa terlalu mengandalkan orangtua lagi. Kamu harus pandai-pandai mengatur segala sesuatu sendiri. Begitu juga dengan pemasukan dan pengeluaran, menjadi tantangan tersendiri untukmu.

Walaupun pekerjaan baru kamu saat ini masih belum menghasilkan yang besar, tapi sudah ada banyak tagihan dan cicilan yang harus kamu penuhi. Jika kamu gak pandai mengatur keuanganmu dengan baik, situasi ini bakal bikin kamu gampang tertekan.

2. Butuh adaptasi dengan suasana kerja

Merintis Karier di Usia 20an? 5 Tantangan Ini Akan Menguji Hidupmuwww.livescience.com

Dunia kerja tentunya sangat jauh berbeda dari dunia perkuliahan atau sekolah yang pernah kamu lewati. Akan ada banyak sekali orang-orang baru yang kamu temui dengan berbagai karakter yang berbeda. Belum lagi kamu harus bertanggung jawab terhadap tugas, peran serta beratnya kompetisi di dunia kerja. Jika kamu gak bisa mempertahankan posisimu, kamu bisa saja gak naik jabatan atau didepak kapan saja.

3. Dipandang sebelah mata

Merintis Karier di Usia 20an? 5 Tantangan Ini Akan Menguji Hidupmupixabay.com

Karena masih belum punya banyak pengalaman, biasanya kamu akan dipandang sebelah mata oleh rekan kerjamu. Selain itu karena usiamu masih muda, banyak juga yang akan menyepelekanmu. Jika mentalmu gak kuat, kamu mungkin akan gampang menyerah karena merasa rendah diri.

Tapi yang harus kamu yakini, usia 20an merupakan masa-masa emas. Karena usiamu ini adalah masa terbaik untuk mengembangkan potensi yang kamu punya.

4. Sulit mengutarakan pendapat

Merintis Karier di Usia 20an? 5 Tantangan Ini Akan Menguji Hidupmuhttp://english.manoramaonline.com

Karena kamu masih di dunia kerja, mungkin pengalamanmu masih belum terlampau banyak. Sehingga saat berada dalam rapat atau forum diskusi, kamu akan merasa kesulitan untuk mengemukakan pendapat. Pasti juga akan ada kekhawatiran jika opinimu tidak diterima.

Nah, jika sudah begini kamu harus meyakinkan dirimu untuk lebih percaya diri. Apalagi jika dulu saat kuliah kamu aktif organisasi ataupun aktivitas kemahasiswaan yang lain. Yakin deh itu merupakan bekal yang sangat berguna untuk kariermu.

5. Rentan mengalami stres

Merintis Karier di Usia 20an? 5 Tantangan Ini Akan Menguji Hidupmuhttp://www.netdoctor.co.uk

Bekerja di bawah tekanan memang menjadikanmu lebih gampang stres. Tapi ya begitulah dunia kerja pada umumnya. Kamu dituntut untuk menunjukkan kemampuanmu. Bahkan mungkin akan diakui saat kamu bisa membuktikan jika bisa bekerja di bawah tekanan.

Banyak hal-hal baru yang akan kamu temui dalam dunia kerja. Satu di antaranya bagaimana cara untuk mengelola stres.

Meniti karier ataupun usaha pada usia 20an memang akan membuatmu kerap jatuh bangun. Ada begitu banyak proses panjang yang harus kamu lalui. Tapi selama kamu gak mudah menyerah, tekun dan disiplin, kesuksesan bahkan jenjang karier yang lebih baik pasti bisa diraih.

Dianisa Yudha Sarjani Photo Verified Writer Dianisa Yudha Sarjani

Hello !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya