Comscore Tracker

6 Cara Elegan Hidup Sederhana, Harimu Bakal Lebih Bermakna!

Hidup sederhana membawa berkah dan bahagia berlimpah!

Bahagia dengan hidup sederhana adalah hal yang diinginkan oleh hampir semua orang. Hidup sederhana bukan soal ‘memiskinkan diri’, tetapi tentang menggunakan materi yang dimiliki dengan tepat dan bijak.

Hidup dengan gaya seperti inilah yang akan membuat kamu mendapatkan banyak manfaat dan terhindar dari perilaku konsumtif. Manfaat gaya hidup sederhana adalah kamu tak akan mudah untuk menghabiskan uang yang kamu miliki.

Dengan begitu, masa depan kamu juga akan terlihat lebih jelas. Sebab, orang yang hidup dengan cara sederhana akan membawa kebahagiaan pada akhirnya.

Untuk mencapai gaya hidup ini, berikut adalah enam langkah yang bisa kamu penuhi untuk mengubah gaya hidupmu menjadi lebih sederhana.

1. Bersyukur terhadap apa yang telah dimiliki

6 Cara Elegan Hidup Sederhana, Harimu Bakal Lebih Bermakna!ilustrasi sebuah keluarga (pexels.com/Agung Pandit Wiguna)

Tak terbantahkan lagi, bahwa kunci hidup sederhana adalah ketika kamu mampu mensyukuri segala bentuk atau materi yang telah diberikan Tuhan. Kamu akan menyadari, bahwa dengan mendekatkan diri kepada Tuhan, akan menjadikan pikiran dan hati lebih damai dalam menjalani kehidupan.

Mensyukuri nikmat yang telah Tuhan berikan, juga akan sangat membantu kamu untuk menekan perilaku konsumtif, seperti membeli barang-barang yang sebenarnya tak terlalu dibutuhkan.

Ketika dekat dengan Tuhan, kamu akan menyadari membuang materi untuk sesuatu yang tak berguna adalah tindakan sia-sia.

2. Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik 

6 Cara Elegan Hidup Sederhana, Harimu Bakal Lebih Bermakna!ilustrasi tabungan terkuras (pexels.com/Karolina Grabowska)

Orang yang hidup dengan cara sederhana, akan mengetahui batasan dalam berperilaku. Salah satu indikatornya adalah tak berlebihan dalam melakukan sesuatu. Orang yang hidup sederhana tak perlu membeli barang-barang mewah, tidak boros dalam belanja dan pastinya rajin menabung untuk investasi masa depan.

Bertindak tak berlebihan ini akan berdampak pada pengelolaan keuangan kamu yang akan membaik. Dengan hidup sederhana, kamu tak akan pernah merasa kehabisan uang, malahan cukup. Selain itu, kamu jadi mampu menahan diri untuk tidak membeli barang yang bukan termasuk skala prioritas.

3. Menikmati pekerjaan 

6 Cara Elegan Hidup Sederhana, Harimu Bakal Lebih Bermakna!ilustrasi pria sedang bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apapun kegiatan yang kamu lakukan, mesti dilandasi dengan kegembiraan. Hal inilah yang akan membuat situasi semakin mudah untuk dijalani. Sekecil atau serendah apapun pekerjaan kamu, alangkah bijaknya dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Mengeluh terhadap keadaan, berarti kamu menyerah untuk mengembangkan potensi dalam diri. Ketika sering mengeluh, kamu akan membuang waktu. Masih banyak hal positif yang dapat dilakukan, daripada protes kepada kehidupan.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Sederhana Ini agar Hidup Tenang dan Bahagia

4. Pengendalian diri adalah kunci

6 Cara Elegan Hidup Sederhana, Harimu Bakal Lebih Bermakna!ilustrasi bercermin (pexels.com/Min An)

Hidup sederhana akan membawa kesejahteraan bagi diri kamu kelak. Kunci utama untuk hidup sederhana adalah mampu mengendalikan diri. Kemampuan untuk kontrol diri ini berpusat pada pengambilan keputusan yang tepat saat akan melakukan sesuatu.

Dalam pengambilan keputusan ini, diperlukan kesadaran tingkat tinggi dalam setiap tindakan yang akan diambil. Orang yang punya pengendalian diri relatif tinggi, biasanya mengetahui dampak baik maupun buruk dari setiap langkah yang diambil.

Dengan demikian, orang yang hidup sederhana akan memiliki pengendalian diri yang lebih baik dibandingkan manusia pada umumnya.

5. Perencanaan yang matang 

6 Cara Elegan Hidup Sederhana, Harimu Bakal Lebih Bermakna!ilustrasi menulis catatan (pexels.com/Startup Stock Photos)

Hidup dengan cara sederhana pastinya berlawanan dengan hidup gegabah. Orang yang hidup sederhana umumnya memiliki rencana matang. Karena dengan rencana matang, kegagalan akan menjauh dengan sendirinya.

Gaya hidup sederhana menghindari untuk menjalani hidup dengan berbagai spekulasi, karena akan menghasilkan 'buah' yang tidak pasti. Spekulasi menjanjikan keuntungan yang lumayan besar, sekaligus kerugian dalam satu waktu.

Jika kamu bisa membuat perencanaan yang terstruktur, detail, dan matang, maka spekulasi tak perlu dilakukan sama sekali. Itulah alasan mengapa orang yang hidup dengan cara sederhana jarang mengalami kerugian.

6. Pengembangan diri yang cukup 

6 Cara Elegan Hidup Sederhana, Harimu Bakal Lebih Bermakna!ilustrasi sebuah kelulusan (pexels.com/RODNAE Productions)

Selalu belajar untuk mengembangkan diri adalah karakteristik gaya hidup sederhana. Indikator dari mengembangkan potensial diri adalah dengan berusaha menaikkan kualitas dan kapasitas diri secara menyeluruh.

Hal ini dapat terjadi jika refleksi dan revisi diri terus dilakukan secara terus-menerus. Pengembangan diri perlu dilakukan karena segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti berubah.

Perubahan adalah satu-satunya kepastian yang eksis di muka bumi ini. Jika tak berusaha berubah dalam setiap satuan waktu, maka jangan salahkan jika dunia akan meninggalkanmu di hari esok.

Itulah enam langkah agar kamu bisa hidup dengan cara sederhana. Di tengah kondisi yang sedang tak menentu saat ini, menjalani hidup dengan kesederhanaan adalah sebuah keniscayaan.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu gak Boleh Memandang Kehidupan sebagai Suatu Kesulitan

Dika Hadi Kariya Photo Verified Writer Dika Hadi Kariya

I feel therefore I am

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya