Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Kita Pelajari dari Kegagalan, yuk Bangkit!

Mengajarkan untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama

Saat mengalami kegagalan, tidak jarang kita menjadi kehilangan motivasi untuk bangkit meraih impian kembali. Padahal, dari kegagalan kita akan mendapatkan pengalaman-pengalaman yang bisa kita jadikan pelajaran. Inilah lima hal yang bisa kita pelajari dari sebuah kegagalan yang pernah kita alami. 

1. Lebih hati-hati dalam menyusun rencana

5 Hal yang Bisa Kita Pelajari dari Kegagalan, yuk Bangkit!ilustrasi orang berpikir (pexels.com/SHVETS production)

Sering kali kita menyusun rencana dengan terburu-buru dan dalam waktu yang cukup singkat tanpa pertimbangan-pertimbangan. Ada juga yang mungkin malah tidak menyusun rencana sama sekali kemudian langsung eksekusi. Padahal, rencana akan memudahkan kita dan membuat kita jadi lebih terarah.

Setelah mengalami kegagalan mungkin kita baru menyadari hal tersebut. Kita baru mengetahui bahwa menyusun rencana adalah hal yang penting dan tidak bisa sembarangan. Lewat kegagalan dari rencana sebelumnya, kita akan lebih hati-hati dan menyusun rencana hingga matang.

2. Lebih matang dalam persiapan

5 Hal yang Bisa Kita Pelajari dari Kegagalan, yuk Bangkit!ilustrasi orang belajar (pexels.com/MART PRODUCTION)

Mungkin pada kesempatan sebelumnya kita gagal karena persiapan yang kita lakukan kurang matang. Banyak hal-hal yang mungkin kita siapkan seadanya dan dengan terburu-buru, sehingga hasil yang kita harapkan malah menjadi kurang maksimal. Akibatnya, kita tidak memanfaatkan kesempatan yang ada dengan lebih optimal.

Dari kegagalan, kita akan lebih paham tentang hal apa saja yang harus kita persiapkan. Bahkan, kita jadi lebih tahu hal-hal apa saja yang harus diantisipasi. Persiapan yang matang akan mempermudah kita dalam eksekusi nantinya dan membuat kita menjadi lebih percaya diri.

Baca Juga: 5 Tips Bangkit dari Kegagalan, Jangan Mudah Menyerah!

3. Melatih untuk selalu berpikir positif

5 Hal yang Bisa Kita Pelajari dari Kegagalan, yuk Bangkit!ilustrasi orang tersenyum (pexels.com/Artem Beliaikin)

Sering kali kegagalan membuat kita jadi down dan dipenuhi oleh pemikiran-pemikiran negatif yang bikin motivasi kita malah hilang. Padahal, hal-hal yang kita pikirkan akan sangat berpengaruh terhadap diri kita. Kegagalan bukanlah akhir dari dunia, masih ada kesempatan-kesempatan lain yang bisa kita coba.

Ketika kita memandang kegagalan sebagai suatu pelajaran berharga, secara tidak langsung pemikiran kita akan menjadi lebih terbuka dan dipenuhi oleh pemikiran positif. Pemikiran positif akan memberikan kita energi maupun motivasi yang dapat kita gunakan untuk mencoba lagi dan lagi tanpa takut gagal.

4. Melatih untuk tidak mudah mengeluh

5 Hal yang Bisa Kita Pelajari dari Kegagalan, yuk Bangkit!ilustrasi orang tersenyum (pexels.com/Dennis Leinarts)

Sering kali kita akan mengeluh ketika dihadapkan pada sebuah kegagalan. Memang, mengeluh adalah suatu hal yang manusiawi. Namun, terlalu banyak mengeluh tentu bukanlah hal yang baik. Mengeluh akan membuang-buang waktu kita dengan percuma jika tidak disertai dengan usaha.

Mengeluh tidak akan membuat keadaan menjadi berubah. Dari kegagalan kita akan belajar untuk berhenti terus-menerus mengeluh dan melakukan hal yang bisa kita lakukan. Dengan begitu, kita bisa pelan-pelan mulai menata kembali persiapan untuk meraih keberhasilan yang kita impikan.

5. Tidak mengulangi kesalahan yang sama

5 Hal yang Bisa Kita Pelajari dari Kegagalan, yuk Bangkit!ilustrasi orang tersenyum (pexels.com/Leonardo Cardozo)

Dari kegagalan kita akan belajar banyak hal agar tidak mengulangi kesalahan yang sama saat menghadapi keadaan yang serupa. Kita jadi mengerti dengan mulai mencoba cara lain dan mengatur strategi apa yang cocok kita gunakan untuk mencapai kesuksesan yang kita impikan. 

Kegagalan secara tidak langsung telah memberi tahu kita bahwa cara yang telah kita gunakan sebelumnya masih banyak kekurangan, sehingga hasilnya tidak terlalu memuaskan. Dengan begitu, pada kesempatan lain kita akan menjadi lebih berhati-hati agar tidak terjebak dalam kesalahan yang sama.

Ternyata kegagalan bukanlah hal yang selalu buruk. Ada banyak pengalaman berharga yang dapat kita jadikan pelajaran dan membuat kita menjadi lebih berhati-hati. Semoga pelajaran-pelajaran tersebut dapat kamu jadikan motivasi untuk bangkit kembali. Tetap semangat dan semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Tips Berani Hadapi Kegagalan, agar Kamu Gak Jalan di Tempat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya