Comscore Tracker

8 Kualitas yang Bikin INFP Menarik Tanpa Berusaha Keras

Tampak tenang tapi sebenarnya menarik

INFP adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian MBTI. INFP singkatan dari I (Introverted), N (Intuitive), F (Feeling), P (Perceiving), sosok yang tenang dan pendiam namun peduli dan suka menolong orang lain. Selain itu mereka sosok idealis yang kreatif.

INFP hanya terdiri sekitar 4-5 persen dari populasi. Hal ini saja sudah terdengar langka dan menarik. Keunikan mereka membuat orang lain tertarik dengan kepribadian mereka. Nah, berikut 8 kualitas yang membuat INFP menarik tanpa mereka sadari! 

1. Kesederhanaan

8 Kualitas yang Bikin INFP Menarik Tanpa Berusaha Kerasilustrasi pribadi sederhana (unsplash.com/brookecagle)

Kesederhanaan sosok pemilik MBTI INFP terpancarkan ke dalam gaya hidup, fashion, dan pembawaan diri. Karena itu orang lain menganggap jika INFP adalah sosok yang tidak mengintimidasi, dibandingkan orang yang memakai pakaian mewah. INFP cenderung lebih mudah didekati oleh orang di sekitarnya.

INFP kerap tampil dengan busana simple seperti paduan kaos polos dengan celana jeans. Jika mereka perempuan jarang sekali memakai riasan yang terlalu tebal. Gaya INFP mewakili kepribadiannya yang memancarkan karisma bersahaja dan rendah hati. Kesopanan yang unik itulah yang membuat INFP menarik. 

2. Emosi yang dalam

8 Kualitas yang Bikin INFP Menarik Tanpa Berusaha Kerasilustrasi memahami (unsplash.com/christina@wocintechchat.com)

Banyak orang yang tidak mengenali kecerdasan sosok INFP pada pandangan pertama. Apalagi jika itu orang baru yang belum mengenal secara dekat. Orang lain kerap menilai INFP sebagai orang bebal.

Namun jika muncul di momen tepat, INFP bisa bersinar terang dengan menunjukkan pengetahuan tentang idealisme, kreativitas, dan originalitasnya. Seperti julukan INFP yakni 'the mediator', mereka kerap menawarkan ide dan solusi yang disetujui semua orang. Kedalaman emosi saat memahami orang lain itulah yang membuat INFP menarik. Mereka menyajikan ide tanpa mengesampingkan ide orang lain. Hal itulah yang membuat siapapun nyaman ketika berbagi ide dengan INFP. 

3. Optimisme

8 Kualitas yang Bikin INFP Menarik Tanpa Berusaha Kerasilustrasi optimis (unsplash.com/gabriellehenderson)

Ketika INFP memiliki masalah mereka akan berperang melawan dirinya sendiri, karena tidak ingin orang lain terlibat. Jadi INFP selalu menunjukkan sisi yang cerah dan positif. Mereka menahan diri untuk tidak menyalahkan siapapun. Orang lain kerap melihat INFP selalu tersenyum dan jarang terlibat konflik. Seperti julukan INFP yang lain yaitu 'the healers', mereka suka berbagi semangat dan positive vibes. Mereka tipikal yang mengatakan "tidak apa-apa, segalanya akan lebih baik".

Ketika INFP sedang antusias dengan rencananya, mereka akan mendorong orang lain untuk bersemangat dan merealisasikannya. Perpaduan kepositifan bersama dengan kehangatan dan ketenangan tentunya menjadi kualitas yang menarik dari diri INFP. 

Baca Juga: 10 Ide Kado untuk Seseorang dengan Kepribadian MBTI INFP

4. Independen

8 Kualitas yang Bikin INFP Menarik Tanpa Berusaha Kerasilustrasi mandiri (unsplash.com/dariamamont)

Dijuluki 'the idealist', INFP menjunjung tinggi nilai dan moral. Mereka tidak akan menyesuaikan diri jika itu bertentangan dengan keyakinan mereka. Jika orang lain tidak mempercayai pandangan INFP, mereka cenderung berjalan sendiri dan mengerjakan berbagai hal secara mandiri.

Selain itu INFP sangat menyukai ketenangan yang membuat pekerjaan mereka menjadi efektif ketika dikerjakan sendirian. Entah itu pekerjaan, kegiatan kelompok, maupun hobi.
Jika INFP terpilih sebagai leader, mereka akan membuat strategi membagi pekerjaan sesuai kemampuan masing-masing anggota. Mereka tidak menuntut kesetaraan, sebaliknya INFP akan mengerjakan apapun yang mereka bisa dan menyajikannya kepada anggota ketika hampir selesai. 

5. Misterius

8 Kualitas yang Bikin INFP Menarik Tanpa Berusaha Kerasilustrasi wanita misterius (unsplash.com/name_gravity)

INFP nemiliki dualitas yang menarik. Di mata orang asing, mereka tampak awkward dan pemalu. Tapi dengan teman teman dekat, mereka menjadi eksprsif, jenaka, dan banyak bicara.

Selain itu sulit untuk mengenal INFP, karena jarang menunjukkan sisi konyol ke publik yang membuat orang lain mengira misterius. Orang lain tidak tahu apa yang ada di kepala INFP.
Dalam kehidupan romantis pun INFP cenderung menjauhi orang yang naksir mereka. Namun jika bisa meruntuhkan tembok, orang tersebut akan melihat sosok INFP yang hangat, menyenangkan, dan sedikit aneh.

Ketika INFP sudah nyaman, ia akan terbuka dan transparan dengan perasaannya. Mereka suka pembicaraan mendalam mengenai mimpi, kehidupan, dan kepositifan. 

6. Gestur imut

8 Kualitas yang Bikin INFP Menarik Tanpa Berusaha Kerasilustrasi tersenyum (unsplash.com/giancescon)

Kamu tahu apa yang suka dibicarakan oleh INFP? Yup, karakter fiksi atau mungkin band / idol favorit. Tidak ada yang memicu rasa excited melebihi saat membahas tokoh favorit mereka. Ketika hal itu terjadi, biasaya mereka mengeluarkan gestur yang imut bahkan lucu. Orang lain yang melihatnya akan merasa aneh, lucu, tapi menarik. Karena tidak ada yang menyangka hal itu datang dari INFP yang terlihat misterius. Karakter seperti anak kecil yang bersemangat yang membuat INFP menarik di mata orang-orang. 

7. Tidak suka mencari perhatian

8 Kualitas yang Bikin INFP Menarik Tanpa Berusaha Kerasilustrasi membaca (unsplash.com/nguyendanghoangnhu)

Salah satu alasan mengapa INFP menarik karena mereka tidak berusaha keras untuk terlihat menarik. INFP selalu menahan diri untuk tidak pamer. Mereka tipe yang suka memberi kontribusi namun tidak suka menjadi pusat perhatian. Terlebih lagi jika INFP mendapat pujian, mereka tidak tahu bagaimana menerimanya dengan benar. Bagi seorang INFP, mendapat pengakuan itu membuat bahagia, namun mereka berhati-hati untuk tidak terlihat sombong.

INFP tidak suka mengekspos tiap pencapaian, selalu bekerja diam-diam ini yang menarik. Begitu orang lain menemukan sisi ini, orang akan lebih menghargainya. 

8. Multi talenta

8 Kualitas yang Bikin INFP Menarik Tanpa Berusaha Kerasilustrasi melukis (unsplash.com/tetianashyshkina)

Last but not at least, INFP adalah sosok yang memiliki banyak minat dan menguasai berbagai macam keterampilan. Banyak INFP yang mampu menjadi seniman, penulis, musisi, aktor, bahkan pemimpin. Mereka unggul secara akademis dan idealis alami.
Ketika INFP menetapkan hati pada tujuan, mereka dapat mencapai apa saja. INFP mengetahui banyak keterampilan secara acak yang membuat sosok INFP dikagumi. 

Itulah 8 kualitas menarik dari MBTI INFP. Mengingat INFP adalah sosok yang suka mengkritik diri sendiri, mungkin mereka tidak menyadari kelebihan mereka. Semoga tulisan diatas membuat para INFP lebih sadar dengan kelebihan diri sendiri, ya. 

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui ketika Berkencan dengan INFP

Dina Erika Photo Verified Writer Dina Erika

Hi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya