Comscore Tracker

5 Kegiatan Seru agar Tetap Produktif saat Kerja di Rumah, Antibosan!

#IDNTimesLife PPKM di rumah tetap terasa menyenangkan

Lonjakan kasus COVID-19 membuat sejumlah pekerjaan terpaksa dilakukan dari rumah atau Work From Home (WFH). Salah satu kesulitan yang dihadapi oleh orang-orang yang menjalankan WFH adalah rasa bosan yang bisa menurunkan produktivitas. 

Nah, berdasarkan rilis dari LiniPoin, ini dia 5 kegiatan seru agar tetap produktif saat kerja di rumah. Yuk, simak daftarnya berikut!

1. Mempercantik ruang kerja dengan nuansa alam

5 Kegiatan Seru agar Tetap Produktif saat Kerja di Rumah, Antibosan!Ilustrasi mempercantik ruang kerja. (unsplash.com/Domenico Loia)

Bekerja dari rumah membuatmu terpaksa menghabiskan waktu di area yang sama selama berjam-jam. Akibatnya kamu bosan, tak bisa dapatkan ide menarik dan berujung malas-malasan bekerja. 

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan semangat kerjamu adalah dengan mempercantik area kerja. Kamu bisa tambahkan tanaman hias indoor. Warna hijau yang fresh bisa bantu menyegarkan mood kamu. 

2. Setel musik dari radio

5 Kegiatan Seru agar Tetap Produktif saat Kerja di Rumah, Antibosan!Ilustrasi orang mendengarkan musik. (unsplash.com/Austin Distel)

Tak bisa dielakkan, bekerja memerlukan suasana hati yang senang serta semangat yang  tinggi. Sayangnya, hal ini cukup sulit didapat saat harus bekerja dari rumah. Ada banyak distraksi, mungkin dari keluarga atau suasana rumah yang kurang kondusif.

Kalau mengalami hal seperti itu, coba deh setel musik dari radio! Siaran pagi di radio biasanya memutar lagu yang penuh semangat, belum lagi penyiarnya yang energik akan membangkitkan antusiasmu. 

Kamu yang terbiasa berangkat kerja naik mobil dan menyetel radio pun, akan merasakan suasana yang nyaris mirip. Bedanya, kali ini kamu tidak perlu terjebak dalam kemacetan.

Baca Juga: Untuk para Pejuang WFH, 6 Kiat Tetap Produktif dan Fokus Kerja

3. Segarkan pikiran dengan games

5 Kegiatan Seru agar Tetap Produktif saat Kerja di Rumah, Antibosan!Ilustrasi game. (unsplash.com/Maik Jonietz)

Kalau sudah tidak punya mood bagus ketika bekerja, berikan jeda waktu untuk beristirahat supaya pikiran lebih segar. Kamu bisa mengisi waktu istirahat dengan bermain games dari gawaimu.

Bermain dari gadget bisa membuat suasana hatimu merasa senang dan melepaskan pikiran yang rumit. Pilihlah permainan yang ringan dan tak butuh waktu lama untuk menyelesaikannya, jadi kamu bisa kembali fokus ke pekerjaan.

4. Olahraga ringan supaya makin semangat

5 Kegiatan Seru agar Tetap Produktif saat Kerja di Rumah, Antibosan!Ilustrasi olahraga di rumah. (unsplash.com/Zen Bear Yoga)

Olahraga di pagi atau sore hari setelah bekerja, ternyata juga bisa membantu meningkatkan produktivitas, lho! Kamu bisa melakukan olahraga di dalam ruangan selama beberapa menit atau bisa juga sambil berjemur saat pagi hari. 

Selain baik untuk kesehatan, olahraga di tengah padatnya aktivitas bisa memberikan ketenangan dan kedamaian. Yuk, coba olahraga di pagi hari sebelum mulai bekerja!

5. Update berita dari portal terpercaya

5 Kegiatan Seru agar Tetap Produktif saat Kerja di Rumah, Antibosan!Ilustrasi orang membaca berita. (unsplash.com/Austin Distel)

Banyaknya pemberitaan negatif dan hoax hanya akan membuat pikiranmu semakin stres. Hindari hal tersebut dengan menyaring bacaan yang hendak kamu konsumsi. 

Kamu bisa pilih topik yang ingin kamu baca, tak perlu mengonsumsi semua topik berita karena bisa menambah keruwetan di kepala. Pastikan juga membaca berita dari media atau portal berita yang terpercaya. 

Jika memilih asupan berita yang tepat, bukan tidak mungkin kamu malah mendapatkan ide brilian. Pekerjaan pun terasa lebih membuatmu bersemangat. 

Nah, itu tadi beberapa tips dan kegiatan yang bisa bantu kamu tingkatkan produktivitas meski bekerja dari rumah. Walaupun WFH, semangatnya juga harus membara, ya!

Baca Juga: WFH Membuat Kamu dan Pasangan Rentan Bertengkar? Lakukan 5 Hal Ini

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya