Comscore Tracker

Terjerat Hutang? Ini 7 Cara Lunasi Hutang dengan Cepat

Hutang hilang, hidup pun tenang

Setiap individu pasti pernah memiliki pengalaman terlilit hutang, baik dalam jumlah kecil maupun besar. Hutang dianggap sebagian orang sebagai salah satu pengalaman buruk dalam menjalani hidup.

Cicilan rumah, penundaan pembayaran kendaraan bermotor ataupun pinjaman yang sudah jatuh tempo dalam waktu yang bersamaan terkadang membuat hidup semakin berat. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu memiliki manajemen uang yang sangat baik.

Sedikit apapun jumlah hutang yang kita miliki, jika kita tak dapat mengatur keuangan kita maka akan menimbulkan permasalahan yang besar di kemudian hari. Dilansir dari The Balance dan Independent, berikut tujuh cara yang dapat kamu jalankan jika terlilit hutang.

1. Buatlah prioritas utang

Terjerat Hutang? Ini 7 Cara Lunasi Hutang dengan CepatPexels/Picjumbo.com

Langkah pertama dan vital jika kamu terlilit hutang adalah dengan membuat daftar hutang. Pengelolaan hutang ini adalah dengan cara merinci kembali hutang apa saja yang kita miliki.

Kamu mesti membuat daftar hutang serinci mungkin, seperti dengan siapa kamu berhutang, nominal hutang atau kepada lembaga mana kamu berhutang, berapa tingkat bunganya, sudah berapa kali pembayaran tersebut dilakukan dan tentu tanggal berapa jatuh temponya. Dengan membuat daftar hutang yang rinci tersebut, kamu akan menemukan prioritas hutang mana yang akan dibayar terlebih dahulu. 

2. Jangan pernah telat membayar hutang

Terjerat Hutang? Ini 7 Cara Lunasi Hutang dengan CepatPexels/Lisa Fotios

Menunggu membayar hutang hingga memasuki tanggal jatuh tempo berakhir atau menunggu pemberi pinjaman untuk melakukan tagihan kepada kamu membuktikan bahwa kamu sebenarnya tak memiliki pengelolaan uang yang cukup baik. Jika ini terus dibiarkan dan menjadi kebiasaan maka jumlah hutang pun menumpuk dan stres pun akan meningkat.

Alangkah bijaknya jika kamu belajar untuk membiasakan diri membayar tagihan dengan tepat waktu dalam setiap periode. Membiasakan diri membayar tepat waktu ini aalah salah satu langkah untuk mengatur uang dengan baik.

Baca Juga: Patut Waspada, Ini 5 Indikasi Bahwa Pasanganmu Sedang Terlilit Hutang!

3. Mencicil terlebih dahulu jika kondisi keuangan tak memungkinkan

Terjerat Hutang? Ini 7 Cara Lunasi Hutang dengan CepatPexels/Cottonbro

Jika kamu sedang memiliki hutang namun tak memiliki kemampuan melunasi yang cukup, mencicil hutang adalah tindakan yang paling realistis. Kamu harus membayar tagihan dengan jumlah minimum agar nilai hutang semakin turun dari hari ke hari.

Satu hal yang sebaiknya tak dilakukan adalah jangan sampai melewati masa pembayaran hutang yang akan menyebabkan hutang kamu tak menurun dan tagihan pada periode selanjutnya akan berlipat ganda.

4. Buat tanggal khusus untuk membayar tagihan

Terjerat Hutang? Ini 7 Cara Lunasi Hutang dengan CepatPexels/Bich Tran

Membuat kalender khusus sebagai pengingat adalah hal yang mesti kamu lakukan. Hal ini bertujuan agar pengelolaan uang kamu menjadi lebih baik.

Jika kamu menerima gaji pada tanggal 2, maka bayarlah cicilan hutang tersebut pada esok harinya. Hal ini penting dilakukan agar gajimu tak habis untuk konsumsi harian. Buatlah kalender hutang pada tanggal yang sama setiap bulannya.

Sebagai contoh, setiap tanggal 2, kamu prioritaskan selalu untuk membayar tagihan bulanan atau cicilan. Sisanya baru kamu bisa pakai untuk konsumsi harian. Jika gaji masih tersisihkan, kamu bisa tabung untuk investasi atau dana darurat.

5. Tabungan dana darurat

Terjerat Hutang? Ini 7 Cara Lunasi Hutang dengan CepatPexels/Cottonbro

Hidup selalu menyimpan beragam misteri. Salah satunya, jika kamu tertimpa musibah dan masuk ke rumah sakit maka diperlukan biaya yang tak sedikit.

Hal ini pastinya akan berdampak kondisi finansial kamu jika tak memiliki pengelolaan uang yang cukup baik. Pihak pemberi pinjaman yang terkadang tak memberikan kelonggaran untuk membayar hutang semakin memperburuk suasana.

Oleh karena itu, maka diperlukanlah tabungan darurat yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan mendesak yang tak terhindarkan, seperti biaya perawatan rumah sakit, biaya terapi kecelakaan atau biaya dukungan untuk keluarga yang sedang sakit.

6. Pentingnya rancangan anggaran bulanan

Terjerat Hutang? Ini 7 Cara Lunasi Hutang dengan CepatPexels/Burst

Sebelum kamu menerima gaji bulanan, rancanglah anggaran bulanan secara sederhana sekaligus rinci dan tepat. Membuat anggaran bulanan adalah fondasi awal guna terciptanya manajemen uang yang baik.

Buatlah anggaran bulanan tentang konsumsi harian, nominal hutang yang harus dibayar, jumlah uang yang akan kamu tabung, berapa persen yang akan kamu sisihkan untuk dana darurat dan hilangkan konsumsi barang yang sebenarnya tak perlu untuk dibeli. Dengan melakukan hal itu secara sederhana dan rinci, maka kamu tak akan kesulitan untuk membayar hutang. 

7. Meminta bantuan jika tak memungkinkan

Terjerat Hutang? Ini 7 Cara Lunasi Hutang dengan CepatPexels/Mentatdgt

Baca Juga: 6 Tips Agar Kamu Tidak Terjerat Hutang Saat Melangsungkan Pernikahan

Ketika kamu merasa kesulitan untuk membayar setiap bulannya, mungkin mengindikasikan bahwa kamu membutuhkan bantuan dari pihak ketiga. Sebagai contoh, saat kamu terlilit hutang dan tak mampu melunasinya karena terlilit bunga yang dinilai tak rasional maka mintalah bantuan terhadap keluarga atau kerabat yang memiliki kelebihan finansial untuk mengatasi permasalahan kamu.

Dengan meminta bantuan dari pihak ketiga tersebut, kamu tak perlu lagi tercekik oleh bunga hutang yang terlalu tinggi. Dan akhirnya kamu tinggal membayar hutang kepada pihak ketiga tersebut tanpa bunga yang tak rasional.

Itulah tujuh cara untuk lunasi hutang dengan cepat dan bijak. Kunci dari berhutang yang benar adalah kamu harus memiliki manajemen keuangan yang baik sehingga kamu tak akan dipusingkan oleh tagihan di kemudian hari. Semoga bermanfaat!

Dika Hadi Kariya Photo Verified Writer Dika Hadi Kariya

I feel therefore I am

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya