Comscore Tracker

Kamu Sering Bad Mood Mendadak? Bisa Jadi 6 Hal Ini Penyebabnya

Bisa jadi karena lagi lapar, hmmm...

“Lagi nggak mood, nih!”

Kalian pasti sudah sering mendengar kalimat tersebut dari teman atau justru mengucapkannya sendiri. Tapi kamu tahu nggak ‘sih, apa sebenarnya mood itu? Mood adalah suasana hati yang cenderung bersifat sementara dan biasa digolongkan menjadi dua, yaitu suasana hati yang sedang baik (good mood) atau kebalikannya yaitu suasana hati yang sedang tidak baik (bad mood).

Terkadang saat kita bad mood, kita menjadi malas, sensitif dan bahkan enggan mengerjakan sesuatu. Parah banget ‘kan? Ditambah lagi bad mood ini terkadang bisa muncul tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Karena tidak tahu apa yang menjadi penyebab bad mood, tentunya kita juga akan kesulitan untuk menangani suasana hati yang memburuk ini. Duh, pastinya repot banget.

Nah jika kamu sering bad mood mendadak, coba deh cek penjelasan di bawah ini. Siapa tahu kamu bisa menemukan penyebabnya. Yuk, kita simak!

1. Tubuh sedang letih dan lelah

Kamu Sering Bad Mood Mendadak? Bisa Jadi 6 Hal Ini Penyebabnyaunsplash.com

Ini adalah alasan paling umum yang mengakibatkan turunnya suasana hati atau mood seseorang. Pada saat badan kita sedang letih, kita menjadi mudah merasa penat bahkan ketika menghadapi satu masalah yang sebenarnya sepele.

Tapi untungnya hal ini hanya bersifat sementara. Ketika kamu sudah mendapat istirahat yang cukup dan tubuhmu sudah kembali segar, biasanya mood secara otomatis akan kembali naik.

2. Sedang mengalami PMS

Kamu Sering Bad Mood Mendadak? Bisa Jadi 6 Hal Ini Penyebabnyaahlinyapenyakitmata.com

Selain letih dan lelah, pra menstruasi juga dapat dikatakan sebagai alasan bad mood yang paling umum. Saat pra-menstruasi, kadar hormon progesteron dan estrogen di dalam tubuh tidak seimbang. Ketidakseimbangan ini kemudian secara perlahan mengakibatkan bad mood pada wanita. 

Baca Juga: Singkirkan Emosi, 5 Makanan Ini Bikin Mood-mu Ceria dan Semangat Lagi!

3. Stres

Kamu Sering Bad Mood Mendadak? Bisa Jadi 6 Hal Ini PenyebabnyaUnsplash/Nick Shuliahin

Masalah pekerjaan, masalah keuangan dan masalah-masalah lainnya bisa memicu seseorang untuk mengalami stress. Jika sudah sampai ketahap stress, maka mood juga akan turun, sehingga kita menjadi lebih sensitif dan emosian. Tapi kamu wajib hati-hati. Sebab jika masalah ini terus dibiarkan, lama-kelamaan stress bisa menjadi faktor penyebab gangguan mental yang lebih parah.

4. Kurang tidur

Kamu Sering Bad Mood Mendadak? Bisa Jadi 6 Hal Ini Penyebabnyaquickanddirtytips.com

Kurang tidur juga dapat menjadi penyebab bad mood yang muncul mendadak. Badan yang lemas dikarenakan berkurangnya jam tidur akan mempengaruhi bahkan menurunkan suasana hati.

5. Lapar

Kamu Sering Bad Mood Mendadak? Bisa Jadi 6 Hal Ini Penyebabnyaajp.com.au

Pada saat kita lapar, kadar glukosa dalam tubuh akan menurun. Penurunan kadar glukosa inilah yang menyebabkan seseorang menjadi mudah marah. Jadi jika kamu mulai merasa lapar, lebih baik kamu segera makan agar bad mood tidak menyerangmu.

6. Dampak konsumsi obat-obatan

Kamu Sering Bad Mood Mendadak? Bisa Jadi 6 Hal Ini Penyebabnyaworkingmother.com

Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab perubahan suasana hati. Konsumsi obat-obatan seperti obat penenang atau obat psikotropika dapat menyebabkan gangguan dan ketidakstabilan mood, baik dalam jumlah konsumsi besar ataupun kecil.

Itulah 6 hal yang bisa menjadi penyebab bad mood yang datang mendadak. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi mencari penyebabnya. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Menurut Para Ahli, Begini Kondisi Tubuhmu Saat Bad Mood

Dwi Kurniawati Lestari Photo Verified Writer Dwi Kurniawati Lestari

Just a little girl who loves drawing, writing and reading a bit too much. Sometimes spends all day long to think and wondering about 'what should I write today'.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You