Comscore Tracker

Jangan Sepelekan, 5 Cara Ini Bisa Membantumu Atasi Trauma Bullying 

Tak seperti luka luar, trauma lebih sulit untuk disembuhkan

Bullying atau lebih sering kita artikan sebagai penindasan adalah salah satu bentuk tindakan bersifat negatif yang bertujuan untuk merendahkan seseorang. Tidak hanya secara fisik, tapi tindak bullying juga dapat dilakukan secara verbal dengan menghina, mengancam ataupun menyakiti seseorang menggunakan kata-kata ejekan. 

Tindakan bullying tentunya akan meninggalkan bekas luka pada korbannya. Namun tidak seperti luka luar yang mudah disembuhkan, luka di dalam hati para korban bullying yang berbentuk trauma justru lebih sulit dan membutuhkan jangka waktu yang lebih lama untuk bisa sembuh total.

Walaupun terlihat sepele, namun trauma yang membekas pada korban bisa berdampak buruk. Mulai dari dampak yang ringan seperti enggan datang ke sekolah atau menjadi sangat pendiam hingga dampak yang jauh lebih berat seperti timbulnya keinginan untuk bunuh diri.

Jika kamu pernah menjadi korban bullying sebelumnya, maka kamu tidak perlu takut. Berikut 7 hal yang bisa kamu lakukan untuk membantumu mengatasi trauma dari bullying.

1. Menekuni hobi

Jangan Sepelekan, 5 Cara Ini Bisa Membantumu Atasi Trauma Bullying videoblocks.com

Kamu bisa menekuni hobi di waktu luang untuk mengembalikan semangat dan menghilangkan beban pikiran. Lewat hobi, kamu bisa lebih berekspresi sekaligus mengurangi tingkat depresi dalam dirimu. Jadi jika kamu memiliki hobi tertentu, tidak ada salahnya meluangkan satu atau dua jam untuk menekuni hobi tersebut. 

2. Rajin berolahraga

Jangan Sepelekan, 5 Cara Ini Bisa Membantumu Atasi Trauma Bullying nypost.com

Olahraga berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh serta membantu melancarkan sirkulasi darah. Selain itu olahraga juga dinilai sebagai salah satu cara terbaik untuk meredakan stress. Hal ini dikarenakan olahraga mampu menurunkan tekanan darah serta hormon depresan yang terdapat dalam tubuh.

Olahraga juga mampu mengurangi waktumu untuk berfikir negatif ataupun teringat pada trauma bullying yang pernah kamu alami sebelumnya.

Baca Juga: Jangan Sedih, Ini 5 Cara Hadapi Orang yang Suka Bullying

3. Mulai mencintai diri sendiri

Jangan Sepelekan, 5 Cara Ini Bisa Membantumu Atasi Trauma Bullying allevents.in

Ketika kamu menjadi korban bullying , terkadang pertanyaan semacam apa yang salah dengan dirimu, apa yang tidak disukai orang-orang lain darimu atau bahkan apa yang harus kamu ubah agar kamu tidak menjadi korban bullying lagi kerap muncul dan mengganggu pikiranmu.

Kamu tidak perlu susah payah mencoba untuk mengubah dirimu agar disukai orang-orang. Sebaliknya, kamu harus belajar untuk lebih mencintai dan menerima dirimu sendiri. Tanamkan pola pikir bahwa dirimu berharga dan kamu punya perjuangan yang belum usai. Dengan mencintai diri sendiri, kamu akan menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan mentalmu juga berubah menjadi lebih sehat. 

4. Memulai pergaulan yang positif

Jangan Sepelekan, 5 Cara Ini Bisa Membantumu Atasi Trauma Bullying blog.mavencare.com

Memulai pergaulan yang positif adalah salah satu cara ampuh untuk mengatasi trauma. Kelilingi dirimu dan berkumpulah bersama keluarga serta teman-teman yang menyayangimu.

Jika kamu tidak pernah mencoba untuk speak up pada kasus bullying yang kamu terima, ada baiknya kamu berbagi cerita pada keluarga atau teman yang kamu percaya. Menceritakan beban yang selama ini kamu pendam akan membantumu keluar dari trauma masa lalu.

5. Rutin bermeditasi

Jangan Sepelekan, 5 Cara Ini Bisa Membantumu Atasi Trauma Bullying spiritualityhealth.com

Meditasi juga bisa menjadi alternatif untuk mengatasi trauma. Dengan bermeditasi, tingkat kecemasan yang dimiliki oleh seseorang dapat berkurang. Sehingga kamu bisa lebih mengendalikan kecemasan dan membuatmu terhindar dari pikiran negatif.

Itulah 5 cara yang bisa membantu kamu untuk mengatasi trauma bullying yang pernah kamu alami. Cobalah untuk mempraktekkan cara-cara tersebut dengan rutin agar trauma yang kamu miliki bisa sembuh secara perlahan. Semoga bisa membantu, ya!

Baca Juga: 7 Kutipan Para Artis tentang Bullying yang Bakal Mengubah Pandanganmu

Dwi Kurniawati Lestari Photo Community Writer Dwi Kurniawati Lestari

Just a little girl who loves drawing, writing and reading a bit too much. Sometimes spends all day long to think and wondering about 'what should I write today'.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You