Comscore Tracker

6 Alasan Mengapa Kamu Tidak Perlu Spoiler Film ke Teman-temanmu

Tukang spoiler emang ngeselin banget!

Spoiler diartikan sebagai tulisan atau keterangan suatu cerita yang membeberkan jalan cerita tersebut. Dalam hal ini, spoiler film berarti menceritakan atau membagikan gambar dari cuplikan film untuk membeberkan jalan cerita film tersebut.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini kegiatan spoiler bukan hanya bisa dilakukan secara lisan, tetapi bisa juga dilakukan dengan memotret atau merekam film tersebut dan membagikannya di media sosial.

Selain merugikan, orang-orang yang gemar menebar spoiler memang pantas untuk dicap menyebalkan. Apalagi jika film yang dispoiler adalah film yang masih tayang di bioskop. Nah, untuk kamu yang punya niatan untuk menebar spoiler, lebih baik simak dulu 6 alasan mengapa kamu sebaiknya tidak perlu spoiler film ke teman-temanmu.

1. Melanggar undang-undang

6 Alasan Mengapa Kamu Tidak Perlu Spoiler Film ke Teman-temanmuibtimes.co.uk

Melakukan spoiler dengan merekam keseluruhan atau sebagian isi film ternyata termasuk ke dalam tindakan yang melanggar undang-undang. Menurut UU No.28 Tahun 2014 tentang hak cipta dan UU No.11 Tahun 2008 tentang ITE, orang-orang yang melakukan perekaman menggunakan kamera video di dalam gedung bioskop dan melakukan penyebaran film akan menerima ancaman hukuman 10 tahun penjara dan atau denda sampai dengan 4 miliar rupiah. Apakah sekarang kamu masih berani merekam di dalam gedung bioskop?

2. Mengganggu

6 Alasan Mengapa Kamu Tidak Perlu Spoiler Film ke Teman-temanmuUnsplash.com/Maliha Mannan

Bukan hanya via kamera video, melakukan spoiler secara lisan juga bisa dianggap sebagai tindakan yang mengganggu. Bayangkan saja jika kamu sangat penasaran dengan satu film tertentu tetapi kamu belum berkesempatan untuk menontonnya di bioskop.

Kemudian temanmu dengan sengaja menceritakan jalan cerita atau ending film tersebut tanpa kamu minta. Pasti kesal sekali kan rasanya? Padahal kamu berencana untuk menuntaskan rasa penasaranmu di bioskop nanti. Karena itu sebaiknya hindari memberikan spoiler film ke orang lain ya!

Baca Juga: 5 Akibat Fatal Jika Kamu Nekat Spoiler Film yang Masih Tayang di Bioskop

3. Merugikan pihak produsen film

6 Alasan Mengapa Kamu Tidak Perlu Spoiler Film ke Teman-temanmucinemasound.com

Ketika kamu menyebarkan spoiler film ke sosial media dan kemudian postinganmu dibaca oleh orang lain, mereka bisa kehilangan minat untuk menonton film tersebut. Selain merasa sudah tidak ada unsur kejut lagi, orang-orang juga menjadi malas menonton karena sudah mengetahui klimaks cerita atau ending cerita dari spoiler-mu.

Tentunya hal ini merugikan pihak produsen dan semua yang terlibat dalam pembuatan film tersebut karena penontonnya menjadi berkurang. Bayangkan jika ada ratusan atau ribuan tukang spoiler di luaran sana, berapa banyak orang yang jadi malas untuk menonton filmnya di bioskop?

4. Norak!

6 Alasan Mengapa Kamu Tidak Perlu Spoiler Film ke Teman-temanmucrosswalk.com

Melakukan spoiler terhadap film yang baru saja kamu tonton menjadi salah satu bukti kalau kamu adalah orang yan norak. Sudah jelas kalau tujuanmu bukan menonton untuk menikmati filmnya. Melainkan untuk terlihat hits dan terkesan up to date dengan cara mengunggah spoiler-spoiler ke media sosial. Padahal kenyataannya tukang spoiler justru 'nggak banget' dan seringkali membuat orang-orang di sekitarnya menjadi ilfeel.

5. Menurunkan citra dan harga diri

6 Alasan Mengapa Kamu Tidak Perlu Spoiler Film ke Teman-temanmutheeyeopener.com

Dengan melanggar aturan berupa mengunggah spoiler film ke sosial mediamu, kamu bisa membuat citra dirimu sendiri menjadi buruk di mata orang lain. Meskipun terlihat sederhana, tapi hanya dengan menebar spoiler sebagian dari kepribadianmu bisa terungkap.

Orang yang senang memberikan spoiler seperti ini biasanya punya sifat cari perhatian dan tidak bisa menjaga rahasia. Film saja diumbar apalagi kehidupan pribadinya?

6. Tidak menghargai hasil karya orang lain

6 Alasan Mengapa Kamu Tidak Perlu Spoiler Film ke Teman-temanmupexels.com/pixabay

Mengunggah spoiler di sosial media juga berarti kamu tidak menghargai hasil karya dan kerja keras orang lain. Dalam sebuah film, proses pembuatan yang dilakukan tidaklah mudah. Butuh banyak sekali proses serta jangka waktu tahunan untuk menyelesaikannya sampai tahap akhir pasca produksi.

Dengan menebar spoiler, kamu telah menunjukkan sikap tidak menghargai baik kepada pembuat ataupun penggemar film tersebut. Apalagi media sosial adalah tempat yang amat sangat rentan karena bisa membuat orang lain tidak sengaja membaca. Padahal di antara para pembaca itu pasti ada yang sedang berusaha menghindari spoiler

Nah, sekarang tahu kan, kenapa kita tidak perlu menjadi tukang spoiler dadakan setelah menonton film? Jadi, mulai sekarang kamu harus berhati-hati ya. Salah-salah kamu bisa dijauhi teman, atau malah masuk penjara, lho!

Baca Juga: 5 Kiat Jitu untuk Menghindari Spoiler Avengers: Endgame

Dwi Kurniawati Lestari Photo Community Writer Dwi Kurniawati Lestari

Just a little girl who loves drawing, writing and reading a bit too much. Sometimes spends all day long to think and wondering about 'what should I write today'.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You