Comscore Tracker

7 Kegiatan Sederhana yang dapat Menurunkan Tingkat Stres

Stres terlalu lama itu bisa bikin tubuh mudah sakit!

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya stres. Ada berbagai macam pemicu stres, mulai dari pekerjaan, keluarga, cinta, masalah keuangan, hingga masalah mental. Jika tidak terlalu parah, stres sebenarnya bermanfaat dan dapat memicu tingkat kreativitas manusia.

Namun jika sudah berada di atas ambang batas normal, maka kamu perlu melakukan manajemen stres yang sesuai dengan kepribadian. Berikut kegiatan sederhana yang dapat meminimalisir tingkat stres.

1. Mengontrol napas

7 Kegiatan Sederhana yang dapat Menurunkan Tingkat StresPexels/VisionPic.net

Reaksi ‘fight or die’ seringkali muncul ketika tak mampu melakukan pemecahan masalah. Sebisa mungkin hindari reaksi ini muncul pada diri kamu saat stres. Caranya adalah dengan mengatur napas kamu dengan baik. Ini merupakan langkah awal dan penting guna menurunkan tingkat stres.

Tarik napas dalam-dalam, tahan selama beberapa detik, kemudian hembuskan kembali secara perlahan-lahan. Lakukan hal ini secara repetitif selama beberapa menit guna mendapatkan hasil maksimal.

2. Jalan-jalan

7 Kegiatan Sederhana yang dapat Menurunkan Tingkat StresPexels/Pille Kirsi

Ketika kamu merasakan stres menghampiri, istirahatlah sejenak dari beberapa aktivitas rutin. Luangkanlah waktu sedikit untuk jalan-jalan ke luar guna mencari udara segar. Kamu bisa pergi ke taman, tempat hiburan atau hanya sekadar jalan kaki.

Dengan liburan yang cukup mudah tersebut, membuat kamu 'terbebas' sejenak dari kejenuhan akan rutinitas. Dengan melakukan hal ini, membuat kesehatan mentalmu tetap terjaga dalam kondisi yang prima.

3. Mengunyah permen karet

7 Kegiatan Sederhana yang dapat Menurunkan Tingkat StresPexels/Edu Carvalho

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat mengurangi tingkat stres. Hal ini terjadi karena sebuah gerakan mengunyah dapat memperlancar peredaran darah menuju otak. Dengan peredaran darah yang lancar, otak akan mempercepat untuk menurunkan tingkat stres. Hasilnya adalah kamu akan terbebas dari stres dan berbagai  macam gangguan kecemasan lainnya.

Baca Juga: 7 Pelampiasan Stres Ini Hanya Akan Bikin Kamu Semakin Stres

4. Memberi senyuman ke orang lain

7 Kegiatan Sederhana yang dapat Menurunkan Tingkat StresPexels/Andrea Piacquadio

Ketika kamu sedang dikritik, jangan biarkan respon negatif menghampirimu. Respon negatif seperti marah, atau tidak nyaman, justru akan membuatmu makin stres. Sebaliknya, tersenyumlah pada orang yang memberimu kritik dan ucapkanlah terima kasih.

Senyuman dapat melepaskan hormon endorfin dalam jumlah banyak ke aliran darah. Hal ini menyebabkan jantung berdetak lebih lambat, hati lebih tenang, dan stres pun dapat berkurang. Mudah banget bukan?

5. Mendengarkan musik

7 Kegiatan Sederhana yang dapat Menurunkan Tingkat StresPexels/Tirachard Kumtanom

Lagu yang tepat dapat membuat stres menghilang dengan cepat. Pilihlah lagu yang dapat membangun mood kamu kembali. Buatlah playlist yang berisi lagu-lagu yang bertema semangat, dan hindari lagu berirama melankolis. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang sering mendengarkan musik memiliki risiko lebih kecil untuk mengalami stres dibanding orang yang jarang mendengarkan lagu.

6. Berbagi cerita

7 Kegiatan Sederhana yang dapat Menurunkan Tingkat StresPexels/ Tirachard Kumtanom

Ketika kamu merasa tak mampu menyelesaikan sebuah masalah, maka kamu butuh second opinion. Berbagi cerita ke pada orang terdekat mampu meredakan stres, dan kamu juga bisa mendapatkan sudut pandang baru tentang penyelesaian sebuah masalah.

Berbagi cerita kepada teman atau orangtua juga mampu menghindari diri dari kesepian. Hal ini bisa terjadi karena ketika kamu tak berbagi cerita kepada seseorang, maka kamu akan merasa bahwa orang-orang terdekat kamu tak bisa mengatasi masalah kamu. Dampaknya adalah kamu akan memperlebar jarak sosial dengan orang terdekat. Jika hal ini dilakukan berulang-ulang, maka kamu akan merasakan kesepian atau bahkan keterasingan.

7. Menulis

7 Kegiatan Sederhana yang dapat Menurunkan Tingkat StresPexels/Picjumbo.com

Menulis bisa menjadi salah satu bentuk terapi untuk menurunkan kadar stres. Kamu dapat melihat dirimu secara lebih dalam, karena setiap kata yang tertulis merupakan sebuah cerminan diri yang muncul dari alam bawah sadar.

Ketika kamu menghadapi stres yang tinggi, cobalah untuk menggambarkan kondisi dirimu saat itu melalui tulisan. Dengan sebuah tulisan, stres hilang dan seni pun berkembang.

Itulah tujuh kegiatan sederhana yang dapat meminimalisir tingkat stres. Hubungi psikolog terdekat jika dalam waktu tiga hari kamu masih memiliki tingkat stres yang tinggi. Tetap semangat!

Baca Juga: 7 Cara Relaksasi Paling Mudah dan Efektif, Buatmu Terbebas dari Stres

Dika Hadi Kariya Photo Writer Dika Hadi Kariya

I feel therefore I am

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya