Comscore Tracker

Kamu Merasa Media Sosial Itu “Toxic”? Udah Saatnya Lakukan 5 Hal Ini 

Wah, media sosial bisa "toxic" juga ternyata

Millennial yang hidup di era digital ini memang udah nggak asing lagi sama apa-apa yang serba terkoneksi dengan dunia digital. Makanya, nggak perlu kaget kalau milenial ini disebut-sebut punya ketergantungan yang tinggi terhadap internet dan salah satu produknya yaitu media sosial.

Tapi sayangnya, banyak banget nih yang berpikir bahwa media sosial justru jadi tempat yang “toxic” buat pikiran anak muda sekarang. Maksudnya “toxic” atau racun karena apa yang ada di media sosial itu justru kasih dampak negatif buat penggunanya. Nah, buat kamu yang mulai merasakan hal ini, coba deh pikir ulang dan lakukan beberapa hal di bawah ini. Simak yuk!

1. Yakin dengan keunikanmu biar lebih percaya diri

Kamu Merasa Media Sosial Itu “Toxic”? Udah Saatnya Lakukan 5 Hal Ini Shutterstock/Aslysun

Semua pasti tahu dan sadar kan kalau setiap orang pasti punya keunikkannya masing-masing. Tapi nggak banyak yang sadar bahwa ini sebenarnya jadi sumber kekuatan mereka dari dalam diri. Nah, ini nih yang membuat kamu merasa insecure dan nggak percaya diri saat ada di media sosial. Karena nggak pede, kamu jadi lebih mudah merasa nggak nyaman saat melihat teman mengunggah karya atau kehidupannya ke media sosial. So, apa nih keunikanmu?

2. Nggak ada salahnya buat postingan untuk menunjukkan kekuatan lewat karyamu

Kamu Merasa Media Sosial Itu “Toxic”? Udah Saatnya Lakukan 5 Hal Ini Shutterstock/leungchopan

Perlu kamu ingat bahwa kekuatan yang kamu punya itu berasal dari dalam diri, bukan dari faktor luar. Jadi, saat kamu mengunggah postingan ke media sosial, nggak perlu deh mengharapkan pengakuan dari orang, baik berupa likes atau komentar. Faktanya, masih banyak nih milenial yang menganggap untuk jadi orang yang keren mereka butuh pengakuan dari orang lain, padahal, kamu bisa loh fokus dengan kekuatan yang tumbuh dan mengakar dalam dirimu.

3. Be bold with your dream!

Kamu Merasa Media Sosial Itu “Toxic”? Udah Saatnya Lakukan 5 Hal Ini Shutterstock/tulyawat mahawong

Biar nggak terus-terus merasa insecure di media sosial, kamu juga perlu lebih berani lagi dalam berekpresi dan menunjukkan potensi yang kamu punya. Jangan takut untuk terus belajar dan mengoptimalkan potensi kamu dalam berkarya ya. Selain bisa lebih bersemangat dalam mewujudkan mimpi, kamu juga sudah menyebarkan semangat good vibe nggak hanya untuk dirimu tetapi juga untuk para pengguna medsos lainnya loh!

4. Cintai dirimu luar dan dalam, dari ujung kaki hingga ujung kepala

Kamu Merasa Media Sosial Itu “Toxic”? Udah Saatnya Lakukan 5 Hal Ini Shutterstock/AnemStyle

Kalau kamu bisa mencintai dirimu seutuhnya, media sosial nggak akan lagi terasa “toxic” untukmu. Karena kamu udah sadar dan yakin dengan kekuatan yang kamu miliki. Nah, salah satu cara untuk mencintai diri adalah dengan merawat  setiap bagian tubuhmu termasuk rambut. Rambut bisa dibilang mahkota nih, apalagi untuk para cewek. Begitu pentingnya bagian ini, pasti bad mood banget kalau sampai rambut bermasalah, seperti rambut rontok misalnya.

Nah, kamu tahu nggak sih, ternyata dari masalah rambut rontok ini nggak hanya berdampak pada penampilan aja loh, tetapi juga pada psikologis seseorang misalnya seperti merasa nggak nyaman, khawatir berlebihan dengan pandangan orang lain, lebih pasif yang akhirnya justru membatasi ruang gerak pergaulan kamu. dr. Alberta Claudia Undarsa mengungkapkan bahwa salah satu permasalahan rambut rontok ini disebabkan oleh akar rambut yang nggak kuat.

“Rambut panjang atau rambut pendek, rambut lurus tergerai atau ikal, rambut hitam legam atau diwarnai, tetap akan rontok jika akarnya tidak kuat. ‘Sebab rambut yang kuat, datang dari akar yang kuat,” tandas dr. Claudia.

Kamu Merasa Media Sosial Itu “Toxic”? Udah Saatnya Lakukan 5 Hal Ini IDN Times/DOVE

Karena pentingnya permasalahan ini, Dove baru aja mengembangkan rangkaian produk terbaru Dove Total Hair Fall Treatment yang mengandung Dynazinc dan grape seed oil, yang menutrisi dan menguatkan rambut secara mendalam dari akar hingga ke ujung, sehingga rambut kamu jadi 10x lebih kuat.

Nggak hanya berhenti di situ, untuk lebih banyak menginspirasi perempuan Indonesia, DOVE juga menghadirkan rangkaian program Dove Zona Kuat yang di dalamnya terdapat beberapa rangkaian kegiatan untuk memberikan inspirasi bagi perempuan agar bisa lebih kuat dari akar lewat beberapa rangkaian kegiatan seperti talkshow, eksibisi dari perempuan-perempuan inspiratif Indonesia.

Dove Zona Kuat mengangkat pesan #KuatDariAkarnya di mana pada program ini juga akan digelar di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Bekasi, Yogyakarta dan Surabaya. Nah, jangan sampai ketinggalan info tentang roadshow Dove Zona Kuat di kota kamu ya. Yuk buktikan pada dunia kalau kamu memang #KuatDariAkarnya!

5. Media Sosial “Detox”

Kamu Merasa Media Sosial Itu “Toxic”? Udah Saatnya Lakukan 5 Hal Ini Wachiwit

Nah, ini adalah langkah terakhir nih, mungkin kamu memang butuh jeda dari dunia media sosial. Nggak ada salahnya kamu “log out” sejenak, atau uninstall media sosial yang kamu punya. Dengan melakukan medsos “detox” kamu jadi bisa lebih fokus pada dirimu dulu tanpa terpengaruh dengan hal-hal yang diunggah teman-temanmu di media sosial.

Nah, itu tadi 5 hal yang bisa kamu lakukan saat kamu mulai merasa media sosial yang kamu gunakan mulai terasa “toxic”. Tapi, yang terpenting jangan lupa optimalkan potensimu ya, karena kamu #KuatDariAkarnya!

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya