Comscore Tracker

Seru sampai Haru, Ini 8 Novel tentang Saudara Kandung yang Bisa Dibaca

Bikin nagih katanya

Berencana menambah daftar bacaan tahun ini? Coba mulai dengan genre drama keluarga dulu. Kali ini tokohnya adalah saudara kandung yang dinamika hubungannya pasti sangat menarik. Sudah dipilih yang paling tinggi rating-nya dan sudah terbukti sukses di pasaran, silakan catat rekomendasinya berikut. 

1. The Dutch House 

Seru sampai Haru, Ini 8 Novel tentang Saudara Kandung yang Bisa Dibacainstagram.com/whatsofieread

The Dutch House adalah novel terbaru dari penulis Ann Patchett. Dipuji banyak pembaca dan kritikus, novel ini merupakan kisah hidup dua bersaudara Maeve dan Danny yang sejak kecil tinggal di sebuah rumah Belanda lawas bersama ayahnya dan ibu tiri mereka. 

Kisah ini sebenarnya adalah masalah orang dewasa, yaitu sang ayah yang diceritakan lewat sudut pandang dua bersaudara ini. Sesuai dengan perkembangan usia mereka dari kanak-kanak hingga dewasa, deskripsi dan pemahaman pembaca tentang kisah dalam novel ini pun diramu perlahan dan makin detail seiring kamu membalik halamannya. 

2. Salvage the Bones

Seru sampai Haru, Ini 8 Novel tentang Saudara Kandung yang Bisa Dibacainstagram.com/prettylittlebookshelf

Novel ini adalah karya debut Jesmyn Ward dalam penulisan novel internasional. Tokohnya adalah empat saudara yang saling peduli dan mengagumi satu sama lain. Esch adalah anak perempuan tertua yang harus membantu mengasuh ketiga adik laki-lakinya. Sang ayah yang alkoholik tidak bisa diandalkan. 

Perjuangan Esch dan adik-adiknya makin sulit ketika badai Katrina menerjang tempat tinggal mereka. Dengan kemampuan yang ada, mereka berempat berusaha bertahan hidup di tengah ketidakpastian. Novel ini penuh dengan adegan mengharukan dan mengerikan yang terus menghantui pembaca hingga akhir kisah. Sebuah realita kemiskinan di negara maju yang jarang terekspos berhasil dideskripsikan dengan baik oleh Ward, membuat buku ini sabet banyak penghargaan. 

3. Sing, Unburied, Sing

Seru sampai Haru, Ini 8 Novel tentang Saudara Kandung yang Bisa Dibacainstagram.com/books_arily

Dari penulis yang sama, Ward kembali menelurkan sebuah novel tentang saudara kandung. Di sini, ia menambahkan bumbu fantasi dan supernatural di dalamnya. Tokoh utamanya adalah Jojo, remaja yang tinggal bersama adiknya Kayla dan kedua kakek neneknya. Sang ibu, Leonie yang seorang pecandu narkoba hanya datang sesekali. 

Ternyata Leonie memiliki trauma masa lalu yang membuatnya merasa bisa melihat saudaranya yang sudah meninggal saat ia dalam pengaruh obat. Keadaan keluarga yang carut marut ini bertahan beberapa saat hingga akhirnya Leonie memutuskan untuk membawa kedua anaknya pergi menjauh dari ayah mereka. 

Lagi-lagi, Jesmyn Ward menyalurkan opini dan hasil pengamatannya tentang keadaan sejumlah keluarga di Amerika Serikat yang tak sesempurna perkiraan orang. Ceritanya berlapis, penuh kejutan, dan bikin pembaca termenung. 

4. Family Life

Seru sampai Haru, Ini 8 Novel tentang Saudara Kandung yang Bisa Dibacainstagram.com/misaund

Akhil Sharma adalah penulis asal Delhi, India yang berkarier di Amerika Serikat. Selain menulis novel, ia sudah menulis untuk berbagai surat kabar dan portal berita. Salah satu novelnya yang banyak dipuji berjudul Family Life. Dinamika hubungan kakak adik yang sangat rumit, tetapi menggerakan.

Ajay dan Birju adalah dua kakak beradik dari keluarga imigran India di Amerika. Transisi keluarga ini tampak lancar di awal, hingga sebuah kecelakaan terjadi pada salah satu dari dua bersaudara tersebut. Saat ayah dan ibu mereka fokus merawat salah satu anak, anak lainnya merasa tersingkirkan. 

Novel ini punya penggemar, tetapi tak sedikit yang bosan sejak awal novel. Meski begitu, keberanian sang penulis menceritakan kisah nyatanya sendiri patut diapresiasi. Banyak pandangan filosofis di novel ini yang bisa mendorong diskusi lebih lanjut. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Novel Fiksi Best Seller, Cocok Temani Kamu di Rumah Aja

5. Harmony 

Seru sampai Haru, Ini 8 Novel tentang Saudara Kandung yang Bisa Dibacainstagram.com/laurengarnham

Carolyn Parkhurst menulis buku ini pasca kesuksesan karya terdahulunya The Dogs of Babel. Kisahnya cukup menyayat hati, Tilly adalah protagonis di novel ini. Seorang anak perempuan yang ternyata genius dalam bidang akademis, tetapi memiliki keterbatasan dalam bersosialisasi dengan orang lain. 

Sang ibu yang tak tahu kondisi anaknya hingga ia tidak bisa diterima di semua sekolah di pemukiman mereka akhirnya pergi ke sebuah yayasan khusus. Kisah Tilly diceritakan lewat dua perspektif yang saling bersautan, sang ibu dan sang adik, Iris. 

6. Everything Here Is Beautiful

Seru sampai Haru, Ini 8 Novel tentang Saudara Kandung yang Bisa Dibacainstagram.com/novel_reverie

Dapat endorse dari Celeste Ng yang sukses dengan novel Little Fires Everywhere, novel karya Mira T. Lee ini pun langsung menarik perhatian para penikmat buku di seluruh dunia. Bertokohkan keluarga imigran Tiongkok di Amerika Serikat. Miranda, kakak tertua adalah sosok yang selalu merasa bertanggungjawab. Bertolakbelakang dengan Lucia, sang adik yang suka mengambil keputusan impulsif. 

Suatu saat Lucia mengalami gangguan, ia merasa mendengar bisikan-bisikan yang menyesakkan baginya. Miranda yang sadar bahwa sang adik mengalami masalah kesehatan mental berusaha membantunya. Namun, keputusan Lucia terus mengelak membuat drama dalam novel ini menjadi sangat relatable dengan kehidupan manusia modern. 

7. Before We Were Yours

Seru sampai Haru, Ini 8 Novel tentang Saudara Kandung yang Bisa Dibacainstagram.com/readswithkatherine

Novel tentang saudara kandung ini diangkat dari sebuah skandal nyata yang pernah terjadi di Amerika. Georgia Tann, seorang direktur di sebuah yayasan anak yatim dan adopsi di Memphis ternyata tertangkap tangan menculik anak-anak dari keluarga miskin untuk dijual pada pasangan kaya yang hendak mengadopsi mereka. 

Novel ini memukau dari segi narasi dan pemilihan kosakatanya, dijamin membuatmu ingin segera membalik halaman demi halaman. Menyerapi karakter Georgia Tann, serta mencoba memahami dampak di balik keputusan jahatnya. 

8. The Brothers Karamazov 

Seru sampai Haru, Ini 8 Novel tentang Saudara Kandung yang Bisa Dibacainstagram.com/instareesha

Fyodor Dostoyevsky adalah penulis Rusia yang cukup terkenal. Mirip Tolstoy, novel-novel karyanya banyak bermuatan filosofi. Novel Karamazov Bersaudara sendiri berkisah tentang pertentangan batin ketiga saudara pasca pembunuhan yang menewaskan ayah mereka. 

Mitya yang dikenal sering bertengkar dengan sang ayah langsung masuk daftar tersangka utama. Namun, proses peradilan turut menyeret kedua saudara kandungnya, Ivan dan Alyosha. Termasuk saudara tiri mereka, Smerdyakov yang tak kalah mencurigakan. 

Hubungan antar saudara kandung berbeda dengan hubungan antar sahabat atau kekasih. Cukup kompleks dan unik, terkadang mereka saling membenci, mendukung, mencintai, bahkan bersaing. Tak heran jika novel-novel di atas pun dibuat dengan banyak lapisan dan sudut pandang. Silakan pilih yang menurutmu layak masuk tumpukan to-be-read

Baca Juga: 9 Fakta Midnight Sun, Novel Terbaru Seri Twilight Terbit Agustus 2020

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya