Comscore Tracker

6 Akun Instagram yang Kampanyekan Gaya Hidup Zero Waste

Boleh dicoba nih!

Selain gaya hidup minimalisme, salah satu gaya hidup yang jadi tren belakangan ini adalah zero waste. Zero waste merupakan komitmen untuk tidak terlalu banyak memproduksi sampah, apalagi sampah yang susah terurai seperti plastik. Biasanya orang memulainya dengan menggunakan wadah yang bisa dipakai ulang untuk belanja atau mewadahi suatu produk yang digunakan sehari-hari. 

Tertarik untuk memulainya, coba pantengin enam akun Instagram berikut deh. Kontennya menggugah orang untuk berhijrah jadi zero waste hero. 

1. Litterless

6 Akun Instagram yang Kampanyekan Gaya Hidup Zero Wasteinstagram.com/litterless

Dikelola oleh Celia Ristow yang selalu menampilkan gambar dan informasi yang benar-benar menarik dan menggugah siapapun yang membaca kontennya. Tak hanya tips belanja dan konsumsi makanan saja, ia bahkan memberikan beberapa konten menarik untuk mengurangi sampah saat harus memberikan kado atau hadiah ke orang lain. 

2. Intentionalism

6 Akun Instagram yang Kampanyekan Gaya Hidup Zero Wasteinstagram.com/intentionalism

Dikelola oleh Heather White, akun ini tak hanya mengajarkan bagaimana caranya mengurangi sampah. Ia bahkan memberikan tips dan cara mudah untuk bisa menanam bahan makanan sendiri untuk konsumsi pribadi. Seru juga nih, bisa diniatkan saat akhir pekan tiba. 

3. Going Zero Waste

6 Akun Instagram yang Kampanyekan Gaya Hidup Zero Wasteinstagram.com/going.zero.waste

Kebanyakan feed yang diunggah Kathryn Kellog dalam Going Zero Waste adalah tips-tips belanja ramah lingkungan yang bisa dicoba sehari-hari. Ia bahkan sudah tak lagi menggunakan reusable container dan mengganti wadah-wadahnya dengan blacu dan kanvas yang jauh lebih ramah lingkungan. 

Tentunya, wadah-wadah berbahan kain itu ia dapatkan dari bekas-bekas wadah makanan yang masih layak pakai dan bisa dicuci bersih setelah dipakai. 

Baca Juga: Ramah Lingkungan, 5 Merek Makeup Zero Waste Ini Paling Recommended

4. Wasteland Rebel

6 Akun Instagram yang Kampanyekan Gaya Hidup Zero Wasteinstagram.com/_wastelandrebel_

Salah satu sumber limbah plastik yang tidak kita sadari adalah peralatan mandi. Mulai dari bungkus sabun, wadah shampoo, sikat gigi, juga kemasan pasta gigi. Nah, lewat akun Wasteland Rebel, Shia Su mencoba memperkenalkan produk peralatan mandi yang ramah lingkungan juga tips membuat pasta gigi sendiri serta sabun mandi sendiri. 

5. Be Zero Waste Girl

6 Akun Instagram yang Kampanyekan Gaya Hidup Zero Wasteinstagram.com/bezerowastegirl

Akun milik Andrea Sanders ini berusaha mengampanyekan upaya mengurangi sampah plastik bahkan kertas jika memungkinkan. Salah satu kampanyenya yang menarik adalah penggunaan reusable tissue. Sebagai informasi, tissue dan kertas memang sampah yang mudah diurai tetapi punya dampak deforestasi dan emisi. 

6. Trash is for Tossers

6 Akun Instagram yang Kampanyekan Gaya Hidup Zero Wasteinstagram.com/trashisfortossers

Akun ini merupakan milik seorang perempuan asal Amerika Serikat bernama Lauren Singer yang mengelola sebuah toko bernama 'Package Free', yaitu toko yang memungkinkan pembeli untuk menemukan produk-produk kebutuhan sehari-hari yang dibuat tanpa kemasan, seperti shampoo batangan, juga deterjen bubuk kiloan. Untuk itu, kamu harus menyiapkan wadah sendiri ketika belanja di toko tersebut.

Selain bahan makanan, barang lain yang sering dikampanyekan oleh Lauren adalah berbelanja baju bekas layak pakai yang tentunya masih berkualitas tinggi. Ini pun berfungsi mengurangi limbah kain dari pakaian yang juga butuh waktu lama untuk diurai. 

Enam akun di atas bisa jadi bukti bahwa kamu tak perlu muluk-muluk berkampanye dan memaksa semua orang untuk ikut peduli lingkungan. Mulailah dari diri sendiri dulu saja. Beri contoh dan lakukan yang bisa kamu lakukan, sekecil apapun itu pasti ada manfaatnya untuk lingkungan. Selamat mencoba! 

Baca Juga: 5 Benda yang Wajib Ada di Dalam Tas Seorang Penganut Zero Waste 

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya