Comscore Tracker

5 Cara untuk Mengatasi Sunday Scaries, Jangan Takut Sama Hari Senin!

Siapa, nih, yang suka was-was pas hari Minggu?

Bagi kebanyakan orang, khususnya pelajar dan pekerja, hari Senin merupakan hari yang berat bahkan ketika hanya dibayangkan saja. Transisi dari hari Minggu ke hari Senin membuat kita merasa cemas terhadap apa yang akan terjadi selama satu minggu ke depan.

Jika kamu mengalaminya, itulah yang disebut dengan Sunday scaries. Tentunya kamu tidak inginkan hari Minggu yang seharusnya menjadi hari untuk kamu bersantai dan melepaskan penat selama seminggu ke belakang justru didominasi rasa cemas? Yuk, kita cek lima cara untuk mengatasi Sunday scaries berikut ini!

1. Jangan mengubah waktu tidur dan bangunmu meski di hari libur

5 Cara untuk Mengatasi Sunday Scaries, Jangan Takut Sama Hari Senin!ilustrasi orang tidur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Banyak orang yang sering kali mengubah waktu tidur mereka menjadi lebih larut ketika menjalani hari libur dan berakhir dengan bangun pada siang hari. Mungkin tidak akan menjadi masalah jika kamu memang tidak memiliki sesuatu yang cukup penting untuk dilakukan keesokan harinya atau dalam waktu dekat.

Akan tetapi, konsisten untuk tidur dan bangun di kisaran jam yang sama setiap harinya justru akan membuatmu merasa lebih baik untuk beraktivitas di hari tersebut. Tidur terlalu larut akan menyebabkan badanmu kelelahan dan akan sulit untuk berpikir jernih dalam kondisi tersebut.

2. Luangkan waktu untuk membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan minggu depan

5 Cara untuk Mengatasi Sunday Scaries, Jangan Takut Sama Hari Senin!ilustrasi orang menulis (pexels.com/LinkedIn Sales Navigator)

Luangkanlah waktumu paling tidak selama 10 menit untuk menuliskan pekerjaan-pekerjaan apa saja yang perlu kamu selesaikan di minggu depan beserta dengan kapan kamu  akan mengerjakannya. Kamu bisa melakukannya di akhir hari kerja, yaitu hari Jumat. Namun, tidak menutup kemungkinan kamu pun bisa melakukannya di hari Minggu malam.

Dengan membuat daftar tersebut, pikiranmu tidak akan dibebani oleh hal-hal yang seharusnya belum kamu pikirkan saat itu. Kamu mungkin tidak dapat mengontrol pekerjaan atau kegiatan apa yang akan kamu terima, namun kamu masih memiliki kendali terhadap waktumu. Gunakanlah waktumu dengan sebaik-baiknya, ya!

Baca Juga: 5 Cara Atur Waktu agar Hidup Seimbang antara Kerja dan Istirahat

3. Lakukanlah apa yang perlu kamu lakukan saat ini

5 Cara untuk Mengatasi Sunday Scaries, Jangan Takut Sama Hari Senin!ilustrasi orang melukis (pexels.com/ANTONI SHKRABA production)

Menyambung dari poin kedua sebelumnya, setelah kamu membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan minggu depan, tutuplah buku tersebut dan kembali pada apa yang harus kamu kerjakan sekarang. Jika di weekend ini kamu memutuskan untuk bersantai, lakukanlah.

Hari Minggu dapat kamu gunakan untuk kehidupan pribadi yang tidak dapat kamu lakukan di hari kerja. Menyelaraskan antara kehidupan pribadi dengan dunia pekerjaan akan membuat kondisimu lebih sehat dan kamu pun tidak melewatkan momen berharga untuk mengapresiasi dirimu sendiri.

4. Usahakan untuk jauh dari handphone

5 Cara untuk Mengatasi Sunday Scaries, Jangan Takut Sama Hari Senin!ilustrasi orang piknik (pexels.com/Kampus Production)

Notifikasi handphone juga bisa menjadi sumber kecemasan kita di hari Minggu. Untuk itulah kamu sebisa mungkin untuk menjauh dari perangkatmu atau sekedar mematikan notifikasi yang berhubungan dengan pekerjaan.

Jika terlepas sepenuhnya dari handphone terasa tidak memungkinkan untuk kamu lakukan, kamu bisa membuat jadwal-jadwal tertentu terkait dengan kapan kamu mengecek ponselmu. Kamu mungkin bisa membuka handphone setelah kamu menyelesaikan kegiatanmu di hari Minggu, sekitar sore hari menuju malam.

Tetaplah melakukan kegiatan yang membuat energimu terisi kembali di hari libur, ya.

5. Sadari pola Sunday scaries yang kamu alami

5 Cara untuk Mengatasi Sunday Scaries, Jangan Takut Sama Hari Senin!ilustrasi orang merenung (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kita tahu bahwa ketakutan terhadap sesuatu bisa diatasi jika kita menyadari ketakutan tersebut dan melakukan sesuatu untuk menghadapinya. Begitu juga halnya dengan Sunday scaries yang kamu hadapi. Menyadari kapan perasaan cemas itu menghampirimu adalah langkah awal untuk dapat mengatasinya.

Kamu perlu menyadari bahwa kecemasan yang kamu rasakan tidak akan mengubah apapun. Jika kamu membiarkan dirimu tenggelam dalam kecemasan tersebut maka kamu akan melewatkan kesempatan untuk menikmati hidupmu dengan baik. Jika perasaan cemas tersebut datang, ingatlah bahwa kamu memiliki kendali atas hal tersebut.

Sunday scaries adalah hal yang cukup wajar terjadi bagi sebagian orang. Lakukanlah kegiatan yang dapat membuatmu merasa lebih baik dan siap untuk beraktivitas kembali di minggu depan.

Baca Juga: 5 Tips Usir Kebosanan dalam Bekerja, Atur Waktu Istirahat 

Dwi Nantari Photo Verified Writer Dwi Nantari

Find me: IG (@dwinantarii) | LinkedIn (Sandyarani Dwi Nantari)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya