Comscore Tracker

Sudah Mandi Wajib Malah Keluar Flek Cokelat, Bolehkah Salat? 

begini penjelasannya menurut Islam

Setiap bulannya, seorang perempuan mengalami menstruasi atau siklus bulanan di mana darah keluar dari vagina. Secara islam, menstruasi atau haid menandakan seorang perempuan telah baligh atau telah mencapai kedewasaan.  

Setelah siklus haid seorang perempuan selesai, diwajibkan untuk bersuci dengan cara mandi wajib. Namun, bagaimana bila setelah mandi wajib keluar flek atau bercak kecokelatan? Apakah diwajibkan untuk mandi lagi dan bolehkah mengerjakan salat?

1. Flek yang keluar sebelum haid

Sudah Mandi Wajib Malah Keluar Flek Cokelat, Bolehkah Salat? ilustrasi penyebab menstruasi dua kali sebulan (pexels.com/Cliff Booth)

Menurut Syaikh Al Ustaimin, flek merupakan tetes cairan yang keluar dari kemaluan perempuan yang terkadang muncul sebelum haid atau sesudah haid. Jadi, flek bisa muncul di awal haid atau setelah selesai haid.

Flek yang keluar sebelum haid (di luar siklus haid), tidak bersamaan dengan waktu haid, atau keluar secara terpisah dengan haid dianggap bukan haid. Biasanya muncul karena kondisi fisik perempuan, sehingga wajib untuk berpuasa dan salat. 

2. Flek yang keluar saat siklus haid

Sudah Mandi Wajib Malah Keluar Flek Cokelat, Bolehkah Salat? Ilustrasi menstruasi (Pexels.com/Anna Shvets)

Lalu, bagaimana jika flek tersebut keluar setelah siklus haid dan masih bersambung dengan haid? Aisyah Radhiyallahu ‘anha pernah ditanya mengenai hal ini, kemudian Ia menjelaskan agar jangan terburu-buru bersuci sampai keluar cairan putih. 

"Janganlah terburu-buru (menganggap suci) sampai engkau melihat al-qashshah al-baydha’ (cairan putih).” (HR. Bukhari secara mu’allaq, tanpa sanad)

Jadi, apabila keluar cairan kuning atau kecokelatan setelah siklus haidmu selesai, kamu bisa menunggu hingga cairan yang keluar berwarna putih. Hal ini seperti darah haid, sehingga wajib bagimu meninggalkan salat dan puasa. 

Tanda seorang perempuan suci dari haid adalah apabila terlihat cairan putih yang keluar dari rahim setelah selesai haid, kemaluan terasa kering, dan siklus haid berdasarkan kebiasaan telah selesai. Maka, perempuan wajib untuk melaksanakan mandi wajib. 

Baca Juga: Bacaan Doa Allahumma Inna Nas Aluka Salamatan Fiddin

3. Flek yang keluar setelah bersuci

Sudah Mandi Wajib Malah Keluar Flek Cokelat, Bolehkah Salat? Ilustrasi siklus menstruasi. (unsplash/Brooke Lark)

Jika kamu telah bersuci, artinya telah selesai haid dan terputus dari masa haid (sudah tidak dalam siklus haid), flek yang keluar tidak terhitung sebagai darah haid. Maka, wajib bagimu untuk melaksanakan salat dan puasa. 

Ummu’Athiyab Radhiyallahu ‘anha berkata, “Kami tidak menganggap sebagai haid pada cairan keruh (kudrah) dan warna kekuningan (shufrah) setelah bersuci.” (HR. Bukhari, no. 326; Abu Daud, no. 308; An-Nasai, no. 1:186)’

Itulah beberapa hal mengenai flek kecokelatan pada perempuan. Kamu harus lebih memperhatikan lagi ciri flek tersebut dan mengontrolnya berdasarkan siklus haid kamu, ya!

Baca Juga: 5 Keutamaan Menjaga Shalat Ashar, Dimudahkan Masuk Surga!

Topic:

  • Dina Fadillah Salma
  • Febriyanti Revitasari
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya